03 Januari 2018

Pentingnya Belajar Ilmu Komputer Bagi Generasi Muda

Di era globalisasi ini Ilmu Komputer sangat diperlukan untuk generasi muda. Karena semakin pesatnya perkembangan zaman yang ada, anak akan dituntut agar bisa mengikuti tren modernisasi yang ada. Jika generasi muda saat ini  tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada maka akan ketinggalan dan tidak akan tahu apa-apa tentang perkembangan teknologi dan informasi.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi bisa Anda lihat dari terciptanya suatu alat komunikasi dan alat informasi yang dinamakan dengan komputer. Setelah komputer berkembang dengan pesat di dunia ini, maka seolah-olah alat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk dimiliki oleh manusia.

Bahkan saat ini banyak sekali pekerjaan yang memiliki kegiatan untuk melibatkan komputer. Komputer merupakan alat yang digunakan untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehingga Ilmu Komputer sangat diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas dan pekerjaan yang ada.

Pentingnya Belajar Ilmu Komputer Bagi Generasi Muda

Ilmu Komputer sangat penting untuk dikuasai oleh generasi muda saat ini. hal tersebut karena ada beberapa alasan mengapa generasi muda saat ini harus menguasai ilmu tersebut. salah satunya yaitu dengan menguasai ilmu tentang komputer maka akan digunakan sebagai modal untuk mendapatkan suatu pekerjaan. Sedangkan alasan penting lainnya akan dibahas secara rinci di bawah ini.

Pentingnya Belajar Ilmu Komputer Bagi Generasi Muda


Memudahkan Anda dalam Mengerjakan Tugas

Di zaman yang semakin berkembang ini, dosen dan guru biasanya akan memberikan tugas yang harus dikerjakan dengan komputer. Dalam hal ini maka mahasiswa dan peserta didik akan dituntut untuk menguasai Ilmu Komputer agar bisa mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dan gurunya. Jadi Anda tidak perlu lagi untuk datang ke rental komputer atau minta bantuan kepada orang lain untuk mengetikkan.

Komputer Merupakan Modal untuk Mendapatkan Pekerjaan 

Jika Anda pernah melihat pengumuman lowongan kerja yang di pasang di berbagai mading atau melalui internet, maka hampir seluruh perusahaan akan menuntut calon karyawannya agar bisa mengoperasikan komputer.

Rekomendasi bacaan: Pentingnya Belajar Komputer Bagi Generasi Muda

Biasanya di pengumuman lowongan yang tertera akan memberikan syarat minimal bagi calon pelamar kerja harus bisa menguasai program Microsoft Office Word dan Excel. Jadi jika Anda sudah menguasai Ilmu Komputer yang digunakan sebagai syarat untuk masuk kerja, maka Anda akan mudah masuk ke perusahaan tersebut karena sudah bisa memenuhi syarat yang ditentukan.

Komputer Bisa Menghemat Penggunaan Kertas

Fungsi dari komputer yaitu digunakan untuk menyimpan data-data penting seperti tugas kuliah, tugas kantor seperti dokumen-dokumen penting, artikel, referensi soal, e-book, dan data penting lainnya yang bisa Anda simpan di komputer. Semua data yang di simpan di komputer tidak akan hilang selama hard disk komputer masih bisa digunakan dengan baik.

Jadi dengan cara menyimpan data penting di komputer, maka akan menghemat penggunaan kertas. Jika Anda ingin data yang Anda simpan tidak akan hilang maka simpanlah di email atau di Google Drive yang bisa diakses melalui internet.

Komputer Membuat Anda Lebih Kreatif dan Inovatif 

Jika Anda pernah melihat anak yang masih duduk di bangku SMP sudah bisa menggambar kartun di dalam komputer maka itu merupakan salah satu bukti yang bisa membuat anak lebih inovatif. Banyak ilmu baru yang bisa Anda dapatkan jika bisa mengoperasikan berbagai aplikasi di komputer.

Selain itu Anda bisa membuat kreatif yang sebagus mungkin untuk digunakan dalam mengedit foto, merancang gaun, membuat undangan, dan lain sebagainya sehingga akan memberi tampilan dengan hasil yang lebih maksimal dengan kreativitas yang Anda berikan dengan pekerjaan tersebut.

Komputer Memudahkan Komunikasi Jarak Jauh 

Pada zaman dahulu, komunikasi dengan teman dan saudara yang memiliki jarak jauh maka hanya bisa berkomunikasi menggunakan surat dan harus ditunggu hingga berhari-hari untuk mendapatkan kabar.

Namun dengan berkembangnya teknologi seperti komputer, maka kabar bisa dikirim dan bisa di dapatkan melalui komputer yang dihubungkan dengan internet tanpa harus menunggu berhari-hari. Hanya dalam hitungan detik saja maka Anda sudah bisa berkomunikasi dengan saudara dan teman yang berjarak jauh dengan Anda.

Dengan menggunakan email untuk dijadikan sebagai sarana komunikasi, maka Anda tidak hanya menerima tulisan saja namun bisa melihat gambar dan bisa mendengar suara. Anda bisa membuka di Skype, Yahoo, Messenger, Webcam, dan lain-lain.


Komputer adalah Jendela Dunia

Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia”, sekarang pepatah itu bisa dikembangkan sebagai “komputer adalah jendela dunia”. Karena melalui komputer Anda bisa mendapatkan informasi dari berbagai wilayah, kota, provinsi, negara bahkan lintas benua.

Jika ada pertanyaan yang belum bisa Anda jawab maka jawabannya bisa dicari di komputer yang sudah dihubungkan dengan internet. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk belajar seperti aplikasi buku, artikel, dan bisa mengunduh lagu dengan mudah. Banyak sekali manfaat dari Ilmu Komputer untuk generasi muda sekarang jika sudah berhasil dikuasai.

Postingan ini memiliki 2 komentar

avatar
DVD delete 01 Februari, 2018

kutip "Komputer adalah Jendela Dunia" mantaf saya setuju dengan gagasan ini

Reply

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.