22 Januari 2018

Sejarah Komputer dari Awal Kemunculan Hingga Sekarang

Hosting Unlimited Indonesia
Sejarah Komputer dari Awal Kemunculan Hingga Sekarang

Tahukah Anda jika berbicara mengenai sejarah komputer tentu saja dari awal kemunculan hingga sekarang ini pasti sudah banyak generasi yang terlewatkan. Kali ini Anda akan diberikan informasi mengenai sejarah komputer yang wajib Anda ketahui.

Baca juga: Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Penamaan ENIAC Menjadi Komputer Pertama

ENIAC atau sering disebut sebagai Electronic Numerical Integrator and Calculator adalah komputer pada generasi  pertama yang seringkali digunakan untuk manusia. ENIAC ini sudah dirancang sejak tahun 1942 oleh seorang ilmuan ternama yang bernama John Presper Eckert  dan temannya yang bernama Dr. John W. Mauchly di salah satu sekolah ternama yakni Moore School of Electrical Engineering  yang sering disebut sebagai University of Pennsylvania. ENIAC ini selesai dibuat pada tahun 1946.

ENIAC ini adalah komputer yang memiliki ukuran yang besar dan memiliki penempatan ruang yang besar yakni 500 m2. ENIAC juga sudah menggunakan sekitar 18.000 tabung yang hampa udara, 10.000 kapasitor, 75.000 relay dan sekitar 70.000 resistor yang membantu kinerjanya. Ketika Anda mengoperasikan ENIAC maka membutuhkan daya listrik sebesar 140 kw dengan ruangan 167 m2 yang memiliki berat sekitar 30 ton.

Dalam ENIAC juga dikenal dengan mesin Von Neumann yang merupakan mesin dengan gagasan sebagai stored-program concept yang merupakan sebuah konsep untuk mempermudah proses program sehingga dapat dijadikan sebagai penyimpanan dalam memori. ENIAC ini menggunakan teknologi tabung vakum yang digunakan oleh angkatan darat Amerika.

Komputer Komersial  Generasi Pertama

Sekitar tahun 1950, komputer genarasi pertama mulai muncul dan didesain dengan menggunakan angka dan huruf serta sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan output. Hal ini merupakan hal besar dalam dunia teknologi karena sudah ada komputer yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan Sperry dan IBM. Komputer yang diberi nama UNIVAC ini sudah hadir pertama kali di Amerika dan sudah dioperasikan sejak tahun 1963.

IBM  juga sudah memproduksi IBM 605 dan IBM 701 sejak tahun 1953 dan sudah berorientasi dalam aplikasi bisnis sehingga komputer generasi pertama eksis sampai tahun 1959. Dan IBM kembali menggantikannya dengan IBM 701 lalu  memantapkan untuk terus mengolah dan mengganti komputer dengan yang baru.

Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

Kehadiran komputer generasi kedua ini tentu saja memiliki ciri-ciri yang sudah menggunakan teknologi sirkuit, sudah menggantikan tabung vakum sebelumnya menjadi transistor dan diode. Selain itu sudah menggunakan bahasa pemrograman yang tinggi seperti COBOL, dan Fortran. Sistem operasinya juga sudah jauh lebih cepat dan jutaan per detik kecepatan operasinya. Berbicara mengenai kapasitas memori utamanya tentu saja sudah dikembangkan menjadi Magnetic core storage.

Ukurannya juga sudah lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama, selain itu prosesnya juga sudah real time serta real sharing. Anda dapat menggunakan komputer generasi kedua dengan daya listrik yang jauh lebih kecil dibandingkan generasi pertama. Aplikasi juga sudah kepada teknik dan bukan kepada aplikasi bisnis lagi.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)

Di dalam komputer generasi ketiga ini tentu saja disebut sebagai IC (Integrated Circuit). Komponen ini sudah bersifat hybrid dan monolithyc. SLT juga sudah menggunakan diode dan transistor yang sudah terpisah dalam satu tempat. Sedangkan MST lebih kecil akan tetapi memiliki kemampuan yang sangat besar dibandingkan dengan SLT. IC ini dapat digunakan dengan baik karena sudah menggunakan miliaran transistor.

Ciri dari generasi ketiga ini adalah sudah menggunakan IC dan sistem operasi komputer juga lebih cepat. Hampir 10.000 kali lebih cepat dibandingkan dengan yang pertama. Selain itu memiliki harga yang murah, daya listrik yang dibutuhkan juga sangat hemat, memiliki terminal visual display yang bisa mengeluarkan suara, sudah menggunakan penyimpanan external hardisk yang bersifat acak.

Selain itu sudah mengalami peningkatan dari segi softwarenya, dan memiliki kapasitas memori yang jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya.  Selain itu sudah bisa melakukan berbagai komunikasi dengan komputer lainnya sehingga akan lebih multitasking dan multiprocessing. Contohnya adalah IBM 360 dan UNIVAC 9000.

Komputer Generasi Keempat (1970-1980-an)

Komputer terbaru generasi keempat tentu saja lebih bagus dan lebih cepat dari generasi ketiga. Bedanya adalah lebih tersistem dan sangat sempurna. Di generasi keempat ini sudah ada LSI (Large Scale Integration) yang merupakan padatan dari IC dan sudah dijadikan sebagai sebuah kepingan. Lalu ditambah dengan penggunaan mikroprosesor yang sudah menggunakan chip yang canggih.

Di generasi keempat ini salah satu perusahaan Intel sudah memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip dengan 230 transistor dan sudah berjalan pada 108 KHz. Intel juga sudah memperkenalkan berbagai proses mulai dari 8 bit dalam jangka waktu satu kali. Sudah ada processor yang baru yakni 4004 dan 8008 di generasi keempat ini.

Contoh dari komputer genarasi keempat adalah Apple I dan Apple II, IBM 370, dan PDP-11. Komputer ini sudah menggunakan sistem operasi yang canggih dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic.  Pada generasi ke eempat ini masih belum ada standarisasi bagi sebuah komputer atau PC karena masih PC compatible.

Komputer Generasi V (1980-an-sekarang)

Komputer kali ini sudah menempatkan diri di generasi kelima yang merupakan sebuah PC dengan standarisasi yang bagus dan sudah terkenal dengan sebutan IBM-PC. Processornya sudah menggunakan 8088/8086 dan sudah menjadi standar komputer sekarang ini. IBM juga sudah bekerjasama dengan Microsoft untuk terus mengembangkan softwarenya.

Dalam perkembangan selanjutnya komputer pasti akan terus berkembang dan memiliki teknologi baru lagi. Sehingga sekarang ini sudah banyak sekali komputer yang di kembangkan oleh Intel dan Microsoft, yang dipegang oleh Bill Gates, pemilik perusahaan software dunia. Dalam generasi kelima ini tentu saja Anda sudah bisa berinteraksi dengan komputer dan sudah hemat energi sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam menggunakan komputer di rumah.

Contoh dari komputer yang ada di dalam generasi kelima ini adalah chip 286 dengan kemampuan transistor 134.000 dan sekarang sudah mencapai 1,2 juta transistor. Lalu pada tahun 1993 sudah hadir prosesor 586 yang disebut sebagai pentium 1 dan memiliki 3,1 juta transistor. Selanjutnya ada generasi pentium 2,3, dan 4.

Generasi kelima ini memiliki ciri-ciri yang lebih meningkat lagi kecepatan akses datanya dan tampilannya juga lebih bagus dengan kualitas resolusi yang lebih jernih. Fungsi komputer di generasi kelima ini sudah sangat cerdas dan memiliki ukuran fisik yang jauh lebih kecil serta sederhana dengan kemampuan yang semakin canggih.

Komputer Generasi Keenam (Masa Depan)

Komputer generasi keenam tentu saja dapat dipastikan akan memberikan sejarah komputer yang baru. Karena saat ini sudah banyak beberapa ilmuan komputer yang sudah menciptakan biochip yang dibuat dengan menggunakan bahan protein sintetis. Nantinya akan dibuat seperti tiruan manusia dan saat ini masih tahap penelitian.

Komputer masa depan ini digadangkan akan seperti manusia dan sifatnya seperti tingkah laku manusia. Sehingga komputer ini memiliki kecerdasan yang luar biasa dan bisa meramalkan sebuah kejadian yang belum terjadi. Pastinya generasi komputer masa depan akan sangat menakjubkan dan bisa langsung berkomunikasi dengan manusia dan lebih kecil lagi.
Banner IDwebhost

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.