16 September 2018

Inilah Komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen Komputer dan Fungsinya
Saat ini hampir semua aspek kehidupan melibatkan komputer. Komputer digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan dan untuk menikmati hiburan  serta multimedia, bermain game dan menghubungkan ke internet serta untuk aktivitas lainnya.

Oleh sebab itu Anda harus mengenal bagian-bagian dari komputer beserta dengan manfaatnya agar Anda bisa melakukan pekerjaan ataupun menyelesaikan tugas yang melibatkan komputer dengan hasil yang baik.

Kami rasa masih ada beberapa orang yang belum mengerti tentang apa saja komponen-komponen dari komputer yang akan mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam tugas atau pekerjaan yang melibatkan komputer. Untuk itu di sini akan dibahas secara rinci tentang komponen-komponen komputer yang bisa Anda ketahui sehingga Ilmu Komputer yang Anda miliki akan bertambah luas.

Komputer terbagi menjadi dua jenis yaitu portable dan desktop. Untuk jenis portable seperti laptop, notebook, tablet PC dan lain sebagainya. Di bawah ini akan dijelaskan tentang komponen atau bagian dari jenis komputer desktop beserta dengan fungsi dan penjelasan dari komponen komputer.

Komponen Komputer dan Fungsinya


1. Casing Computer

Casing computer atau case merupakan komponen komputer yang menjadi tempat untuk sebagian besar komponen komputer lainnya. Kebanyakan komputer jenis desktop memiliki casing box yang terbuat dari plastik maupun metal. Akan tetapi untuk All In One (AIO) PC, casing komputer yang digunakan sudah didesain secara ringkas dan biasanya menyatu dengan layar monitor.

Selain digunakan sebagai rumah atau tempat bagi komponen komputer lainnya, casing juga berfungsi untuk melindungi komponen komputer dari debu dan kotoran kecil lainnya.

2. Power Supply 

Power Supply Unit (PSU) merupakan bagian dari komputer yang berfungsi untuk mengonversi listrik arus AC menjadi DC dengan voltase yang rendah. Oleh karena itu power supply ini digunakan sebagai sumber daya bagi semua komponen yang ada pada komputer.

3. Motherboard

Motherboard merupakan komponen yang ada di komputer dan digunakan sebagai papan sirkuit terintegrasi serta menjadi komponen yang paling utama dari sebuah komputer. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua komponen utama komputer seperti CPU, RAM, DVD/CD, ROM, Hardisk, dan berbagai port serta slot ekspansi.

Bagian atau komponen dari komputer yang diletakkan secara langsung di motherboard diantaranya adalah sebagai berikut:

CPU/Processor 

    Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari komputer. Karena CPU memiliki tugas untuk melaksanakan kalkulasi setiap perintah yang dijalankan oleh komputer. Untuk menghindari terjadinya overheat atau panas yang berlebihan pada CPU, maka harus dilengkapi dengan heat sink dan juga kipas sehingga CPU tidak akan mudah untuk mengalami overheat.

    Ada beberapa CPU yang sudah dilengkapi dengan sistem water cooling ketika Anda membeli komputer, namun tidak semua CPU yang Anda beli sudah dilengkapi dengan sistem tersebut sehingga bisa memanfaatkan kipas atau heat sink untuk menghindari panas yang berlebihan.

    Chipset 

    Chipset merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai komunikasi antara CPU dengan komponen-komponen lain yang ada pada komputer.

    RAM/Memory 

    Random Access Memory (RAM) merupakan komponen dari komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Maksudnya adalah menyimpan data ketika komputer menyala. Apabila komputer sudah dimatikan, maka data akan hilang.

    Berbagai proses lain juga bisa diakses secara cepat menggunakan RAM. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah komputer maka semakin cepat semua proses kerja pada komputer.

    Video Card/GPU/VGA/Kartu Grafis

    Video Graphics Array (VGA) atau bisa disebut dengan kartu grafis merupakan komponen dari sebuah komputer yang berfungsi untuk memproses grafis. Kebanyakan dari pengguna komputer hanya membutuhkan GPU internal saja. Namun bagi para gamers, animator, dan desainer akan membutuhkan dedicated GPU yang mempunyai kapasitas besar untuk memproses grafis berat.

    ROM 

    Read Only Memori (ROM) merupakan komponen dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan firmware BIOS serta pengaturannya. Untuk jenis komputer modern terbaru biasanya sudah menggunakan UEFI bukan lagi menggunakan BIOS.

    Baterai CMOS 

    Baterai CMOS merupakan bagian dari komputer yang berfungsi untuk memberikan daya bagi Chip BIOS. Setelah menggunakan baterai CMOS maka pengaturan BIOS dan tanggal tidak akan hilang meskipun komputer sudah dimatikan.

    Bus

    Bus merupakan slot yang berfungsi untuk menghubungkan berbagai card. Card yang bisa dihubungkan menggunakan bus diantaranya adalah eksternal graphic card dan sound card untuk dihubungkan ke motherboard.

    4. Hard Disk Drive

    Hard disk adalah salah satu media penyimpanan di komputer. Fungsinya untuk menyimpan data-data yang ada di komputer secara permanen meskipun komputer telah dimatikan. Hal ini tentunya sangat berbeda sekali dengan RAM yang hanya menyimpan data atau instruksi selama komputer masih menyala saja.

    5. Solid State Drive (SSD)

    Sama halnya dengan hard disk, SSD merupakan media penyimpanan di komputer. Bedanya dengan hard disk adalah kecepatan membaca dan menulis. Proses di dalam SSD terbilang lebih cepat dibanding hard disk. Kalau di hard disk data disimpan dalam piringan, namun di SSD data disimpan dalam chip-chip memory flash berbasis NAND yang terhubung satu sama lain.

    Jika Anda menginginkan performa komputer yang lebih cepat, maka gunakan SSD. Namun, harga SSD ini terbilang mahal dibandingkan hard disk.

    6. CD/DVD ROM

    CD/DVD ROM atau disebut juga dengan optical drive merupakan perangkat keras yang digunakan untuk membaca dan menulis kaset atau kepingan CD/DVD.

    Saat ini mungkin penggunaan perangkat ini sudah mulai berkurang. Misalkan biasanya menginstal ulang melalui CD/DVD, namun sekarang kebanyak orang melakukan instalasi menggunakan flashdisk karena prosesnya lebih cepat. Begitu juga menyimpan data, sekarang orang lebih banyak menyimpan data-data di flashdisk ketimbang di CD/DVD karena lebih simple penggunaanya.

    7. Monitor

    Monitor adalah perangkat keras komputer yang berperan sebagai komponen output. Semua proses di komputer akan ditampilkan di monitor dalam bentuk grafis.

    Ada beberapa jenis monitor, yaitu Cathode Ray Tube (CRT), Liquid Crystal Display (LCD), Light Emitting Diode (LED), dan monitor Plasma. Untuk jenis monitor yang paling banyak digunakan adalah LCD dan LED.

    8. Keyboard

    Keyboard adalah perangkat komputer yang berperan sebagai komponen input. Data yang diinput berupa huruf, angka, dan simbol yang selanjutnya akan disampaikan ke CPU (Central Processing Unit) untuk diubah menjadi sinyal-sinyal digital yang bisa dipahami oleh processor.

    9. Mouse

    Sama halnya dengan keyboard, mouse juga merupakan komponen input. Karena bentuk fisiknya yang menyerupai tikus, maka perangkat ini dinamakan mouse.

    Pada mouse terdapat 2 tombol dikiri dan dikanan, kemudian dibagian tengah ada tombol scroll yang dilengkapi dengan sensor untuk menaikkan atau menurunkan kursor.

    Itulah komponen-komponen penting komputer yang sistem kerjanya saling berkaitan satu sama lain dan jika salah satu komponen rusak maka akan menyebabkan sistem kerja komputer menjadi terganggu.

    Agar komponen komputer ini tetap terjaga dan awet, maka lakukan perawatan secara berkala. Misalkan melakukan pembersihan terhadap kotoran atau debu setiap 1 bulan sekali. Yang  penting adalah jangan sampai komponen-komponen ini terbanting.

    Postingan ini memiliki 0 comments

    Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.