16 Maret 2018

Manfaat Belajar Ilmu Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat belajar ilmu komputer dalam kehidupan sehari-hari sangatlah banyak. Semakin berkembangnya teknologi dan informasi di era globalisasi, komputer bukanlah suatu barang yang asing lagi. Karena hampir setiap rumah pasti memiliki satu unit komputer maupun laptop sebagai barang yang mereka manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan sebagai sarana komunikasi.

Komputer tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, kebanyakan dari orang yang bekerja di kantor dituntut agar bisa mengoperasikan komputer. Karena jika bisa mengaplikasikan komputer maka akan memudahkan dan mempercepat suatu pekerjaan yang ada.

Manfaat Belajar Ilmu Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari

Komputer juga bisa dimanfaatkan sebagai media atau  alat bantu untuk mempermudah seseorang dalam bidang pendidikan dan lainnya. Karena komputer bisa mengakses berbagai informasi dari berbagai penjuru di dunia serta bisa menyajikan pelajaran menarik, unik, kreatif yang bisa dimanfaatkan baik di sekolah maupun di rumah.

Ketika seseorang ditanya apa manfaat dari ilmu komputer biasanya mereka akan menjawab pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat, sebagai sarana untuk komunikasi dan sebagai alat untuk menghibur diri.


Manfaat Belajar Ilmu Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


Sebagai Sarana untuk Mempermudah Suatu Pekerjaan 

Jika seseorang memiliki ilmu komputer yang bisa diaplikasikan dalam dunia kerja mereka terutama di kantor, maka akan membantu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan juga mudah. Zaman dahulu, orang yang mengetik surat harus menggunakan mesin ketik. Jika ada ketikan yang salah maka tidak bisa dihapus secara otomatis sehingga harus mengetik ulang surat tersebut dari awal.

Selain tidak bisa dihapus, menggunakan mesin ketik maka tidak bisa menyimpan dokumen ataupun mengedit dokumen tersebut. berbeda dengan komputer yang sering Anda lihat saat ini. Jika Anda mengetik sebuah surat dan terjadi kesalahan saat mengetik, maka tidak perlu mengulangi ketikan dari awal lagi karena salah ketik yang terjadi bisa dihapus di komputer secara langsung.

Jika menggunakan komputer, dokumen-dokumen yang diketik juga bisa disimpan dan diedit kembali. Jadi ketika Anda membutuhkan dokumen yang sama dengan dokumen yang sudah diketik sebelumnya, maka tidak perlu mengetik lagi karena di komputer sudah ada dokumen yang Anda butuhkan. Anda hanya perlu mengedit beberapa bagian yang mungkin tidak diperlukan ataupun harus diganti seperti tanggal, bulan dan tahun.

Sebagai Sarana Komunikasi 

Zaman dahulu, orang yang berkomunikasi dengan saudara ataupun teman yang berada jauh dari tempat tinggal Anda maka akan menggunakan telephone sebagai sarana untuk berkomunikasi. Dengan menggunakan telephone, maka Anda hanya akan mendengar suara saja.

Namun jika Anda menggunakan komputer sebagai sarana untuk komunikasi, maka bisa berbicara sambil melihat saudara atau teman yang jauh dengan tempat tinggal Anda saat ini menggunakan Webcam. Selain itu, jika Anda menguasai ilmu komputer dan internet, maka Anda bisa menuliskan surat kepada mereka melalui Email.

Sebagai Alat Hiburan 

Jika zaman dulu Anda hanya bisa menggunakan televisi, radio, tape, jalan-jalan untuk melihat situasi dan kondisi, saat ini Anda bisa menggunakan komputer sebagai alat hiburan dengan menggunakan berbagai fasilitas yang ada di komputer.

Anda bisa mendengarkan musik ataupun lagu-lagu dan menonton video yang Anda sukai menggunakan CD/DVD yang ada pada komputer atau bisa melalui internet. Dengan komputer Anda juga bisa bermain game menggunakan aplikasi game yang sudah di install sendiri atau bisa juga bermain game online di internet.

Selain itu Anda bisa menonton TV dari saluran TV Receiver yang sudah Anda pasang di komputer atau bisa juga melalui TV online di internet. Jadi ilmu komputer yang Anda miliki tidak hanya memudahkan pekerjaan Anda saja namun juga bisa digunakan sebagai hiburan.

Sebagai Alat Pendidikan 

Pada Zaman dahulu, fasilitas dan media pendidikan hanya akan didapatkan di Sekolah saja. Jika di luar sekolah, media atau fasilitas yang bisa didapatkan yaitu dari radio, televisi, koran dan tempat-tempat khusus yang digunakan untuk belajar. Namun saat ini Anda bisa menggunakan komputer sebagai sarana pendidikan.

Dengan menggunakan komputer maka akan ada banyak sekali pendidikan dan ilmu pengetahuan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya yaitu Anda bisa menginstal aplikasi dari internet yang bisa membuat Anda menjadi ahli dalam berbagai bidang seperti di Photoshop, Power Point dan masih banyak lagi manfaat komputer untuk dijadikan sebagai alat pendidikan.

Membantu dalam Bidang Kesehatan  

Dengan menggunakan komputer, maka orang yang bekerja sebagai dokter atau perawat dan profesi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan akan lebih mudah untuk memonitor kesehatan pasien seperti monitor detak jantung pasien, memeriksa aliran darah, memeriksa organ dalam pasien menggunakan sinar X, dan masih banyak manfaat lain dari komputer dalam bidang kesehatan.

Sebagai Sarana Informasi 

Jika Anda menguasai ilmu komputer maka Anda bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan melalui internet seperti informasi pendidikan, informasi hiburan, informasi perdagangan, dan masih banyak lagi informasi yang bisa Anda dapatkan dari komputer melalui internet.

1 comments:

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

  1. mantap, sangat bermanfaat terutama bagi org org seperti saya yang berkecimpun di dunia akademik.

    BalasHapus