28 Desember 2017

Tips Belajar Ilmu Komputer Mudah dan Menyenangkan

Seperti yang diketahui di zaman yang modern ini komputer menjadi salah satu hal yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Baik dari anak kecil hingga orang tua kebanyakan saat ini sudah bisa mengoperasikan komputer. Hal ini karena ilmu komputer mudah untuk dipelajari serta banyak manfaatnya.

Baca juga : Inilah Manfaat Mempelajari Ilmu komputer Bagi Kehidupan

Namun, meskipun begitu masih ada saja orang yang belum bisa menggunakannya. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan. Oleh sebab itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara mempelajari ilmu komputer dengan mudah dan menyenangkan. Sehingga Anda tidak perlu pusing dan stres untuk belajar ilmu ini.

Ini merupakan tips belajar ilmu komputer yang menyenangkan dan mudah khusus untuk pemula. Sebab pemula ketika baru menggunakan komputer pastinya akan merasa asing dan takut untuk mengoperasikannya.

Namun, jika hal tersebut digunakan secara terus menerus maka seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa dengan yang namanya komputer.

Sudah tidak sabar bukan? Berikut ini akan dijelaskan beberapa langkah-langkah yang paling dasar untuk mempelajari ilmu komputer.

Tips Belajar Ilmu Komputer Mudah dan Menyenangkan

1. Pakailah komputer sendiri

Sebaiknya pada saat belajar ilmu komputer gunakanlah komputer milik sendiri. Hal ini karena jika belajar menggunakan komputer milik sendiri prosesnya akan lebih mudah. Sebab, Anda tidak perlu takut jika komputer yang digunakan untuk belajar akan rusak atau ada masalah lainnya.

Selain itu, kelebihan mempelajari ilmu komputer dengan menggunakan komputer sendiri akan lebih fokus.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menentukan jadwal sesuka hati sehingga tidak perlu khawatir dikejar-kejar waktu. Anda juga bebas mau mempelajari yang mana sebab komputer tersebut milik sendiri.

2. Mengetahui dasar dari komputer

Sebelum mengetahui ilmu komputer lebih dalam, Anda harus mengetahui dasar dari komputer terlebih dahulu.

Fungsinya mempelajari dasar dari komputer adalah agar dapat mengetahui fungsi-fungsi dari setiap komponen yang ada pada komputer. Sehingga proses pembelajaran akan lebih mudah nantinya.

Adapun dasar dari komputer yaitu ada hardware, software, dan brainware. Hardware merupakan perangkat keras dari komputer.

Hardware ini bisa dilihat langsung oleh orang. Adapun macam-macam hardware yaitu CPU, Monitor, Mouse, Keyboard dan masih banyak lainnya.

Software merupakan perangkat lunak pada komputer, software ini bisa berbentuk berbagai aplikasi yang ada pada komputer. Selain itu, software tidak bisa disentuh secara langsung seperti halnya hardware.

Macam-macam software seperti sistem operasi komputer yang digunakan, misalnya Linux, Windows, Microsoft Office, Winamp, Antivirus dan masih banyak lainnya. Sedangkan brainware merupakan orang yang menggunakan komputer.


3. Sabar dan tekun

Dalam mempelajari ilmu komputer dibutuhkan ketekunan dan kesabaran. Memang belajar komputer jika tidak dilakukan dengan serius tidak mudah diserap.

Pastikan saat pembimbing mengajarkan bagaimana langkah-langkah dalam penggunaan komputer, Anda memperhatikannya dengan seksama. Sebab jika tertinggal satu langkah saja, maka hal yang sedang dilakukan tidak akan berhasil.

4. Mulai mempelajari shortcut computer

Agar pembelajaran komputer lebih cepat dan mudah, ada baiknya jika Anda mempelajari dan menghafalkan apa saja shortcut computer. Hal ini bertujuan agar dalam penggunaan komputer akan lebih cepat. Apalagi jika terlalu banyak perintah yang diinginkan, tentunya shortcut ini akan sangat membantu.

Ada beberapa shortcut komputer yang bisa digunakan, salah satunya adalah sebagai berikut.

  • CTRL + C (fungsinya menyalin atau mengopi item)
  • CTRL + x (fungsinya memotong atau meng-cut item)
  • CTRL + V (fungsinya mem-paste item) dan masih banyak lainnya.

Baca juga : 10 Tips Agar Cepat Belajar Ilmu Komputer yang Wajib Anda Ketahui

Dengan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dalam mempelajari ilmu komputer di atas. Maka pembelajaran komputer yang dilakukan akan lebih mudah dan menyenangkan. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu dan bermanfaat.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.