16 Agustus 2018

Tips Memilih Komputer yang Sesuai dengan Profesi

Tips Memilih Komputer yang Sesuai dengan Profesi

Komputer saat ini tersedia dengan beberapa jenis yaitu PC, laptop, netbook, sampai server. Beberapa jenis tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan serta faktor kenyamanan Anda.

Hal yang harus diperhatikan bahwa sistem operasi Windows umumnya senilai Rp 700 ribu lebih mahal jika dibandingkan dengan yang non Windows (Linux atau DOS). Jika DOS terlalu primitif maka Linux bisa dikatakan hampir menyerupai Windows.

Apabila Anda hanya browsing internet serta memakai Office, jenis Linux telah cukup. Dan bisa lebih nyaman sebab lebih aman dari serangan virus. Sebenarnya pada aplikasi lain diantaranya video editing maupun aplikasi data base jenis Linux juga bagus walaupun Anda wajib untuk mempelajari bahasa dari pemrograman yang ada.

Apabila Anda lebih condong ke komputer pribadi yang bertenaga, maka pilihlah PC. Dengan bungkus serta tenaga yang cukup besar, Anda juga bisa menggunakan 4 hard disk yang mempunyai ukuran masing-masing 1 TB (Terabyte) bahkan lebih, 2 DVD writer maupun lebih. Banyaknya interface ini bisa memudahkan Anda dalam menyambungkannya ke printer dan scanner.

Tips Memilih Komputer Sesuai Profesi dan Kebutuhan


Pelajar

Profesi ini lebih cenderung pada jenis produk yang memiliki harga murah dan portabel atau mudah untuk dibawa ke mana-mana. Spesifikasi yang cocok digunakan untuk profesi ini adalah layar berukuran 13 inci ke bawah dengan bentuk yang tipis dan juga ringan.

Kebanyakan pelajar akan memilih bentuk notebook yang mana akan ringan untuk dibawa ke sekolah dan pada saat belajar kelompok, sebab pelajar di dalam tasnya juga akan berisi berbagai macam buku pelajaran yang menjadikan berat sebagai faktor dalam memilih bukan pada fitur yang ada.  Berikut adalah spesifikasi yang di rekomendasikan untuk pelajar.
  • Mempunyai RAM dengan kapasitas setidaknya berukuran 2 GB.
  • Kapasitas hard disk 160 GB atau yang lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar kurang dari 13 inci.

Profesional Pebisnis

Para pebisnis tentunya akan sering mengerjakan semua aktivitas bisnis yang berat, sehingga memerlukan jenis spesifikasi tangguh di berbagai sisi. Para profesional bisnis biasanya akan mencari dengan sistem pertahanan maupun keamanan yang lebih optimal guna melindungi data-data penting dari perusahaan. Berikut adalah beberapa spesifikasi komputer yang cocok untuk para pelaku bisnis.
  • Memiliki kapasitas RAM sebesar 4 GB.
  • Menggunakan kapasitas hard disk 250 GB bahkan bisa jadi yang lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar 12 inci hingga 15 inci.
  • Menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 7 Professional atau versi terbaru.

Profesi Fotografer Maupun Videographer

Jenis profesi ini memang memerlukan jenis komputer yang mempunyai processor kuat, lengkap dengan grafis yang bagus serta hard drive yang berjalan cepat. Jika Anda salah satu orang dalam profesi ini maka akan sangat membutuhkan yang memiliki spesifikasi dengan kemampuan video yang mana resolusi bisa berjalan secara maksimal.

Anda bisa memilih yang paling populer di kalangan fotografer dan videographer profesional, terutama pada penggunaan software Final Cut yang nantinya akan digunakan untuk mengedit video, yang mana software ini biasanya hanya tersedia untuk Mac. Pilih yang memiliki layar monitor yang besar berukuran 17 inci atau 15 inci yang memiliki resolusi yang besar.

Akan sangat disarankan untuk memilih komputer yang memiliki RAM dan juga kapasitas yang tinggi. Anda juga bisa melengkapinya dengan USB 3.0, FireWire, eSATA maupun jenis koneksi Thunderbolt yang nantinya bisa digunakan untuk mentransfer data dengan jumlah besar seperti halnya file video maupun foto untuk hard drive eksternal. Berikut adalah spesifikasi yang direkomendasikan.
  • Memiliki kapasitas 8 GB pada RAM.
  • Memiliki Hard disk dengan ukuran 320 GB dan juga yang lebih lebih besar.
  • Memiliki ukuran layar 15 inci atau yang lebih besar.

Profesi Gamers

Seorang gamer adalah kelompok pengguna yang mempunyai kebutuhan optimal serta terbaik dalam semua hal baik dari spesifikasi, fitur, resolusi bahkan juga RAM jika dibandingkan dengan beberapa kelompok pengguna yang lain.

Biasanya seorang gamer lebih tertarik pada PC jika dibandingkan dengan laptop, sebab dengan kemampuan PC pada hal upgrade lebih fleksibel serta memiliki komponen yang jauh lebih cepat lengkap dengan pendingin yang baik. 

Jika Anda termasuk salah satu jenis profesi ini maka terdapat beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli atau memilih jenis PC yang terbaik. Berikut adalah spesifikasinya.
  • Menggunakan RAM yang berukuran 4 GB hingga 8 GB atau yang lebih besar sekalipun.
  • Memiliki kapasitas Hard disk 320 GB hingga lebih besar.
  • Memiliki layar yang berukuran 17 inci atau lebih besar.
  • Memiliki grafis Card dengan resolusi tinggi.

Beberapa cara di atas dapat Anda gunakan pada saat memilih komputer yang sesuai dengan profesi Anda. Sebab pada dasarnya pemilihan suatu produk akan berbeda antara satu dengan lainnya yang akan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.