27 Desember 2017

Waspada! Ini Dampak Negatif Ilmu komputer

Semakin majunya ilmu komputer tentunya akan semakin memudahkan setiap manusia. Bagaimana tidak, saat ini hampir segala sesuatu dapat diakses melalui komputer. Namun, semakin berkembangnya ilmu ini memunculkan berbagai kekhawatiran bagi banyak orang.

Banyak orang yang mulai mencemaskan jika kecanggihan ilmu komputer disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, sebagai pengguna yang baik, Anda harus bisa menjaga diri dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh ilmu komputer yang semakin canggih.

Hal ini karena, pengaruh ilmu komputer yang negatif dapat tertanam dalam diri seseorang dan dapat menimbulkan kecanduan.

Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya game online dan video porno yang meresahkan banyak masyarakat. Seseorang yang sudah kecanduan dua hal tersebut akan sulit untuk disembuhkan.

Waspada! Ini Dampak Negatif Ilmu komputer

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan ilmu komputer yang semakin maju.

1. Siswa Malas Belajar

Dampak negatif pertama datang dari dunia pendidikan. Munculnya game online yang dapat diakses di berbagai warnet membuat para siswa rela untuk membolos sekolah hanya untuk memainkan game ini.

Tentunya hal ini sangatlah tidak baik bagi perkembangan psikologis anak. Apalagi anak menjadi pribadi yang tidak jujur karena berangkat dari rumah pamit ke sekolah namun nyatanya tidak sampai ke sekolah.

Tidak hanya itu saja, adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan masih banyak lainnya membuat para siswa malas untuk belajar. Hal ini disebabkan ketika seseorang membuka media sosial maka ia akan hanyut ke dalam media sosial tersebut. Sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar digunakan untuk berselancar di dunia maya.

Apalagi siswa saat ini yang diperbolehkan untuk membawa HP ke sekolah, tentunya hal ini akan mengganggu. pasalnya siswa akan mencuri-curi kesempatan untuk mengoperasikan HP yang dibawa dan tidak akan fokus terhadap pelajaran yang sedang disampaikan. Sehingga hasil belajar siswa akan menurun.


2. Kerahasiaan Data Penting Dunia Pendidikan Terancam

Sering kali diberitakan bahwa soal Ujian Nasional sering mengalami kebocoran. Hal ini sering disebabkan oleh perkembangan ilmu komputer yang semakin canggih. Banyak orang yang mulai bisa mengakses kunci jawaban dengan mudah dengan menggunakan ilmu komputer.

Dari sinilah kerahasiaan alat tes semakin terancam keamanannya. Bahkan banyak pula orang yang dapat mengakses informasi daerah yang penting. Tentunya hal ini sangat berbahaya, dan hal ini dipengaruhi oleh semakin canggihnya ilmu komputer saat ini.


3. Penyalahgunaan Sistem Pengolahan Data

Saat ini melakukan pengolahan data sangat mudah menggunakan ilmu komputer. Banyaknya muncul aplikasi pengolah data membuat orang dimanjakan dan sering melakukan kecurangan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh orang-orang khusus saja. Melainkan para siswa dan mahasiswa juga jerap melakukan hal tersebut.

Biasanya kecurangan pada pengolahan data dilakukan pada saat melakukan analisis penelitian. Misalnya saja dengan memanipulasi data hanya demi mempermudah dan menguntungkan diri sendiri. Ini merupakan salah satu contoh yang tidak boleh ditiru yang disebabkan oleh semakin majunya perkembangan ilmu komputer.

Menguasai ilmu komputer memang merupakan hal yang baik jika dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. Namun jika ilmu komputer yang dimiliki digunakan pada hal-hal yang negatif tentunya tidak akan bermanfaat karena dapat merugikan banyak orang.

Sebaiknya jika punya ilmu, bagikanlah ilmu tersebut kepada orang dengan jalan yang baik. Hal ini bertujuan agar ilmu yang dimiliki bermanfaat.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.