03 Agustus 2018

Kuasai Ilmu Komputer untuk Menjadi Hacker

Dalam praktiknya, seorang hacker tidak semuanya mengenal ilmu jaringan. Namun untuk melakukan peretasan seorang hacker harus memiliki pengetahuan lebih ketika sang target berada di jaringan yang tidak sama. Oleh karena itu untuk menjadi seorang hacker Anda harus menguasai beberapa ilmu komputer dasar mengenai hacking.

Berikut ini beberapa ilmu dasar yang wajib Anda kuasai untuk menjadi seorang hacker, mungkin Anda tidak bisa langsung  menjadi seorang hacker handal. Namun apabila rajin menambah ilmu dan mencobanya maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi hacker handal.

Kuasai Ilmu Komputer untuk Menjadi Hacker

Ilmu Komputer untuk Menjadi Hacker


Menguasai IP Address

Internet Protokol (IP) Address merupakan sebuah sistem pengalamatan perangkat menggunakan angka sebagai identitasnya. Tujuan dibuatnya IP Address adalah agar semua perangkat bisa saling berhubungan antara satu dengan lainnya.  Dalam menghubungkan satu IP dengan IP lain melalui jaringan internet.

Ada 3 pengelompokan dalam IP Address. Pertama untuk kelas A adalah 1.0.0.0-126.255.255.255, kelas B adalah 128.0.0.0-191.255.255.255 dan kelas C adalah  192.0.0.0-233.255.255.255.Untuk angka yang dicetak tebal merupakan bagian Network dan lainnya adalah Host.

Walaupun IP Address bisa menghasilkan banyak sekali angka, namun jumlahnya masih kalah dengan jumlah manusia saat ini karena dalam IP Address bisa diulang-ulang di jaringan lokal masing-masing tempat. Karena sebuah IP lokal tidak bisa dihubungkan ke jaringan internet maka agar terhubung sebuah perangkat harus diubah ke IP Public dengan bantuan NAT. NAT sendiri adalah sistem yang berfungsi untuk membuat IP lokal Anda menjadi IP Address lain.

Port dan DHCP

Sebenarnya penomoran Port bersifat default, namun karena alasan keamanan biasanya administrator jaringan akan menggantinya dengan nomor lain. Untuk mengetahui port dari sebuah perangkat Anda bisa menggunakan sebuah tool dan service yang dijalankan oleh sebuah perangkat bisa diketahui. Sedangkan DCHP memiliki fungsi untuk membagikan IP Address pada komputer lain yang terhubung.

Menjalankan Unix

Ilmu Komputer yang perlu Anda kuasai untuk menjadi hacker salah satunya harus menguasai sistem operasi Unix. Tanpa menguasai Unix Anda tidak akan bisa menjadi seorang hacker. Linux merupakan sebuah Unix yang mampu berjalan bersamaan dengan Microsoft Windows dalam satu perangkat. Biasanya para pengguna Linux memanfaatkan live CD karena mampu menjalankan CD tanpa harus mengubah hard disk pada komputer Anda. Langkah ini dipilih agar bisa melakukan sesuatu tanpa harus bekerja terlalu keras.

Sebenarnya ada sebuah sistem lain selain Unix. Namun biasanya pendistribusian nya dalam bentuk biner sehingga Apabila Anda tidak mahir dalam membaca kode maka tidak akan bisa mengubahnya. Tentu akan sangat sulit ketika seseorang belum menguasai ilmu komputer mengenai kode namun hendak memanfaatkan biner.

Karena pada Mac OS X hanya sebagian saja yang open source maka Anda tidak bisa leluasa dalam meretas sistem ini. Perlu sekali kehati-hatian dalam mengembangkan kode dari Apple ini.

Belajar HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan ilmu komputer yang tidak kalah penting dari sistem operasi Unix untuk seorang hacker. Ketika melihat sebuah komponen dari desain website, Anda akan melihat semuanya dalam bentuk kode HTML. Untuk permulaan Anda harus membuat halaman dasar lalu mulai mengembangkannya. Anda bisa mengetahui sebuah informasi mengenai HTML dengan melihat sumber halaman (page source). Caranya dengan klik Web Developer, Page Source dan Anda akan menjumpai sebuah kode.

Biasanya untuk menulis kode HTML Anda bisa menggunakan Notepad dan menyimpannya dalam bentuk ’’text only’’ agar bisa di upload ke browser untuk melihat terjemahan dari halaman tersebut. Selain itu Anda juga harus menguasai format tag dan mempelajarinya secara visual dalam menggunakan tag.

Contohnya seperti ini, tanda ’’<’’ digunakan sebagai pembuka tag dan tanda ’’/>’’ digunakan sebagai penutup. Sedangkan untuk tanda ’’<p>’’ merupakan kode sebuah pembuka baris pada paragraf. Untuk menyatakan semua hal yang berbentuk visual maka Anda harus memakai tag termasuk warna, pemformatan, huruf miring dan lain sebagainya. Dengan mempelajari ilmu komputer mengenai kode HTML maka Anda akan mengetahui bagaimana cara sebuah jaringan internet bekerja.

Menguasai Bahasa Pemrograman

Sebelum berbicara, tentu Anda harus menguasai sebuah bahasa. Ketika  memiliki keinginan untuk menjadi seorang hacker setidaknya Anda harus menguasai bahasa pemrograman. Pilihan terbaik untuk memulai belajar bahasa pemrograman adalah menggunakan Python karena desain nya yang bersih dan terdokumentasi dengan baik sehingga sangat cocok untuk pemula. Dalam mempelajari Python ini tidak boleh main-main karena biasanya menyangkut proyek besar. Sedangkan alternatif lain dari Python adalah Java. Namun dalam bahasa pemrograman, nilai Java masih sering dipertanyakan.

Ilmu komputer lain yang tidak kalah penting dalam dunia peretasan adalah bahasa inti dari Unix. C++ memiliki kaitan sangat erat dengan C dan apabila salah satunya dikuasai maka untuk menguasainya tidaklah sulit. Walau C sangat efisien terhadap sebuah komputer namun dalam mempelajarinya akan menyita banyak waktu karena harus melakukan proses debug.

Berminat jadi hacker? Itulah beberapa ilmu komputer yang harus dikuasi agar bisa menjadi hacker yang handal. Apabila ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.