01 Januari 2018

Cara Mencerahkan Layar Laptop Windows 10

Mencerahkan layar laptop merupakan suatu keharusan yang dilakukan untuk membuat nyaman ketika sedang menggunakan laptop. Tingkat kecerahan layar harus disesuaikan dengan kondisi disekitar dan kenyamanan mata ketika memandang layar laptop. Dikondisi sekitar yang gelap, tentu kita harus menaikkan tingkat kecerahan layar agar kita bisa melihat tampilan di layar laptop dengan jelas.

Untuk penggunaan tingkat kecerahan ini akan berbeda-beda setiap orang karena itu semua tergantung kenyamanan masing-masing. Yang harus dipertimbangkan adalah kenyamanan mata ketika menatap layar laptop. Pastikan tingkat kecerahan layar laptop Anda tidak terlalu mencolok sehingga menyebabkan mata menjadi sakit yang kemudian dapat mengancam kesehatan mata.

Mungkin diantara teman-teman banyak yang menginginkan laptop yang memiliki fitur Auto Brightness. Fitur ini akan secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar dengan kondisi pencahayaan disekitar. Jadi, kalau ada fitur ini Anda tidak perlu lagi mengatur kecerahan layar laptop secara manual.

Baca juga: Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Windows 10

Mencerahkan layar laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara. Oh iya, tutorial kali dilakukan di sistem operasi Windows 10. Langsung saja, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pastikan driver VGA telah terinstal. Jika belum di instal, maka proses mengatur kecerahan layar ini tidak bisa dilakukan.

Cara Mencerahkan Layar Laptop


1. Menggunakan Tombol pada Keyboard

Cara cepat untuk mencerahkan layar laptop adalah dengan menggunakan tombol pada keyboard. Biasanya setiap laptop sudah memiliki tombol khusus pengaturan brightness. Jadi, perhatikan baik-baik dimana letak tombol pengaturan brightness yang ada di laptop Anda.
Menggunakan Tombol pada Keyboard

Tombol pengaturan brightness ini biasanya bisa digunakan langsung atau menggunakan kombinasi dengan tombol lain, misalnya berkombinasi dengan tombol Fn atau tombol lainnya sesuai dengan brand laptop Anda.

2. Melalui Control Panel

  • Klik Search Windows.
  • Ketikkan dan pilih Control Panel.
  • Pilih Hardware and Sound.
  • Kemudian pilih Power Options.
  • Selanjutnya pada Screen brightness yang ada di bawah, Anda tinggal melakukan slide ke kanan untuk mencerahkan layar dan ke kiri untuk meredupkan layar.
Melalui Control Panel

3. Melalui Menu Settings

  • Klik kanan pada Start Menu.
  • Pilih Settings.
  • Kemudian pilih System.
  • Selanjutnya pilih Display.
  • Pada Change brightness, Anda tinggal melakukan slide ke kanan untuk mencerahkan layar dan ke kiri untuk meredupkan layar.
Melalui Menu Settings

4. Melalui icon Baterai pada Taskbar

Klik icon baterai pada taskbar. Biasanya letak icon baterai ini dibagian kanan bawah taskbar. Klik pada opsi untuk mengatur kecerahan layar. Setiap sekali klik maka persentasi akan naik 25%. Jika sudah mencapai angka maksimal (100%) maka persentasi akan kembali lagi ke 0%.
Melalui icon Baterai pada Taskbar

5. Melalui Action Center

Sama halnya dengan mengatur kecerahan layar melalui icon baterai pada taskbar, cara mengatur kecerahan layar yang lebih cepat dan mudah adalah melalui Action Center. Buka Action Center (WinKey + A), kemudian pada menu Quick Actions, Anda bisa mengatur tingkat kecerahan dengan mengklik pada opsi untuk mengatur kecerahan layar. Setiap sekali klik maka persentasi akan naik 25%. Jika sudah mencapai angka maksimal (100%) maka persentasi akan kembali lagi ke 0%. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.
Melalui Action Center

Apakah sudah berhasil untuk mencerahkan layar laptop? Atau masih kebingungan? Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.