10 September 2018

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop dengan Mudah

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Aplikasi merupakan hal yang sangat penting dalam sistem komputer. Kita bisa melakukan banyak hal di laptop dengan bantuan aplikasi. Misalkan untuk keperluan mengedit foto, maka kita menginstal aplikasi Photoshop dan begitu juga dengan kegiatan lainnya. Pokoknya kalau laptop tanpa aplikasi maka akan hambar bagai masakan tanpa garam, wenak haha.

Tujuan sebuah aplikasi itu dibuat adalah untuk menyelesaikan sebuah masalah dan membantu meringankan pekerjaan manusia. Dengan bantuan aplikasi, maka pekerjaan manusia yang sebelumnya menumpuk akan menjadi lebih sedikit. Dengan begitu, maka akan lebih efektif dan efisien.

Contohnya dengan adanya aplikasi Microsoft Office, pekerjaan orang kantor, siswa dan mahasiswa akan lebih mudah. Misalnya lagi adalah dengan adanya aplikasi Adobe Premiere, maka kegiatan editing video akan lebih mudah dan hasilnya pun akan lebih keren.

Ada beberapa hal yang mengharuskan kita untuk menghapus aplikasi di laptop. Misalkan performa laptop yang sudah melambat karena terlalu banyak aplikasi yang di instal, karena itu kita harus menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

Bagaimana cara menghapus aplikasi di laptop? Berikut tutorial lengkapnya:

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7


1. Klik Start.
2. Pilih Control Panel.
3. Lalu pilih Uninstall a program.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7

4. Pilih aplikasi yang ingin dihapus, kemudian klik Uninstall.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7

Itulah cara paling gampang menghapus aplikasi di Windows 7.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10


Kalau di Windows 10 ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi. Berikut penjelasannya:

Cara pertama melalui control panel

1. Buka Control Panel.
2. Pilih Uninstall a program.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

3. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu klik Uninstall/Change.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Cara kedua melalui start menu

1. Buka Start menu.
2. Cari aplikasi yang ingin dihapus, kemudian klik kanan pada aplikasi yang ingin dihapus, lalu pilih Uninstall.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Cara ketiga melalui menu settings

1. Buka menu settings.
2. Pilih Apps.
3. Selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dihapus kemudian klik Uninstall.
Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop dengan Mudah


Ada cara yang mudah dan bisa dilakukan di semua versi Windows. Cara ini menggunakan aplikasi CCleaner. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menginstal aplikasi CCleaner. Berikut cara menghapus aplikasi menggunakan CCleaner:

1. Buka aplikasi CCleaner.
2. Pilih Tools.
3. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus, lalu klik Uninstall.
Cara Menghapus Aplikasi dengan Mudah

Cara-cara tersebut akan menghapus aplikasi secara permanen. Jika Anda ingin kembali menggunakan aplikasi yang sudah dihapus tadi, maka lakukan penginstalan kembali.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pihak ke-3 yang bisa membantu menghapus aplikasi di laptop. Tetapi disini hanya menggunakan CCleaner karena kami rasa aplikasi ini adalah yang terbaik dan banyak digunakan saat ini.

Cara menghapus aplikasi melalui control panel dan menggunakan aplikasi pihak ke-3 merupakan cara yang bisa dilakukan pada Windows 7/8/10.

Di awal artikel telah disinggung sedikit mengenai laptop yang lemot disebabkan karena terlalu banyak aplikasi. Hal ini memang benar adanya, karena semakin banyak aplikasi yang terinstal maka menyebabkan kinerja laptop semakin berat. Maka dari itu, sebaiknya hapus saja aplikasi yang jarang digunakan.

Anda juga perlu berhati-hati ketika mendownload aplikasi. Disarankan untuk mendownload aplikasi di situs resmi aplikasi tersebut agar lebih aman.

Jangan sembarangan mendownload aplikasi yang ada di internet. Takutnya aplikasi tersebut telah di rombak sedemikian rupa atau bahkan mengandung virus yang berbahaya.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.