06 April 2018

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Ada cukup banyak pertanyaan mengenai amankah menyalakan laptop tanpa baterai? Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau begitu, mari temukan jawabannya dalam artikel ini.

Laptop banyak digunakan karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan. Dengan menggunakan laptop, kita bisa membuat dan menyelesaikan sebuah pekerjaan dimana saja dan kapan saja.

Hal ini tidak terlepas karena adanya baterai pada laptop. Dengan adanya baterai, setidaknya laptop bisa bertahan 3-4 jam tanpa harus mencolokkannya ke arus listrik.

Amankah Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?

Apakah Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai?


Nah, permasalahannya adalah jika baterai laptop rusak apakah aman menyalakan laptop tanpa baterai?

Sudah hampir 3 tahun, kami menggunakan laptop tanpa baterai dan sampai saat ini aman-aman saja. Tidak ada komponen laptop yang rusak.

Alasan kami tidak menggunakan baterai adalah karena capek  dan merasa rugi ketika harus membeli baterai yang baru. Kami sudah menukar dengan baterai yang baru sebanyak 2 kali. Baterai baru tersebut kurang lebih hanya bertahan 6 bulan saja, setelah itu rusak lagi. Entah apa yang salah, bahkan kami sudah mengganti charger laptop yang digunakan, tetapi masih tetap juga baterai nya rusak. Karena merasa capek dan dirugikan, akhirnya kami memutuskan untuk melepas baterai tersebut dan menyalakan laptop tanpa baterai.

Dalam sehari mungkin laptop yang kami gunakan ini menyala sekitar 10 jam dan tergantung kebutuhan.

Tips Aman Menyalakan Laptop Tanpa Baterai


Berikut ini akan kami berikan beberapa tips agar tetap aman ketika menyalakan laptop tanpa baterai. Berikut tips-tips nya:

  1. Pastikan Anda tinggal di daerah yang listriknya jarang padam.
  2. Jika daerah Anda sering mengalami pemadaman listrik, maka kami sarankan untuk menggunakan UPS.
  3. Akan lebih baik jika Anda mengikuti akun media sosial dari PLN agar bisa mendapatkan informasi seputar pemadaman bergilir (opsional).
  4. Berikan beberapa jam untuk laptop beristirahat. 

Kenapa disini kami menekankan mengenai listrik? Jadi begini, jika Anda menyalakan laptop tanpa baterai, otomatis Anda harus mencolokkan chargernya ke aliran listrik. Jika alur listrik mati secara mendadak, maka akan dapat merusak komponen laptop Anda. Hard disk adalah komponen yang sangat rentan mengalami kerusakan jika listrik mati mendadak, begitu juga dengan motherboard. Untuk komponen yang lain mungkin tidak ada masalah.

Kesimpulan


Dapat disimpulkan bahwa menyalakan laptop tanpa baterai sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya tetap menggunakan baterai agar laptop bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Namun, berdasarkan pengalaman pribadi, menyalakan laptop tanpa baterai boleh-boleh saja dan aman-aman saja. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan kondisi listrik disekitar. Pastikan laptop Anda tidak sering mati mendadak.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.