04 September 2018

Penyebab Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Mati Sendiri

Ketika sedang melakukan kegiatan editing dan lupa untuk menyimpan projek yang dibuat, tiba-tiba laptop yang digunakan mati. Gimana perasaan Anda? Biasa saja atau jengkel? Jengkel lah ya pastinya.

Yang paling sering terjadi adalah ketika sedang mengetik, tiba-tiba laptop mati sendiri. Meskipun saat ini aplikasi pengolah kata sudah memiliki fitur AutoSave, namun tetap saja hal semacam ini akan sangat menjengkelkan.

Apalagi bagi Anda yang sering bermain game online di laptop tentu permasalahan semacam ini sangat mengganggu. Sedang asyik-asyiknya main game, eh tiba-tiba laptop mati. Bakalan keluar tuh semua isi kebun binatang hehe.

Ada banyak sekali yang menyebabkan laptop mati sendiri, mulai dari hardware yang bermasalah hingga sistem operasi yang mengalami kerusakan.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa saja yang menyebabkan laptop mati sendiri dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Laptop Mati Sendiri


Baterai laptop bermasalah

Baterai yang sudah bocor merupakan salah satu penyebab laptop mati sendiri. Tanda-tanda baterai yang sudah bocor adalah ketika parameter baterai menunjukkan bahwa baterai penuh, tapi baru sebentar digunakan sudah habis. Dalam artian daya tahan baterai sudah sangat melambat.

Kenapa kok baterai bisa bocor?

Penyebab baterai bocor adalah ketika sedang melakukan pengisian ulang baterai dan lampu tanda baterai penuh sudah menyala, namun Anda tidak segera mencabut charger dan membiarkannya dalam waktu yang lama. Nah, ini akan menyebabkan baterai bocor dan kalau hal ini sering terjadi maka lama kelamaan baterai akan rusak.

Faktor umur juga akan mempengaruhi daya tahan baterai. Perangkat elektronik itu akan mengalami penurunan performa setiap kali digunakan. Begitu juga dengan baterai laptop, semakin sering digunakan maka performa atau daya tahan akan terus menurun.

Terlalu sering mengecas baterai laptop juga akan menyebabkan baterai menjadi cepat bocor loh. Maka, ketika Anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya lepas saja baterai laptop dan gunakan charger sebagai perantara sumber energi.

Ketika laptop Anda mati sendiri, coba cabut baterai laptop dan nyalakan laptop tanpa menggunakan baterai.

Lakukan pengetesan selama 1-2 jam atau lebih. Jika setelah baterai dicabut laptop tidak pernah mati sendiri lagi, maka dapat dipastikan baterai laptop Anda sudah rusak.

Suhu laptop terlalu panas

Penyebab selanjutnya adalah karena suhu laptop yang terlalu panas. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda sedang menggunakan laptop dan meletakkannya di tempat yang empuk seperti kasur atau sofa. Sirkulasi udara akan terhambat dan udara panas dari dalam laptop tidak bisa dikeluarkan dengan baik.

Sebaiknya hindari meletakkan laptop di atas kasur atau sofa.

Selanjutnya akan lebih baik jika Anda mengetahui letak bagian sirkulasi udara laptop Anda. Biasanya terletak di bagian kiri, kanan, bahkan ada yang di bawah.

Untuk mengatasi suhu laptop yang terlalu panas adalah dengan meletakkan laptop di tempat yang bisa memastikan jika sirkulasi udara laptop bisa berjalan dengan baik.

RAM yang bermasalah

RAM adalah salah satu komponen penting pada laptop. Jadi, jika RAM bermasalah bisa juga menyebabkan laptop tidak bekerja dengan baik alias mati sendiri.

Selain itu RAM laptop yang kotor dan berdebu juga bisa menyebabkan laptop mati sendiri.

Solusi pertama adalah coba lepas RAM terlebih dahulu kemudian bersihkan menggunakan kuas. Yang terpenting adalah membersihkan PIN RAM dari kotoran atau debu.

Solusi kedua dengan mencoba menggunakan RAM lain yang sejenis.

Sistem operasi yang bermasalah

Sistem operasi yang korup atau error juga menjadi salah satu penyebab laptop mati sendiri. Biasanya sistem operasi korup karena terserang virus atau secara tidak sengaja Anda menghapus file sistem.

Untuk mengatasi sistem operasi yang korup sebenarnya bisa dengan malakukan repair sistem operasi. Namun, hal ini tidak begitu manjur. Takutnya masih ada virus-virus yang tersisa.

Cara yang manjur adalah dengan melakukan instal ulang sistem operasi.

Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri


Sebenarnya untuk solusi permasalahan laptop mati sendiri sudah ada di atas, disitu sudah dijelasnya penyebab dan cara mengatasinya. Nah, berikut ini akan coba kami tuliskan secara singkat saja beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang mati sendiri:
  1. Laptop mati sendiri disebabkan karena baterai yang mengalami kerusakan. Lepas baterai dan nyalakan laptop dengan menggunakan charger sebagai perantara sumber energi.
  2. Ketika menggunakan laptop pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik dan lancar.
  3. Lepas RAM dari kedudukannya kemudian bersihkan menggunakan kuas.
  4. Melakukan repair sistem operasi atau instal ulang akan menjadi pilihan yang lebih baik.

Apakah masalah laptop Anda yang mati sendiri sudah teratasi? Jika sudah Alhamdulillah dan jika belum silahkan bertanya di kolom komentar.

Jika ada tambahan dari teman-teman, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.