14 Maret 2018

Daftar Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Dunia

Akhir-akhir ini dunia teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pertumbuhan ini tentu saja tidak bisa dipisahkan dari peran sebuah universitas dalam membentuk lulusan-lulusan terbaik yang mampu menyumbangkan ilmunya untuk kemajuan teknologi. Bahkan kini hampir seluruh universitas di dunia memiliki jurusan ilmu komputer sehingga semakin mendukung perkembangan dunia teknologi. Namun ada beberapa universitas di dunia yang masuk dalam daftar universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik.

Peringkat ini ditentukan oleh QS World University Rankings yang menilai suatu universitas per jurusan ataupun secara keseluruhan. QS ini sering kali dijadikan patokan untuk menentukan mutu sebuah universitas. Lembaga yang bertugas menganalisis Ranking QS adalah Perusahaan Quacquarelli Symonds yang memiliki kantor di Inggris.

Daftar Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Dunia

Daftar Universitas Ilmu Komputer Terbaik di Dunia


MIT (Massachusetts Institute of Technology)

Massachusetts Institute of Technology masuk dalam jajaran universitas paling berkelas di dunia yang memasukkan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi serta berhasil memperoleh skor 93,8 dari QS. Universitas yang didirikan pada tahun 1861 ini telah menelurkan banyak sekali alumnus yang berhasil mendapatkan 20 nobel.

Menurut hasil survey yang telah dilakukan oleh The Guardian, lulusan Massachusetts Institute of Technology yang masih hidup kini telah membangun sebanyak 25.800 perusahaan dan telah mempekerjakan kurang lebih 3 juta orang. Bahkan seperempat dari tenaga kerja di Silicon Valley merupakan lulusan Massachusetts Institute of Technology. Selain di bidang teknologi, beberapa alumnus Massachusetts Institute of Technology juga berkecimpung di dunia politik seperti Menteri Luar Negeri Inggris David Miliband dan juga Perdana Menteri Israel Benjamin Nentanyahu.

Stanford University

Standford University merupakan universitas yang berbasis di Amerika Serikat dan dinilai memiliki jurusan disiplin ilmu komputer terbaik di dunia. Ada sebanyak 17 orang dari Standford University yang berhasil mendapatkan nobel  serta beberapa atlet yang berhasil mendapatkan 115 medali emas dalam olimpiade. Banyak juga lulusan Stanford University yang bekerja di perusahaan-perusahaan ternama seperti HP, Google, Apple, Instagram, Snapchat dan lain sebagainya. Skor yang diterima Stanford University dari pihak QS adalah 93,2.


University of Oxford

University of Oxford sudah berdiri sejak tahun 1096 sehingga bisa dikatakan sebagai universitas kuno. University of Oxford sangat terkenal sebagai universitas dengan bidang teknologi  ter maju. Startup ternama di bidang teknologi DeepMind juga memiliki kaitan erat dengan University of Oxford. Walau demikian, skor University of Oxford secara keseluruhan masih berada di bawah Stanford University yang harus puas dengan skor 92,5.


Harvard University

Tentu nama Harvard University sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Berdiri sejak tahun 1636 membuatnya masuk dalam universitas tertua di dunia dengan jurusan ilmu komputer terbaik. Beberapa presiden Amerika Serikat merupakan lulusan Harvard University seperti John F Kennedy, Theodore Roosevelt dan juga Barack Obama. Miliarder ternama Mark Zuckerberg juga merupakan lulusan Harvard University. Kendati demikian Harvard University harus puas di posisi 4 hasil penilaian dari QS untuk bidang ilmu komputernya dengan skor 92,4.

University of Cambridge

Salah satu ilmuwan terkenal alumni dari University of Cambridge adalah Isaac Newton sang penemu gaya gravitasi bumi. Universitas yang berada di Inggris ini masuk dalam daftar universitas terbaik dunia dengan dan telah meraih sebanyak 80 penghargaan nobel sejak berdiri pada tahun 1209 silam. Jurusan ilmu komputer University of Cambridge saja mendapatkan skor sebanyak 89,8 dari QS sehingga bisa dikatakan bahwa University of Cambridge merupakan universitas dengan jurusan ilmu komputer terbaik.


Carnegie Mellon University

Carnegie Mellon University merupakan sebuah universitas swasta yang berada di Pittsburgh, Pennsylvania. Memang universitas yang satu ini tidak bisa disetarakan dengan Harvard University ataupun University of Cambridge namun program pendidikan ilmu komputer di Carnegie Mellon University merupakan yang terbaik di dunia dengan peroleh skor QS sebanyak 91,4.

Swiss Federal Institute of Technology (ETH Zurich) 

Tokoh ilmuwan terkenal dunia Albert Einstein merupakan salah satu bagian dari Swiss Federal Institute of Technology dan universitas ini merupakan salah satu universitas paling bergengsi di Eropa. Dosen ataupun mahasiswa dari Swiss Federal Institute of Technology telah mengumpulkan nobel penghargaan sebanyak 21 sejak berdiri pada tahun 1854. Skor yang Swiss Federal Institute of Technology dapatkan dari QS mencapai 86,3.

University of California, Berkeley

Selain memiliki gedung universitas yang megah, University of California, Berkeley merupakan universitas dengan program sistem informasi dan ilmu komputer terbaik karena memperoleh skor sebanyak 89,4 dari pihak QS.

Princeton University

Masih dari Amerika Serikat, Princeton University masuk dalam jajaran universitas dengan program ilmu komputer terbaik dunia. Didirikan sejak tahun 1783 Princeton University termasuk universitas tertua ke 4 di dunia dengan jumlah mahasiswa mencapai 7000. Ada 35 alumnus dari Princeton University telah mengumpulkan hadiah nobel.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.