15 Januari 2018

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah

Sebagian besar masyarakat yang mempunyai atau pernah menggunakan Komputer tentu sudah pernah mengalami PC yang crash atau hang. Hingga akhirnya kita harus menunggu lama sementara program atau file yang diinginkan kadang justru tidak dapat terbuka. Jika menemukan permasalahan seperti ini tentu kita akan merasa kesal, terlebih lagi jika dihadapkan pada situasi yang genting.

Saat kalian menghadapi permasalahan seperti ini lantas apa yang dilakukan? Mendiamkan sampai proses selesai atau justru mematikan secara paksa? Tidak sedikit dari mereka saat dihadapkan pada situasi ini pasti akan mematikannya secara paksa lantaran tidak sabar menunggu lama. Lalu, sebenarnya apa penyebab PC yang tiba-tiba macet dan bagaimanakah cara memperbaikinya? Untuk menjawab pertanyaan Anda maka simak terus artikel berikut ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah

Penyebab dan Cara Memperbaiki Komputer yang Macet atau Hang dengan Mudah


Adanya Virus pada PC Anda

Sudah tidak asing lagi bahwa keberadaan virus pada PC merupakan sebuah racun dan malapetaka. Hal ini lantaran dapat membuat PC menjadi tidak stabil bahkan beberapa fungsi yang ada pada PC tidak dapat bekerja secara maksimal. Beberapa virus tersebut akan otomatis menghapus boot sektor yang ada pada hard drive sehingga sangat mustahil bagi Anda untuk start sebuah program.

Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan memberikan perlindungan dari virus tersebut secara rutin. Sebuah scanner virus sangatlah diperlukan supaya dapat mendeteksi virus dan menghapusnya secara otomatis. Hasil dari scan virus akan disimpan otomatis dalam file DAT. Seperti yang kita ketahui, bahwa file DAT harus kita perbarui secara rutin setiap mingguan atau bulanan dari situs perangkat lunak antivirus.

Aplikasi atau Software Komputer

Proses instalasi yang tidak sempurna pada software atau perangkat lunak akan menyebabkan PC menjadi hang. Hal ini lantaran, perangkat lunak atau software tersebut menjadi rusak. Cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan instal ulang aplikasi yang belum sempurna atau menghapus aplikasi yang dicurigai tidak mampu bekerja dengan optimal lalu jika menginginkannya kembali maka dapat di instal ulang.

Buffer Printer

Buffer merupakan printer yang hanya memiliki sejumlah kecil memori. Pada saat melakukan pencetakan file, foto atau tulisan maka akan terjadi tindakan transfer dokumen untuk mencetak atau menciptakan sebuah file yang besar atau biasa disebut dengan file postcript. Hal inilah yang menjadikan sebuah beban berlebih, selain itu proses mencetak dokumen juga memerlukan cukup tenaga pada CPU sehingga kinerja Komputer jauh lebih lambat.

Ketika printer mencoba mencetak karakter yang tidak wajar, maka disinilah problematika sangat kerap terjadi. Bahkan, terkadang printer juga sangat sulit untuk dipulihkan yang diakibatkan oleh kekacuan dalam buffer printer. Cara memperbaikinya adalah dengan mencabut power printer hingga 10 detik. Lalu, nyalakan kembali printernya dan setting default printer.

Defragment Hard Disk

Pemakaian PC secara terus menerus tentu sedikit demi sedikit akan membuat informasi yang ada di hard disk menjadi haus, hal inilah yang menyebabkan Komputer mudah macet atau hang. Cara mengatasinya adalah lakukan defragment hard disk setiap bulan supaya mencegah terjainya crash. Adapun cara melakukan defragment hard disk adalah buka Start Menu klik Aksesoris pilih System tool lalu klik Disk Fragmenter, setelah itu ikuti perintah selanjutnya.

Kerusakan pada RAM

Kerusakan pada random access memory atau RAM dapat menyebabkan layar mati, biasanya ditandai dengan pesan “Fatal Exception Error”. Jika mendapatkan pesan seperti ini tanda-tanda warning bahwa hardware sedang mengalami permasalahan yang serius atau kerusakan sehingga perlu dilakukan penggantian.

Cara mengatasinya adalah dengan mengatur BIOS sehingga wait state pada RAM akan meningkat, hal ini tentu bisa membuat RAM semakin stabil. Cara lainnya adalah dengan mengatur ulang pada chip RAM dengan membuka serta memasang di motherboard secara benar.

Masalah pada Resolusi Layar

Salah satu penyebab Komputer menjadi macet atau hang adalah lantaran masalah yang ditimbulkan oleh resolusi layar video. Cara dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengurangi resolusi layar video. Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan klik start pilih setting, lalu control panel klik display lalu setting. Setelah itu lihat pengaturan warna di bagian kiri jendela. Untuk dekstop warna yang tinggi biasanya kedalaman 16 bit sudah cukup.


Kipas Central Processing Unit (CPU)

Tujuan adanya kipas pada CPU adalah supaya memberikan hawa dingin saat PC bekerja berlebih sehingga menimbulkan rasa panas. Jika, kipas tidak dapat bekerja secara maksimal maka PC akan mudah macet atau hang. Hal ini terjadi karena chip yang sudah overclocked. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti kipas pada CPU PC Anda.

Itulah beberapa penyebab dan cara memperbaiki Komputer macet atau hang, dengan berbagai permasalan yang ada maka Anda harus pintar dalam menganalisa permasalahan manakah yang sesuai dengan problematika PC Anda.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.