24 Desember 2017

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis

Bagi Anda yang bekerja di sektor desain grafis maka pemilihan spesifikasi komputer desain grafis yang tepat merupakan suatu jaminan dalam memberikan kemudahan serta kelancaran dalam bekerja.

Menggeluti dunia desain yang profesional tentu sebuah keharusan untuk memiliki pemahaman spesifikasi PC yang digunakan khusus untuk melakukan desain grafis, meskipun pada umumnya Anda tetap bisa menggunakan PC standar namun terkadang spesifikasi yang dibutuhkan berbeda dengan PC pada umumnya.

Performa perangkat PC yang mumpuni serta tahan segala medan saat digunakan tentu harus dimiliki. Sehingga sebaiknya Anda jangan menggunakan PC yang berstandar rendah dan tidak tahan lama sehingga mengakibatkan harus melakukan perawatan berulang kali dengan kondisi kerja yang tidak kondusif.

Untuk itu ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membeli PC untuk keperluan desain grafis. Berikut ini, kami paparkan beberapa tips dalam memilih spesifikasi PC yang dapat Anda coba.

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis

Tips Memilih Spesifikasi Komputer untuk Desain Grafis


Menentukan Anggaran atau Budget

Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memilih spesifikasi PC untuk desain grafis adalah menentukan budgetnya terlebih dahulu. Dimana, budget rata-rata yang harus dipersiapkan untuk membeli PC desain grafis adalah 8 hingga 10 juta. Untuk standar harga ini Anda sudah dapat memiliki PC dengan spesifikasi yang bagus dan dapat bertahan kurang lebih selama 5 tahun.


Tentukan Kegunaan PC Desain Grafis

Seperti yang kita ketahui bahwa desain grafis memiliki berbagai jenis software yang sangat beragam dengan kegunaannya satu sama lainnya berbeda. Seperti ada yang dipakai untuk render video atau ending, ada yang digunakan untuk mendesain atau menggambar saja dan lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan sebenarnya Komputer yang akan dipilih untuk bagian pekerjaan desain yang seperti apa? Hal ini bertujuan agar lebih memudahkan Anda saat bekerja sehingga lebih efektif dan efisien.

Contoh, Anda membutuhkan PC untuk kegiatan khusus video baik itu editing ataupun render maka sebaiknya perhatikan processor yang digunakan. Kami recomendasikan khusus video sebaiknya pilih processor core i7 yang dapat memberikan kemampuan jauh lebih cepat. Namun, jika hanya digunakan untuk editing pada CorelDraw atau photoshop maka core i5 sudah cukup.

Laptop VS PC Desktop

Sebagian besar dari Anda pasti pernah merasa bingung, antara ingin membeli laptop atau PC desktop? Hal ini tentu tergantung dari kepribadian masing-masing dalam artian ada orang yang menyukai dengan mendesain di mobile namun ada pula yang suka bekerja di kantor.

Oleh karena itu, Anda harus memahami betul apakah pekerjaan Anda sebagai desain grafis kerap melakukan bepergian atau tidak? Jika Ya, maka yang dibutuhkan Anda adalah laptop, sementara jika Anda lebih sering di kantor maka sebaiknya pilih komputer desktop.

Harga yang ditawarkan pada PC jauh lebih murah dengan hasil spesifikasi PC lebih bagus jika dibandingkan dengan budget yang sama. Meskipun secara teknis sama-sama intel core i7 namun pada kenyataannya jika digunakan di PC dan laptop sudah beda, PC jauh lebih cepat jika dibandingkan laptop jika pemanfaatannya untuk desain grafis.

Ketahui Komponen Utama untuk Desain Grafis 


Komponen penting dari Komputer Grafis yaitu terdiri dari Processor, Memori serta Graphic Card. Jika Anda memilih PC atas dasar tiga komponen tersebut maka performanya jauh lebih bagus. Untuk lebih mudah memahami maka kami akan membahas secara detail dari ketiga komponen utama tersebut.

Processor

Seperti yang kita ketahui bahwa processor yang merajalela dan paling booming yaitu dua merek terkenal dari Intel dan AMD. Bahkan tidak sedikit para desain grafis yang merekomendasikan processor intel jika khusus digunakan untuk mendesain grafis.
Adapun kebutuhan desain yang disarankan yaitu Intel Core i7 hal ini karena kecepatan yang dimilikinya sudah tidak perlu diragukan lagi sehingga kecepatan kerja Anda juga jauh lebih meningkat.

Baca juga: Tipe Processor Komputer Terbaik dari Intel dan AMD

Memory

Tidak hanya pemilihan pada prosessornya saja, namun Anda juga harus mempertimbangkan memori yang akan digunakan. Semakin besar ukuran memori yang digunakan maka kinerja atau loading Komputer akan semakin cepat.

Baca juga: Tips Upgrade RAM Laptop

Oleh karena itu, sebaiknya pilih PC khusus desain grafis yang memiliki kapasitas memori tinggi seperti corsair, vengeance atau yang sudah menggunakan head spreader. Sebaiknya, Anda juga harus menggunakan motherboard yang memiliki slot memori 4 jadi Anda dapat menggunakan memori jauh lebih banyak.

Graphic Card

Karena Anda berkecimpung di dunia desain grafis maka Anda harus menggunakan graphic card agar performa yang dihasilkan jauh lebih maksimal. Adapun beberapa merek graphic card seperti MSI, Gigabyte dan Asus. Pada dasarnya chip yang digunakan mereka tidak NVIDIA, sehingga pastikan Anda harus lebih teliti lagi dalam memilih tipe Ati radeon dan NVIDIA nya.

Jika Anda memperhatikan spesifikasi komputer desain grafis secara tepat maka akan menghasilkan kualitas desain yang jauh lebih maksimal, kami rasa menggunakan PC berstandar desain grafis yang harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan PC pada umumnya bukan suatu masalah mengingat kontribusi yang diberikan oleh PC desain grafis juga jauh lebih optimal.

1 comments:

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

  1. Waktu lbh byk d rumah...jika PC tlg d share spech nya apa aj klo kita cuma pngen design d corel draw atau photoshop...dan budgetnya kira kira brpn y.
    Makasih buat masukanya kk..��

    BalasHapus