09 Desember 2017

Perbedaan Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi

Ilmu komputer dan sistem informasi kini menjadi jurusan pada universitas yang paling membuat bingung para calon mahasiswa pada saat memilih salah satu. Pasalnya kebanyakan orang masih belum begitu paham diantara keduanya bahkan banyak juga yang menganggap bahwa kedua cabang ilmu teknologi informasi tersebut adalah sama dan tidak ada perbedaan yang mencolok di dalamnya.

Baca juga : Dasar-Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer yang Harus Dipahami

Namun pendapat tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, sebab pada dasarnya kedua cabang ilmu tersebut memang ilmu yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari berbagai sudut. Misalkan dari ilmu yang diajarkan, rancangan yang akan digunakan pada kebutuhan yang berbeda dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sebelum Anda memutuskan untuk memilih salah satu diantara keduanya, akan lebih baik jika mempelajari perbedaan yang ada di dalamnya.

Perbedaan Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi

Perbedaan Ilmu Komputer dengan Sistem Informasi


Perancangan Pemenuhan Kebutuhan

Perbedaan yang pertama terletak pada pemenuhan kebutuhan yang akan dirancang untuk masa yang akan datang saat diaplikasikan pada kehidupan nyata. Ada teknik informatika pada dasarnya cabang ilmu ini dirancang dan diperuntukkan bagi Anda yang ingin terjun untuk memenuhi kebutuhan sebagai calon tenaga kerja muda yang terampil serta profesional  dalam bisa teknologi dan juga informasi.

Namun, hal tersebut akan terasa berbeda ketika Anda memilih untuk memilih sistem informasi diantara keduanya. Hal ini disebabkan jurusan ini memang dirancang sebagai cabang ilmu yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan adanya tenaga yang terampil serta profesional. Kaitan dengan tenaga tersebut diutamakan adalah tenaga kerja yang mahir pada pengembangan, pemanfaatan ilmu dan juga pada hal pengelolaan sistem informasi yang ada pada suatu organisasi baik besar maupun kecil.

Cakupan Ilmu yang Diajarkan

Perbedaan kedua antara jurusan ilmu komputer atau teknik informatika dengan jurusan sistem informasi terletak pada cakupan ilmu yang diajarkan. Teknik informatika sendiri ilmu yang diajarkan mencakup berbagai informasi yang cukup luas serta mengenai fondasi teoretis tentang cara komputer dapat bekerja secara menyeluruh.

Sedangkan pada cabang sistem informasi ilmu yang akan diajarkan mencakup berbagai macam fondasi yang bisa diaplikasikan pada dunia bisnis yang kompleks. Ilmu ini dapat diaplikasikan pada dunia bisnis diantaranya pada ilmu administrasi bisnis, ilmu prinsip manajemen pada sistem informatika, sistem informasi pada akuntansi, sistem informasi sebuah perusahaan, sebuah pemrograman yang dilakukan secara berkala dan juga berbagai macam lainnya.

Pemrograman yang Diaplikasikan 

Perbedaan yang selanjutnya dari ilmu komputer atau teknik informatika dengan sistem informasi adalah dilihat pada rancangan pemrograman. Untuk teknik informatika, akan merancang sebuah pemrograman yang nantinya bisa menjadi dasar mengenai pengembangan software sampai pada pemutakhiran aplikasi dengan basis kecerdasan buatan, basis robotika, basis bioinformatika, basis pengolahan informasi basis multimedia, basis keamanan jaringan, basis data mining, basis pengolahan big data maupun data science, dan lain sebagainya.

Ilmu yang Diajarkan 

Tidak jarang orang yang sering menyatakan bahwa di jurusan keduanya nantinya akan menjadi orang akan merancang komputer, merakit sebuah laptop. Namun pernyataan tersebut salah besar, pada dasarnya kedua jurusan tersebut memiliki tugas yang hampir sama yaitu membuat sebuah inti maupun otak pada sebuah berangkat. Biasanya, lulusan ini akan membuat sebuah chip maupun prosesor yang ada pada sebuah perangkat.

Jika Anda memang masih bingung memilih antara jurusan ilmu komputer dengan sistem informasi maka pelajari hal yang ada di atas, sehingga Anda akan tahu jurusan mana yang lebih condong dan sesuai degan ketrampilan dan kebutaan yang Anda miliki.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.