19 Maret 2018

Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ilmu Komputer

Computer Science merupakan istilah lain untuk ilmu komputer. Secara garis besar ilmu komputer merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komputasi baik dari segi perangkat keras (hardware) ataupun perangkat lunaknya (software). Ada beragam topik dalam ilmu komputer mulai dari analisis logaritma abstrak hingga subjek yang lebih nyata seperti bahasa pemrograman, perangkat keras dan perangkat lunak. Teknik komputer lebih berfokus pada hal-hal yang berhubungan dengan perangkat kerasnya sedangkan ilmu komputer lebih menekankan pada rekayasa perangkat lunak dan bahasa pemrograman.

Ilmu komputer mempelajari apa yang mampu dikerjakan oleh beberapa program dan juga yang tidak bisa dikerjakan oleh suatu program, algoritma (bagaimana sebuah program harus mengevaluasi informasi), dan bagaimana program tersebut berkomunikasi dengan penggunanya. Akar dari ilmu komputer adalah matematika, linguistik dan elektronika.

Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ilmu Komputer


Sistem Informasi

Sistem informasi adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mendukung operasi dari sebuah organisasi seperti data, komputer, perangkat lunak, operasi instalasi dan perawatan komputer. Dalam sistem informasi bisa terdiri dari beberapa gabungan elemen teknologi berdasar komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya berpegang pada aturan kerja sesuai ketetapannya sehingga mampu mengolah data menjadi informasi dan bisa digunakan untuk mendukung keputusan.

Ilmu Informasi

Ilmu informasi adalah ilmu komputer yang mempelajari informasi dan data mencakup bagaimana menganalisa, menyimpan, menginterpelasi serta mengambilnya kembali. Ilmu informasi ini sering digunakan sebagai dasar untuk menganalisa komunikasi dalam bentuk data.

Rekayasa Perangkat Lunak

Pada prinsipnya rekayasa perangkat lunak lebih menekankan pada tahapan pengembangan sebuah perangkat lunak yang meliputi analisis, implementasi, desain, maintenance dan testing. Secara lebih luas rekayasa perangkat lunak berpacu pada pengembangan perangkat lunak itu sendiri namun tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan pada proses sebelumnya.

Ada dua model yang sering digunakan dalam pengembangan rekayasa perangkat lunak, yaitu model prototipe dan model water fall. Model prototipe merupakan model yang lebih disukai baik oleh pengguna ataupun pengembang. Selain itu ada juga model RAD, sequential linear, model format method, dan model formal yang sebelum diimplementasikan terlebih dahulu Anda harus membuat rancangan model dan diversifikasi dari kesalahan-kesalahan sehingga ketika implementasi sudah  bersih.

Keamanan Informasi dan Rekayasa Komputer

Keamanan informasi merupakan ilmu komputer yang mempelajari tentang analisa beserta implementasi dari keamanan sebuah sistem informasi termasuk di dalamnya kriptografi. Sedangkan rekayasa komputer merupakan ilmu yang mempelajari tentang desain, analisis, serta konstruksi dari sebuah perangkat keras komputer.

Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ilmu Komputer

Cabang Ilmu Utama Informatika


Dasar Matematika

Dalam ilmu komputer, dasar matematika yang digunakan adalah teori graf, matematika diskret, aljabar boolean, dasar matematika, teori informasi, peluang dan statistik, serta logika simbolik.

Teori Ilmu Komputer

Untuk teori ilmu komputer menggunakan teori informasi alogaritmik, kompilator yang terdiri dari analisis leksikal dan penguraian, kriptografi, sematik denotasional, teori komputasi yang terdiri dari analisis dan alogaritma serta kompleksitas dari sebuah problem, logika dan arti dari program serta bahasa formal dan logika matematika.

Perangkat Lunak

Untuk perangkat lunak menggunakan pemrograman komputer dan program komputer, yang berfokus pada spesifikasi program, pemrograman paralel dan verifikasi program. Selain itu ada juga teknik pemrograman, bahasa pemrograman, sistem operasi perangkat komputer, rekayasa perangkat lunak yang terdiri dari metrik perangkat lunak, optimisasi, metode pengembangan perangkat lunak serta pola desain.

Organisasi Sistem Komputer

Dalam organisasi sistem komputer yang digunakan adalah jaringan komputer, arsitektur komputer, komputasi terdistribusi, komputasi grid, kinerja dari sistem dan implementasi sistem komputer itu sendiri.

Data dan Sistem Informasi

Dalam sistem informasi meliputi representasi, struktur data, enkripsi data, format berkas, kompresi data, pengkodean dan teori informasi, sistem informasi berupa data mining, basis data, data warehouse, antarmuka dan presentasi informasi, penyimpanan dan pengambilan informasi.

Metodologi Komputasi

Dalam metodologi komputasi terdiri dari kecerdasan buatan, manipulasi aljabar dan simbolik, grafik komputer, pengenalan pola suara, pengolahan citra dan visi komputer, simulasi pemodelan, pengolahan sinyal digital dan pengolahan dokumen berupa teks.

Aplikasi Komputer

Aplikasi komputer terdiri dari perangkat lunak matematika yang meliputi analisis numerik, aljabar komputer, dan pembuktian teori otomatis. Ilmu dan teknik fisika terdiri dari fisika komputasional dan kimia komputasional. Ilmu hayat medis terdiri dari biologi komputasional, informatika medika dan noinformatika.

Selain itu dalam aplikasi komputer masih mencakup seni, kemanusiaan, hiburan dalam bentuk permainan komputer, sosiologi, robotic, interaksi manusia dan komputer yang berupa rekayasa ketepatgunaan dan sintesa suara.

Lingkungan Komputasi

Yang terakhir dari ilmu komputer mengenai cabang ilmu utama informatika adalah lingkungan komputasinya. Lingkungan komputasi ini terdiri dari sejarah dan perhitungan, industri komputer, komputer dan pendidikan, komputer dan masyarakat, manajemen dari komputasi dan sistem informasi, aspek hukum dari komputer, komputer dan keamanan informasi serta personal komputer.

This post have 2 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.