20 Desember 2017

10 Tips Agar Cepat Belajar Ilmu Komputer yang Wajib Anda Ketahui

10 tips agar cepat belajar Ilmu Komputer bisa dijadikan solusi bagi Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara cepat belajar komputer dengan mudah. Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk belajar komputer. Namun meskipun demikian, tujuan yang ingin mereka capai tentunya sama yaitu agar bisa menguasai Ilmu Komputer.

Baca juga : Dasar-Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer yang Harus Dipahami

Ada beberapa cara atau metode yang bisa digunakan agar Anda bisa belajar komputer dengan cepat dan mudah secara umum, salah satunya yaitu dengan mempelajari komputer dengan cara notabene yaitu ilmu praktik atau praktik. Dalam menggunakan metode ini, Anda tidak hanya belajar secara teori saja, namun juga secara praktik.

Dari cara tersebut masih ada banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan agar bisa menguasai Ilmu Komputer dengan cepat. Ada 10 tips belajar komputer dengan cepat diantaranya adalah tentukan tujuan, niat, gunakan komputer milik pribadi, mulai belajar dari buku, cari sumber ilmu tanpa batas, menggunakan metode yang tepat, berguru pada teman, catat ilmu yang dimiliki, konsisten dan jangan pelit. Berikut penjelasan secara lengkapnya.

10 Tips Agar Cepat Belajar Ilmu Komputer yang Wajib Anda Ketahui

10 Tips Agar Cepat Belajar Ilmu Komputer yang Wajib Anda Ketahui


1. Tentukan Tujuan 

Jika setiap kegiatan yang akan Anda lakukan tidak memiliki tujuan maka akan sulit untuk mendapatkan keberhasilan dari kegiatan yang Anda lakukan. Oleh karena itu, tips belajar Ilmu Komputer pertama yang harus Anda tentukan yaitu tujuan. Karena Tujuan akan dijadikan sebagai acuan untuk menentukan cara atau langkah apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.

2. Niat 

Niat merupakan tips yang sangat penting agar bisa belajar komputer dengan cepat dan mudah. Karena dengan adanya niat untuk belajar, maka akan ada semangat yang kuat agar bisa mencapai tujuan. Oleh sebab itu, gunakan tujuan atau target yang akan Anda capai sebagai hal yang akan memunculkan niat belajar Anda untuk menguasai komputer.

3. Gunakan Komputer Milik Pribadi

Jika tujuan utama yang akan Anda capai dari belajar komputer hanya untuk mendapatkan sertifikat komputer saja, maka Anda tidak harus menerapkan tips ini. akan tetapi jika Anda memiliki tujuan agar bisa menguasai komputer dengan benar dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya membeli komputer sendiri agar belajar Anda bisa lebih efektif.

Khusus bagi pemula yang sedang belajar komputer cara ini sangat tepat agar lebih cepat untuk menguasai ilmu yang sudah didapatkan. Karena bagi pemula, tentu akan merasa kesulitan jika tidak memiliki komputer sendiri karena belajarnya harus dilakukan secara berulang-ulang.

4. Mulai Belajar dari Buku 

Bagi Anda yang mulai belajar komputer dari level menengah, maka cara ini tidak begitu disarankan karena bisa jadi Anda sudah tidak membutuhkan buku lagi karena sudah bisa belajar menggunakan internet. Namun bagi Anda yang baru saja akan belajar tentang komputer, maka belajar menggunakan buku sangat efektif karena belajarnya bisa dilakukan kapan saja dengan cara membuka buku yang dimiliki.

5. Cari Sumber Ilmu Tanpa Batas

Carilah sumber ilmu ataupun materi tentang komputer semampu Anda dan jangan dibatasi. Dari tips sebelumnya, Anda disarankan untuk menggunakan buku sebagai sumber untuk belajar. Akan tetapi Anda bisa menggunakan referensi lain untuk dijadikan sebagai sumber belajar misalnya menggunakan media-media sebagai cara agar bisa belajar komputer dengan mudah.

6. Menggunakan Metode Belajar yang Tepat 

Jika semua fasilitas belajar sudah tersedia semua, sumber ilmu yang akan digunakan untuk belajar sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya yaitu gunakan metode belajar yang tepat untuk dilakukan agar Anda bisa memperoleh hasil maksimal dari metode belajar komputer yang digunakan. Anda bisa menggunakan metode praktik agar bisa cepat menguasai Ilmu Komputer yang Anda pelajari.

7. Berguru Pada Teman 

Jika Anda memiliki teman yang sudah ahli dalam mempelajari komputer, maka Anda bisa jadikan ini sebagai kesempatan agar bisa belajar menguasai ilmu tentang komputer secara cepat. Karena teman bisa Anda jadikan sebagai guru yang sangat nyaman. Tips yang bisa Anda lakukan agar bisa berguru pada teman yaitu sangat mudah. Anda bisa bermain bersama, ngobrol sambil membahas ilmu tentang komputer.

8. Catat Ilmu yang Anda Miliki 

Cara ini sebenarnya tidak harus dilakukan bagi Anda yang memiliki daya ingat yang tajam. Namun jika Anda tetap ingin melakukan cara ini maka akan lebih bermanfaat karena manusia tidak lepas dari yang sifatnya yang pelupa. Oleh sebab itu, jika Anda mencatat ilmu yang sudah didapatkan namun di kemudian hari Anda lupa maka bisa sewaktu-waktu membuka catatan milik Anda.

9. Konsisten 

Konsisten merupakan cara yang paling sulit untuk dilakukan saat belajar. Karena konsistensi bisa mempengaruhi keberhasilan Anda dalam belajar komputer. Konsisten bukan berarti harus belajar dengan sistem yang terjadwal. Akan tetapi konsisten merupakan kekuatan yang harus dimiliki untuk tetap melakukan belajar secara terus menerus meskipun hanya sedikit saja yang dipelajari.

10. Jangan Pelit 

Jangan pernah pelit dengan ilmu yang sudah Anda miliki. Karena berbagi ilmu akan membuat Anda semakin pandai. Begitu juga dengan ilmu tentang komputer yang sudah Anda ketahui, sebaiknya ilmu tersebut sering-sering dibagikan kepada teman yang belum tahu, dengan cara ini maka Anda bisa lebih pandai dengan Ilmu Komputer yang Anda miliki.

Postingan ini memiliki 0 comments

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.