19 Juli 2018

Peran Komputer dalam Dunia Bisnis dan E-commerce

Komputer memiliki banyak manfaat di era globalisasi saat ini, pada umumnya akan dipakai untuk membantu segala aktivitas manusia dalam bidang apa pun.

Sebagai contoh membantu membuat berbagai laporan, membantu pada saat presentasi, buat diagram, buat berbagi animasi, komunikasi, berbagi data, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi, penggunaan serta pemanfaatan teknologi informasi adalah indikator atas kemajuan teknologi dan juga pertumbuhan suatu negara.

Salah satunya adalah komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam mencari uang. Pemanfaatan digunakan pada sistem informasi berbasis e-commerce, yang nantinya mempermudah proses penjualan serta pembelian barang dalam bisnis. Tak hanya pada bidang perkantoran maupun lembaga saja, di bidang pemasaran serta penjualan pun kini sudah memanfaatkannya.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah, dan lebih teliti dalam koreksi kesalahan yang nantinya bisa meningkatkan profit jika dibandingkan perdagangan secara manual. Dengan adanya sistem e-commerce, proses penjualan dan pembelian barang akan terasa praktis, akibatnya orang-orang akan merasa lebih nyaman dan tidak akan kerepotan pergi ke tempat jauh untuk membeli keperluan.

Peran Komputer dalam Dunia Bisnis dan E-commerce

Peran Komputer dalam Bidang Bisnis, Perdagangan dan E-commerce


Sebagai Sistem Komunikasi Serta Kolaborasi

Peran pertama yaitu sebagai sistem kolaborasi dan komunikasi di perusahaan. Pada suatu sistem komunikasi serta kolaborasi perusahaan, semua anggota tim kerja bisa melakukan koordinasi, komunikasi, serta kolaborasi dengan menggunakan teknologi yang ada dengan diantaranya adalah surat elektronis, adanya sistem chat, dan juga melakukan video konferensi.

Adanya koordinasi bisa diartikan dalam menyelaraskan setiap usaha yang ada pada masing-masing individu di dalam suatu kelompok kerja, komunikasi juga dapat diartikan dengan berbagi informasi dan kolaborasi dapat diartikan bekerja sama dalam melaksanakan suatu tugas bahkan proyek.

Sebagai Media Sistem Bisnis Internal

Peran komputer selanjutnya dalam bidang bisnis yaitu sebagai media dari sistem bisnis internal. Sistem bisnis internal dalam dunia bisnis dapat dipakai dalam melayani proses bisnis secara internal. Jika bisnis menggunakan sistem ini, maka seorang manajer yang sedang melakukan dinas dan tidak berada di perusahaan dapat mengakses basis data yang ada di perusahaan dengan mengambil pada server secara mudah.

Beberapa hal lain juga bisa ditangani lewat sistem bisnis internal yaitu pemrosesan transaksi dengan cara internal sebagai contoh adalah pesanan penjualan yang bisa dimasukkan oleh pemasar meskipun jarak jauh. Portal yang ada pada sebuah perusahaan merupakan media informasi yang menggunakan basis Web yang secara khusus kepada para pegawai perusahaan bersangkutan.

Pemantauan semua aktivitas di perusahaan, pengendalian sistem internal perusahaan, serta sistem pendukung manajemen.

Mempermudah Terciptanya Perdagangan Elektronis

Peran komputer dalam bisnis berikutnya yaitu menciptakan perdagangan dengan basis elektronik. Bentuk jual beli secara elektronis atau e-commerce merupakan bentuk aktivitas pembelian atau penjualan, pemasaran suatu produk atau jasa yang mana informasi dapat diperoleh dengan cara elektronis. Domain pada e-commerce berupa B2B, B2C, C2B, serta C2C, yang akan di jelaskan sebagai berikut.

a. Business-to-Business(B2B)
B2B dapat diartikan bentuk jual-beli produk maupun jasa yang akan melibatkan dua bahkan juga beberapa perusahaan yang dilakukan secara elektronis melalui perangkat tersebut.

Biasanya beberapa perusahaan yang terlibat di sini adalah pemasok, distributor, pabrik, dan juga toko. Kebanyakan transaksi akan berlangsung secara langsung diantara dua sistem. Model ini memang sudah banyak diterapkan. Sebagai contoh, yang terjadi antara toko dengan para pemasoknya. Sedang keuntungan B2B:
  • Membuat cepat transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli.
  • Mampu menurunkan biaya dari transaksi yang terjadi pada kedua belah pihak.
  • Terciptanya pasar baru tanpa adanya batasan wilayah geografis.

b. Business-to-Consumer (B2C)
B2C merupakan bentuk jual-beli produk terjadi di perusahaan penjual dengan konsumen akhir dilakukan secara elektronis menggunakan komputer. Perusahaan-perusahaan yang sudah terkenal juga melayani konsumennya dengan sistem B2C yaitu lain adalah Dell (www.dell.com), Cisco (www.cisco.com), Amazon (www.amazon.com).

Cara ini cukup banyak diminati para pemakai Internet sebab pembelian produk bisa dilakukan dengan mudah serta cepat. Selain itu, biasanya harga produk juga lebih murah jika dibandingkan di pasaran bahkan konsumen dapat membayar menggunakan kartu seperti Master Card dan Visa Card.

c. Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer (C2C) adalah suatu model perdagangan yang ada diantara konsumen dengan konsumen lain, yang dilakukan dengan cara elektronis. Situs akan membantu menyediakan sarana yang nantinya akan memungkinkan orang-orang dalam menjual maupun membeli barang.

d. Consumer-to-Business (C2B)
Di beberapa situs sudah berinisiasi dalam mendukung adanya suatu bisnis yang dengan berbasis konsumen ke pebisnis (Consumer-to-business atau C2B). Misalkan situs adalah sebuah situs yang bisa memungkinkan seseorang untuk menjual ke perusahaan ini. Kaitannya dengan hal ini, Internet bisa digunakan untuk media dalam bernegosiasi.

Tentunya peranan komputer akan ada pada semua bidang, pada bidang bisnis perannya dalam membantu beberapa pihak dalam melakukan transaksi jual beli. Para pelaku tidak perlu bertemu, tidak perlu lapak untuk berjualan. Bahkan pembeli juga bisa memilih barang yang akan dibeli dan barang bisa datang ke rumah tanpa pergi ke toko.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.