23 Desember 2017

Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming
Komputer merupakan sebuah alat teknologi yang biasa dimanfaatkan seseorang dalam membantu pekerjaan agar lebih efektif dan efisien. Namun, seiring berkembangnya teknologi keberadaan PC atau laptop juga kerap digunakan untuk gaming.

Bagi Anda yang memanfaatkan keberadaan PC hanya untuk ngegame, sebaiknya perhatikan processor yang akan digunakan. Hal ini karena dapat mempengaruhi kinerja PC saat Anda bermain game.

Processor saat ini telah tersebar luas mulai dari AMD dan Intel sehingga bagi mereka yang ingin membelinya kerap merasa kebingungan.

Akan tetapi, sebagai bahan pertimbangan dalam memilih processor gaming Anda harus mempertimbangkan fitur, model, kecepatan serta merknya.

Jika Anda berfikir bahwa processor yang mahal adalah yang tepat untuk gaming, sebaiknya hilangkan pikiran itu jauh-jauh. Hal ini karena, tidak sepenuhnya benar yang terpenting adalah dengan mempertimbangkan motherboard. Mengingat, tidak semua processor dapat bekerja dengan seluruh motherboard.

Apa saja yang menjadi pertimbangan saat ingin membeli processor atau CPU untuk gaming? Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Memilih CPU atau Processor Terbaik untuk Komputer Gaming


Merk Processor

Merk processor yang telah beredar dipasaran terdiri dari AMD dan Intel, kedua perusahaan besar ini memang mendominasi pada kelas processor di dunia. Selain itu, kedua merk ini juga mempunyai kualitas processor yang baik dan tidak perlu diragukan lagi. Meskipun begitu, Anda tetap harus memilih salah satu dari kedua. Adapun mengenai harga dan jenis processor sangatlah beragam.

Seperti yang kita ketahui bahwa perusaan Intel meluncurkan beberapa jenis processor diantaranya Intel Core i7 dan Intel Core i5. Sementara pesaingnya yaitu AMD meluncurkan Processor Phenom serta FX.

Untuk mempertimbangkan Anda akan memilih merk yang mana maka dapat dipertimbangkan dengan kebutuhan serta budget yang ada. Umumnya harga processor AMD jauh lebih murah jika dibandingkan dengan intel.

Mempertimbangkan Kinerja dari Processor

Meskipun kedua merk tersebut, Intel dan AMD mempunyai kinerja yang bagus akan tetapi kinerja dari processor Intel jauh lebih baik. Jadi Anda dapat memilih processor terbaik untuk Komputer gaming dari Intel Core i5 dan Intel Core i7. Kedua processor ini memang sangat recommended untuk permainan game. Dari kedua tipe processor intel tersebut yang mempunyai kinerja jauh lebih cepat adalah intel core i7. Apabila permainan game ingin terasa lebih asyik maka solusinya pilih intel Core i7 dengan harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan intel Core i5.

Mempertimbangkan Inti Processor (Core)

Kita sering mendengar istilah dual core pada sebuah teknologi, lantas sebenarnya apa maksud dari core ini. Core biasa disebut dengan inti processor, yang dimaksud dengan dual core yaitu processor memilih dua buah inti. Bagi Anda para pemakai Chipset LGA 775 kami sarankan untuk memilih Processor dengan teknologi paling tinggi pada socket yaitu Core 2 Quad yang mempunyai 4 core.

Sementara untuk pengguna LGA 1150 keatas sebaiknya gunakan ore i3 keatas, sementara untuk Pengguna processor Komputer AMD AM3 sebaiknya pilih procie Vishera FX atau phenom.

Perhatikan Overclocking

Setelah Anda mendapatkan gambaran mengenai core yang sebaiknya digunakan, Anda juga harus melihat apakah processor tersebut dapat melakukan overclocking atau tidak. Overclocking merupakan suatu cara dalam meningkatkan kecepatan standar dari suatu processor. Sebagai contoh, kecepatan standar processor pada  Komputer yaitu 3,4 GHz maka dapat ditingkatkan sampai 3.9 GHz. Dengan persyaratan, Anda harus memilih atau memakai pendingin yang berkualitas. Adapun pendingin yang berkualtas dan recommended seperti Core tipe i5-4430, 4 Core Chace total 6Mb, 3.0Ghz mampu melakukan overclock sampai 4.6 Ghz.


Pemilihan Pendingin Processor yang Tepat

Komputer yang kerap digunakan untuk bermain game maka akan sangat mudah panas. Hal ini lantaran, processor pada PC tersebut menghasilkan panas sehingga sangat diperlukan pendingin processor yang tepat. Dengan pemilihan pendingin secara tepat maka dapat membuat processor yang panas menjadi dingin.

Processor yang menghasilkan rasa panas pada PC tentu dapat merusak komponen PC atau laptop Anda, begitu pula dengan processor yang digunakan. Oleh karenanya, Anda harus dapat memilih pendingin processor untuk gaming yang benar-benar berkualitas sehingga tidak memberikan efek overheating.

Pertimbangkan Ukuran Cache pada Processor

Cache yang digunakan pada setiap processor tentu sangatlah beragam, akan tetapi jika tujuan Anda adalah untuk gaming sebaiknya pilih cache yang  besar. sebagai contoh pada processor AMD untuk tipe FX-9590 telah mengusung 16 MB Cache, Intel Core untuk Tipe i5-4690K menggunakan 6 MB Cache, Processor AMD untuk Tipe FX-8320E sudah 8 MB Cache dan tidak tanggung-tanggung processor Intel Core untuk tipe i7-5820K sudah dilengkapi dengan 15 MB Cache.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memilih processor atau CPU untuk komputer gaming. Pada dasarnya processor yang mempunyai cache 2 MB dengan kecepatan rata-rata 2 GHz sudah cukup bagus untuk melakukan gaming. Namun, untuk mendapatkan kinerja yang lebih tinggi saat bermain game dapat memilih processor terbaik sesuai dengan motherboard yang ada pada PC.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.