30 Maret 2018

Pulpen Printer 3D Terkecil di Dunia, Lix 3D Pen

Selamat pagi para pembaca, untuk kalian yang bekerja di dunia digital khususnya design 3D. Tentunya untuk kalian benda ini mampu menjawab apa yang dibutuhkan dan inginkan bukan?

Tahun ini akan ada pulpen printer 3D atau Lix 3D Pen dengan ukuran paling kecil di dunia. Pulpen ini akan membuat kita merasakan rasanya menggambar di udara. Dengan adanya pulpen ini merupakan salah satu tanda jika kita sudah berada di masa depan.

Kita tidak perlu membeli perangkat 3D yang besarnya sampai 1 meja makan hanya untuk membuat tampilan modeling 3D yang sederhana.

Pulpen Printer 3D Terkecil di Dunia, Lix 3D Pen
Sumber gambar: eannovate.com

Pulpen 3D Terkecil di Dunia, Lix 3D Pen

Saat ini telah lahir berbagai inovasi dalam bidang teknologi, baik dengan munculnya berbagai tenologi sampai membuat kita terkagum-kagum dengan setiap inovasi tersebut.

Lix 3D Pen merupakan pulpen terkecil di dunia yang memiliki prinsip yang dapat melelehkan plastik padat supaya kita dapat membangun sebuah bentuk atau objek 3D. Selain itu pulpen ini juga memiliki beberapa pilihan warna, seperti putih, kuning, biru, pink, hitam.

Pulpen ini dijual dalam 1 paket, terdiri dari pulpen 3D, 40 filamen warna dan power adaptor. Harga yang diberikan pada printer Lix 3D Pen juga cukup terjangkau hanya sekitar Rp. 1.8 juta. Puplen ini diperkenalkan oleh perusahaan Lix yang berbasis di London dan bukan seperti pulpen yang biasa kita gunakan.

Dengan pulpen ini kita dapat menggambar 3D, baik kaligrafi, prototype, aksesoris sampai gambar lainnya dalam bentuk 3D. Meskipun pulpen ini masih sangat baru, tapi dapat menampilkan 3D printing dengan penampilan dan desain yang praktis. Selain itu Lix juga lebih memberikan keseimbangan dan kenyamanan saat menggambar.

Penggunaan Lix 3D Pen

Untuk cara penggunaanya cukup mudah, hanya perlu mengisi pulpen dengan filamen yang telah diberikan. Tancapkan daya pulpen tersebut ke listrik dan tunggu sampai 1 menit, pada ujung pulpen suhunya akan mencapai 200 derajat celcius.

Dengan suhu panas tersebut kita dapat menggambar berbagai bentuk sesuai dengan model yang kita inginkan dan dengan berbagai macam warna yang sudah tersedia.

Fungsi dari pulpen Lix ini sama dengan teknologi baru yang sudah banyak di uji seperti 3D printer. Lix memiliki ukuran yang sangat kecil atau hampir sama dengan spidol, dimensinya 164 x 14mm dan terdapat sebuah kabel power yang terpasang menuju port USB. Sambungan kabel ini dapat digunakan untuk keperluan isi ulang.

Pada bagian ujunya memiliki ujung pipa semprot yang menggunakan tenaga USB 3.0 dan dengan memanfaatkan material yang akan disuplai melalui bagian atasnya.

Lix sendiri lebih ditujukan untuk para profesional yang ada di berbagai bidang, seperti perancang busana, desainer interior, ahli perhiasan.

Untuk perancang busana, mereka dapat merealisasikan ide dengan menciptakan ornamen fashion melalui printer Lix 3D Pen.

Sama halnya dengan desainer interior yang ingin menambahkan dekorasi rumah, dengan menggunakan Lix dapat menciptakan model purwarupa yang terintegrasi melalui program desain. Ahli perhiasan juga dapat melakukan hal yang sama, dapat langsung memvisualkan ide yang mereka miliki.

Komponen Lix 3D Pen

Dengan kenyamanan dan keseimbangan yang lebih baik, ternyata bobot yang dimiliki sangat ringan. Hanya 40gram dan dengan bobot yang dimilikinya tersebut membuat Lix lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya.

Jenis Filamen yang digunakan printer Lix 3D Pen mulai dari ABS dan PLA.

ABS atau Acrylonitrile Butadiene Styrene menawarkan manfaat yang lebih fleksibel, struktur lebih kuat, lebih tahan temperatur tinggi dan lebih mudah dibentuk. Sedangkan PLA atau Polylactic Acid menawarkan manfaat berbagai warna. Memiliki penampilan yang glossy dan dapat juga tersaji dengan warna transparan.
Lix sendiri mengembangkan produk ini melalui layanan crowdfunding kickstarter dan proyek ini pembuatannya sudah jauh melewati target stretch crowfunding dengan dana yang berhasil dikumpulkan mencapai $160.000

Perbedaan Lix 3D Pen dengan Produk Sejenis Lainnya

Saat ini tidak dapat dipungkiri, teknologi 3D printing sudah semakin berkembang dan marak setiap saat. Setelah beredarnya teknologi 3D printing dengan mesin cetak, kini sudah hadir kreasi terbaru dengan mesin cetak yang unik. Karena kita dapat menggambar sekaligus mencetak dengan pena saja.

Pena Lix 3D ini memiliki bentuk yang sama dengan pena pada umumnya, tapi yang membedakan pada penggunaanya yang harus memasukan bahan plastik filamen tersebut ke dalam pena. Hal ini dapat dilakukan sebelum kita menggambar desain. Tinta yang sudah dilelehkan akan secara cepat menjadi dingin dengan sendirinya saat pena di gunakan.

Selain itu printer Lix 3D Pen ini juga berfungsi ganda, karena dapat digunakan sebagai alat gambar sekaligus pencetaknya dan sangat prakits. Dapat dibawa kemana saja oleh semua penggunanya dan menggunakan USB 3.0 sebagai port power utama.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.