12 September 2018

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah

Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Salah satu hal yang paling ditakutkan pengguna laptop adalah adanya virus. Adanya virus akan dapat merusak kinerja laptop dan bahkan bisa menyebabkan hilangnya data-data penting. Karena itulah banyak orang akan mencari tahu cara menghilangkan virus yang benar-benar ampuh.

Salah satu cara mencegah serangan virus adalah dengan berhati-hati ketika mendownload file atau aplikasi. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali situs-situs download aplikasi yang bertebaran di dunia maya. Diantara banyak situs itu mungkin hanya ada beberapa yang benar-benar terpercaya. Apabila Anda benar-benar ingin aman, maka download saja di situs resmi aplikasi yang bersangkutan.

Ketika kita sembarangan mendownload aplikasi di internet, yang ditakutkan adalah aplikasi tersebut sudah di edit atau di utak-atik oleh orang yang tidak bertanggung jawab, bahkan mengandung virus yang berbahaya.

Sumber virus lainnya adalah warnet. Ini pengalaman pribadi sih, ketika ke warnet, colok flashdisk langsung kelihatan itu virusnya. Mungkin tidak semua warnet sih, masih ada beberapa warnet yang benar-benar merawat komputernya.

Ketika kita ingin mengambil data atau file di warnet, disarankan jangan menggunakan flashdisk. Seperti yang sudah dibilang sebelumnya, ketika flashdisk dicolokkan akan langsung kelihatan bahwa itu komputer ada virusnya. Kemudian flashdisk yang dari warnet tadi dicolokkan lagi ke laptop, maka dapat dipastikan virus tersebut akan berpindah ke laptop.

Flashdisk menjadi salah satu sumber virus, makanya hindari mencolokkan flashdisk sekalipun teman Anda bilangnya aman gak ada virus.

Tau aplikasi keygen atau crack gak? Itu loh yang hobi ngecrak hehe. Aplikasi ini kalau di scan menggunakan antivirus akan terbaca sebagai virus loh. Mulai sekarang kurang-kurangin main crack-crack an ya hehe.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis virus yang sering menyerang laptop:

1. Trojan

Virus Trojan adalah sejenis virus yang dibuat untuk mengendalikan seluruh data-data di laptop dan kemudian data tersebut akan dicuri. Sumber virus ini melalui internet dan email yang diterima oleh pengguna. Maka dari itu, Anda harus berhati-hati saat mengakses internet dan membuka email. Virus ini dapat mencuri data atau informasi berharga yang ada di laptop Anda.

Gunakan antivirus Trojan remover dan Trojan hunter untuk mengatasi virus Trojan ini.

2. Worm

Termasuk jenis virus yang tidak begitu berbahaya. Namun, jika dibiarkan virus ini akan membuat penyimpanan data menjadi cepat penuh. Karena Worm dapat menggandakan diri dengan sangat cepat. Jika Anda merasa penyimpanan laptop cepat penuh, maka mungkin penyebabnya karena adanya virus Worm ini.

Untuk mengatasi serangan virus Worm, gunakan antivirus biasa. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal gunakan antivirus pro.

3. Ramnit

Ini adalah virus yang sering kami temui dan bahkan pernah diserang beberapa kali. Sumber Ramnit adalah flashdisk dan jaringan internet. Pernah liat file di bawah ini gak?
  • autorun.inf
  • Copy of Shortcut to (1).lnk
  • Copy of Shortcut to (4).lnk 

Itu salah satu penyebaran virus Ramnit melalui flashdisk dengan membuat file tersebut. Penyebaran Ramnit melalui internet adalah ketika pengguna mengakses file htm atau html dari webserver yang sudah diinjeksi oleh Ramnit.

Virus Ramnit akan menyerang file-file sistem di laptop yang lama-kelamaan dapat merusak sistem operasi.

Kembali ke pokok pembahasan artikel kita yaitu mengenai cara menghilangkan virus di laptop. Bercerita sedikit pengalaman terhadap virus komputer. Sejak 2013 kami selalu menggunakan antivirus untuk menghapus virus yang ada di laptop. Antivirus yang digunakan adalah Avira.

Oleh karena itu, untuk tutorial cara menghilangkan virus kali ini akan menggunakan antivirus Avira. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

Cara Menghilangkan Virus di Laptop dengan Mudah Menggunakan Avira


Sebelumnya download terlebih dahulu Avira di laman download Avira. Pilih Avira yang free alias gratis saja. Tetapi, jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal gunakan Avira Pro alias berbayar.

Menurut kami Avira yang free saja sudah cukup kok dan hasilnya juga maksimal.

Setelah Avira di download, selanjutnya instal Avira. Setelah berhasil di instal, maka ikuti langkah-langkah berikutnya di bawah ini:

1. Buka antivirus Avira.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

2. Pilih Scan, lalu pilih lagi Full scan, kemudian klik Start scan.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

3. Proses scan sedang berlangsung. Lama proses ini tergantung banyaknya data yang ada di laptop Anda. Semakin banyak data, maka akan semakin lama proses scanning.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

4. Jika proses scan sudah selesai, nanti akan ada keterangan file yang terinfeksi virus. Klik Apply now untuk menghapus file yang terinfeksi virus tersebut.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

5. Klik Close dan virus telah berhasil dihapus dari laptop.
Cara Menghilangkan Virus di Laptop

Kelemahan antivirus Avira

  1. Laptop terasa sedikit lemot jika Avira telah terinstal. Jika spek laptop Anda pas-pasan maka bersiaplah untuk merasakan performa laptop yang melambat alias lemot.
  2. Proses scanning data yang sangat lama bisa berjam-jam. Makanya Anda harus bersabar menunggu proses scan ini. Tetapi kami pastikan waktu Anda yang terbuang selama menunggu proses scanning ini akan terbayar oleh hasil yang di dapat, yaitu virus akan benar-benar terhapus.

Hingga saat ini, kami masih menggunakan Avira untuk menghapus virus yang menyerang laptop.

Mungkin Anda ada pengalaman menggunakan antivirus lain, silahkan bagikan pengalamannya di kolom komentar di bawah.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.