29 Desember 2017

Teknik Perawatan Agar Laptop Memiliki Kinerja yang Cepat

Laptop kini menjadi pilihan yang tepat untuk semua orang, sebab seiring dengan perkembangan teknologi serta kebutuhan sebagian besar orang akan adanya komputer yang berubah bentuk menciut dan mudah untuk dibawa ke mana-mana. Saat ini banyak orang menggunakan dan bukan lagi menjadi barang yang mewah, karena mengingat kebutuhan akan teknologi yang semakin tahun semakin pesat.

Benda ini juga ditawarkan dengan berbagai variasi yang dimulai dari merek standar sampai merek premium. Sedangkan mengenai harga dan spesifikasi sangat bergantung pada merek yang dimiliki. Meskipun demikian seiring dengan jalannya waktu, komputer yang mudah dibawa ke mana-mana ini terkadang mengalami berbagai macam kendala yang mana sering kali berjalan lamban dan terkadang membuat pengguna merasa kesal.

Komputer yang mudah di tenteng ini dibagi menjadi dua fase untuk fase yang pertama yaitu berusia di bawah 3 tahun yang masih tergolong baru dan memiliki fitur dan spesifikasi yang terbaru juga. Dan yang kedua adalah jenis di atas 3 tahun yang tentunya jenis yang lampau atau lama. Keduanya memang tidak dipungkiri akan mengalami kendala seperti lemot atau berjalan lamban.

Teknik Perawatan Agar Laptop Memiliki Kinerja yang Cepat

Tips Merawat Laptop Agar Tidak Berjalan Lamban


Uninstal Semua Aplikasi yang Tidak Terpakai

Salah satu penyebab berjalan lambat adalah disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal, akibatnya Drive C yang ada menjadi penuh dan menjadikan sistem yang ada menjadi terlalu lama ketika membaca hard disk. Hal ini pun menjadi penyebab pembacaan data pada hard disk perlu waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan pembacaan biasanya.

Baca juga : Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Windows 10

Langkah ini paling ampuh untuk dilakukan tindakan Uninstal pada aplikasi yang jarang di gunakan. Biasanya aplikasi yang tidak digunakan secara tidak sengaja terinstal pada saat Anda sedang asyik berselancar serta melakukan download pada konten dari website yang ternyata secara tanpa di sadari justru telah menginstal program yang tidak diperlukan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Performa Laptop #3 - Hapus Aplikasi yang Tidak Penting atau Jarang Digunakan

Membersihkan Desktop

Saking banyaknya aplikasi yang ada pada desktop juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop menjadi berjalan lambat. Jika Anda memiliki kapasitas memori yang besar  tentunya tidak menjadi masalah. Namun ada kalanya terkadang terlalu banyak aplikasi yang terdapat pada desktop bisa menyebabkan terlalu lama pada saat merespons sesuatu yang dikerjakan pengguna.

Gunakan Aplikasi yang Pelu Saja

Penggunaan RAM terlalu berlebihan pun merupakan faktor penyebab lambatnya laptop. Biasanya hal ini akan ada pada saat pengguna terlalu banyak membuka aplikasi dengan kapasitas berat dalam sekali pencarian, misalkan bermain game yang disambi memutar musik. Oleh sebab itu, lakukanlah pembersihan RAM pada komputer secara berkala dengan menutup aplikasi maupun memakai task manager.

Remove Aplikasi Pada Startup

Startup adalah suatu keadaan pada saat laptop mulai beroperasi. Biasanya pada saat melakukan startup, aplikasi yang akan dijalankan merupakan beberapa aplikasi penting, yaitu anti virus. Selalu usaha untuk tidak memakai banyak aplikasi yang akan masuk ke dalam startup, sebab hal ini justru akan menjadikan aplikasi yang ada akan working in background, dan akan memakan banyak kapasitas dari RAM.

Memakai Aplikasi Sesuai Memori

Pengguna pastinya diharuskan untuk mengetahui spesifikasi yang ada pada laptop yang dimiliki, pengguna juga harus menginstal beberapa aplikasi yang memang sesuai dengan spesifikasi. Jika Anda memang perlu menginstal aplikasi tidak sesuai pada spesifikasi yang ada maka jangan merasa heran jika nantinya akan terjadi kinerja yang lambat walaupun baru dipunyai.

Rutin Scanning Virus

Degan melakukan scanning virus maka Anda telah melakukan salah satu hal yang cukup penting serta hal yang memang wajib dilakukan oleh pengguna. Sebab beberapa virus mungkin saja akan menyebabkan memori dari RAM menjadi semakin sempit, akibatnya akan memicu kelambatan. Dengan demikian, penggunaan anti virus memang hal yang sangat penting yang digunakan untuk membantu menjaga performa yang ada.

Tambahkan Kapasitas RAM

Langkah lain yang dapat dipakai untuk mengobati penyakit lambat adalah dengan melalukan penambahan kapasitas pada RAM. Kapasitas RAM komputer dengan ukuran yang lebih besar, dapat diartikan sebagai acara untuk memperbaiki proses pembacaan prosesor.

Baca juga : Tips Upgrade RAM Laptop

Hal ini memang akan sangat membantu untuk meringankan kinerja laptop, sehingga bisa mengurangi adanya gejala kinerja yang lambat. Tapi hal yang perlu diperhatikan lebih khusus adalah spesifikasi dan kapasitas maksimal dari RAM yang dapat diaplikasikan.

Baca juga : Tips Meningkatkan Performa Laptop #2 - Perbesar Kapasitas RAM

Bersihkan Drive C Serta Uninstal Aplikasi Besar

Pembersihan pada drive C merupakan hal yang tidak kalah penting, selain membersihkan drive C Anda juga bisa melakukan proses Uninstal pada program serta aplikasi yang cukup berat. Sebab seiring dengan bertambah usia bisa menjadikan performa kinerja juga akan ikut menurun, akibatnya dibutuhkan pembersihan pada aplikasi berkapasitas berat serta memakan memori yang besar.

Kinerja maupun performa yang lambat bisa saja terjadi pada berbagai jenis laptop walaupun tergolong baru maupun sudah lama. Sebab pada dasarnya pemakaian yang salah juga dapat memicu lambatnya kinerja yang ada oleh sebab itu akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa tips di atas agar performa dan kinerja yang ada berjalan cepat.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.