08 Januari 2018

Cara Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik

Komputer merupakan sebuah alat yang kerap kita gunakan dalam berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan di perkantoran, advertising, gaming hingga pekerjaan rumah atau tugas-tugas di sekolah. Bahkan penggunaannya tidak hanya mereka yang telah bekerja di perusahaan-perusahaan besar saja namun anak sekolah juga sudah dituntut supaya bisa mengoperasikan PC dengan baik supaya nantinya tidak ketinggalan zaman atau gaptek.

Hal inilah yang menjadikan masyarakat ingin mempunyai PC sendiri agar dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu ke luar rumah, sebagai anak sekolah pasti digunakan untuk pembelajaran dan tugas-tugas. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban sang pemilik PC untuk merawat serta membersihkannya dengan baik agar kondisinya tetap terjaga dengan baik dan awet. Adapun cara tersebut akan kami ulas secara lengkap dibawah ini.
Cara Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik
Sumber: grahamcluley.com

Cara Merawat dan Membersihkan Komputer dengan Baik


Tutup Program yang Tidak Terpakai

Sebagian besar pengguna PC kerap melakukan tab dan membuka aplikasi namun ketika program tersebut tidak dijalankan tetap dibiarkan dan tidak langsung menutupnya. Kebiasaan ini akan menjadikan kebutuhan memori (RAM) semakin banyak. Oleh karena itu, sebaiknya jika program sudah tidak terpakai langsung ditutup karena dampak buruknya yaitu dapat menjadikan kinerja PC lemot atau lambat karena terlalu banyak beban.

Gunakan Stablilizer atau UPS

Penggunaan UPS pada sebuah PC dapat mencegah kerusakan Komputer, khusunya pada bagian hard disk yang disebabkan oleh listrik padam secara tiba-tiba. Selain itu, penggunaan stabilizer juga dapat menjadikan tegangan listrik lebih stabil. Untuk itu dengan menggunakan stabilizer atau UPS dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Pengontrolan Suhu secara Tepat

PC yang terlalu sering digunakan dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan panas yang berlebihan. Oleh karena itu, tetap dilakukan pengontrolan suhu di ruangan Anda meletakkan PC agar tidak terlalu panas. Sebaiknya, ruangan tersebut terdapat ventilasi, terdapat kipas angin yang lokasinya berdekatan dengan CPU dan monitor supaya tidak terlalu panas.

Instal Aplikasi Antivirus dan Selalu Update 

Aplikasi antivirus memang sangatlah dibutuhkan untuk menghapus serta mencegah virus yang akan bertengger di PC. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan update antivirus secara rutin. Namun, perlu diingat Anda cukup memilih salah satu antivirus terbaik yang memang terbukti dapat membasmi virus. Mengingat, saat ini banyak aplikasi antivirus yang tidak dapat bekerja dengan baik.

Sebaiknya Uninstal Aplikasi atau Program yang tidak Terpakai

Banyaknya program atau aplikasi-aplikasi yang terpasang di Komputer akan memakan banyak ruang harddisk sehingga menjadikan proses read maupun write menjadi lambat. Hal ini akan berakibat beban kerja pada PC akan menjadi berat dan secara perlahan akan membuat harddisk menjadi rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi. Oleh karena itu, sebaiknya aplikasi atau progaram yang tidak begitu penting di uninstal saja.

Membersihkan PC secara Rutin

Membersihkan PC memang suatu keharusan untuk dilakukan, khususnya pada bagian CPU. Bagian ini, minimal tiga bulan sekali harus rutin dibersihkan. Jika terlalu lama dibiarkan maka akan terdapat debu yang menempel sehingga menjadikan PC rusak. Caranya sangatlah praktis karena Anda cukup membersihkan dengan sikat yang halus.

Matikan Komputer Saat Hujan

Perawatan PC ini mengarah pada pengaruh cuaca, dalam artian ketika PC dinyalakan pada situasi hujan dan masih terkoneksi dengan wireless maupun modem maka dikhawatirkan akan terkena petir. Oleh karena itu, sebaiknya jika turun hujan matikan PC  terlebih dahulu agar lebih aman dan tidak membahayakan keselamatan pengguna.

Gunakan Kabel Ground

Bagian luar pada CPU saat kita menyentuhnya maka akan terdapat aliran listrik yang berbahaya. Dimana, bagi siapa saja yang menyentuhnya maka dapat kesetrum. Oleh karena itu, untuk menghindari aliran listrik di CPU Anda cukup memasang kabel Ground.

Mematikan PC dengan Benar

Apakah Anda pernah mematikan komputer secara paksa dan hanya menekan tombol ON/OFF nya saja? Jika pernah sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini. Lantaran hal ini daat membuat PC rusak secara cepat. Adapun langkah mematikan komputer tidaklah sulit Anda cukup menekan tombol windows dan pilih shutdown atau bisa juga dengan menekan tombol Alt F4 secara bersamaan lalu pilih shutdown.

Bersihkan File Sampah

Sebagian besar orang saat menggunakan Komputer pasti pernah melakukan hapus file, folder, aplikasi dan lainnya. Akan tetapi file tersebut tidak secara otomatis terhapus dari data di PC, melainkan akan ditampung terlebih dahulu di recycle Bin. Hal ini bertujuan saat pengguna atau pemakai PC akan mengembalikan file atau data masih dapat di restore kembali. Oleh karena itu, jika sekiranya file, aplikasi atau folder yang telah dihapus tidak diperlukan lagi maka pada recycle bin sebaiknya dibersihkan saja dengan cara menghapusnya.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam melakukan perawatan Komputer dengan baik. Sementara untuk membersihkannya, pada dasarnya pembersihan PC dilakukan dengan menggunakan pembersih khusus seperti cairan, sikat yang halus hingga kain lembut. Lakukan perawatan PC Anda secara rutin agar tetap terjaga kondisi dan fungsi dari PC secara baik.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.