25 Januari 2018

Jaringan Komputer dan Fungsinya

Salah satu istilah yang paling sering didengar untuk masalah komputer adalah Jaringan Komputer. Terutama untuk komputer yang memang sudah memiliki sistem terkoneksi antara satu dengan yang lain pasti akan menggunakan istilah jaringan dalam penggunaannya. Berikut ini berbagai macam jenis jaringan komputer beserta pengertiannya.

Fungsi pada jaringan yang terdapat pada komputer terdiri dari begitu banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dengan banyaknya manfaat, maka tak aneh jika banyak orang memilih untuk menggunakan jaringan dengan sistem tertentu. Penggunaannyapun bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga dapat mempermudah semua kegiatan yang selama ini dilakukan secara manual.

Jaringan yang ada di komputer adalah sistem terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer. Ditambah dengan perangkat-perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang untuk bekerja dengan berbagai tujuan seperti tujuan untuk berkomunikasi, kemudahan untuk mengakses informasi, mendapatkan layanan ataupun service antara komputer satu dengan yang lainnya.

Jaringan Komputer dan Fungsinya

Sekilas Memahami Tentang Jaringan Komputer


Fungsi dan Manfaat

Dapat untuk menghemat biaya. Penggunaan jaringan pada komputer bermanfaat untuk menekan biaya untuk kebutuhan perangkat-perangkat yang Anda gunakan. Sebab, sumber daya bisa digunakan secara bersamaan.

Contohnya jika Anda mempunyai hanya satu buah printer, printer tersebut kemudian bisa digunakan oleh banyak User atau pengguna dengan komputer yang berbeda-beda. Sehingga Anda hanya cukup menyediakan satu printer untuk banyak komputer.

Manfaat yang kedua adalah dapat mempercepat proses berbagi data. Biasanya salah satu alat yang digunakan untuk berbagi data adalah dengan menggunakan perangkat tambahan seperti flashdisk.

Namun, dengan menggunakan jaringan pada komputer, transfer data akan lebih cepat bahkan dapat menjangkau jarak jauh sekalipun. Hal ini dapat memudahkan Anda sebagai pengguna untuk mendapatkan file data yang Anda perlukan.

Menjaga informasi Terbaru. Dengan adanya jaringan di komputer ditambah sistem penyimpanan data yang terdapat pada satu komputer dan dikelola dengan baik pada satu komputer. Sehingga Anda mendapatkan akses dari berbagai tempat yang berbeda, dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Berbagai Jenis Jaringan

Jaringan Komputer sendiri terbagi menjadi berbagai jenis. Perbedaan jenis ini terbagi berdasarkan dari tempat, letak geografis, distribusi sumber informasi dan lainnya.

Untuk pembagian berdasarkan jangkauan geografisnya terbagi menjadi tiga yaitu LAN, MAN dan WAN. Local Area Network atau yang sering disingkat dengan LAN adalah jaringan yang hanya meliputi wilayah kecil saja, contohnya adalah  warnet, kantor, atau sekolah.

Pada umumnya LAN memiliki luas areanya tak lebih dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan batas kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Tidak hanya menggunakan teknologi Ethernet, jaringan ini juga sudah banyak menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi untuk jaringan LAN.

Jenis yang kedua adalah MAN atau Metropolitan Area Network. Jaringan ini dapat mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.  Jaringan ini merupakan gabungan beberapa LAN. Jangkauan jaringan MAN berkisar antara 10-50 km dan terdiri atas satu atau dua kabel saja. Namun bisa ditambahi dengan adanya elemen switching yang difungsikan dengan rancangan menjadi lebih sederhana.

Jaringan ketiga adalah Wide Area Network atau WAN. Jaringan ini mempunyai jangkauan geografis yang lebih luas dibandingkan dengan LAN, contohnya pada sebuah negara bahkan benua. WAN sering difungsikan sebagai penghubung dua atau lebih jaringan yang bersifat lokal. Anda bisa dikomunikasikan dengan pengguna yang lain walaupun Anda tidak dalam satu wilayah yang sama.

Jaringan Komputer juga terbagi dari jenis yang didasarkan pada pendistribusian sumber informasi atau data yang diperoleh. Jika berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua jenis yaitu jaringan peer to peer dan jaringan komputer klien-server.

Jenis Jaringan Komputer Peer to Peer adalah memungkinkan sebuah komputer bisa berfungsi sebagai server sekaligus sebagai klien walaupun ada dalam satu jaringan. Sehingga, satu komputer memiliki dua fungsi sekaligus tergantung dari Anda ingin menggunakan yang mana.

Kemudian untuk jenis yang kedua adalah Jaringan Komputer Client Server. Jenis ini adalah model untuk jaringan yang salah satu dari komputernya dapat digunakan sebagai Server dengan fungsi untuk melayani komputer lain yang difungsikan sebagai klien. Sehingga model jaringan ini komputer server biasanya memiliki bagian khusus dan hanya memiliki fungsi sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan klien.

Jaringan komputer juga dibagi berdasarkan topologinya. Jenis ini terbagi berdasarkan topologi ring, topologi bus, topologi star dan topologi tree. Jenis jaringan ini merupakan bentuk jaringan dimana memiliki bentuk atau struktur jaringan yang dapat menghubungkan komputer yang satu dengan yang lainnya.

Ada juga jenis jaringan komputer yang berdasarkan media transmisinya. Jaringan Komputer ini juga terbagi menjadi beberapa jenis yaitu jaringan yang menggunakan media kabel (wired network) dan ada yang tidak menggunakan kabel atau juga disebut dengan nirkabel.

Untuk Jenis jaringan pada komputer yang masih menggunakan kabel ini biasanya menggunakan media kabel sebagai media penyampaian data. Jenis ini juga kerap disebut  dengan jenis jaringan menggunakan media transmisi terpadu atau Guided Transmission Media.

Untuk beberapa kabel yang dapat Anda gunakan untuk membuat model jaringan satu ini bagiannya diantaranya adalah kabel Coaxial, kabel TP (STP dan UTP), serta kabel Fiber Optic. Dengan kabel jenis itu maka jaringan akan kuat dan dapat digunakan dengan maksimal.

Untuk jenis jaringan kedua berdasarkan media kabel penyampaian data adalah jaringan tanpa menggunakan kabel atau juga disebut dengan nirkabel. Jaringan komputer yang satu ini mengandalkan sistem gelombang untuk media penyampaian datanya.

Jenis jaringan nirkabel yang satu ini juga sering disebut dengan jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpadu. Contoh jaringan yang menggunakan jenis jaringan ini yang biasa Anda temukan dan juga sering digunakan antara lain Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.

Pembagian lainnya adalah berdasarkan distribusi sumber transmisi datanya. Pembagian ini kemudian masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu Terpusat dan Terdistribusi. Jenis jaringan ini merupakan jenis yang terdiri dari komputer klien dan juga server. Selanjutnya salah satu dari komputer yang dimiliki oleh klien menjadi komputer yang berfungsi sebagai perantara sehingga bisa digunakan untuk mengakses komputer yang menjadi sumber informasi di jaringan tersebut.

Jenis kedua untuk jaringan yang berdasarkan distribusi sumber adalah Jaringan Terdistribusi. Jenis jaringan yang satu ini menjadi satu jenis perpaduan antara beberapa jenis jaringan yang terpusat sehingga pada satu jaringan memiliki beberapa komputer server dengan saling berhubungan antara klien sehingga membentuk sistem dengan jaringan tertentu.

Ilmu komputer terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Maka bisa saja ke depannya ada semakin banyak jaringan komputer yang hadir dan mempermudah kehidupan manusia secara global.

1 komentar:

avatar
agen resmi m-bio delete 18 Maret, 2018

bedanya sama topologi komputer apa bos?

Balas

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.