24 Januari 2018

Pentingnya Belajar Komputer Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Belajar komputer sangat dibutuhkan di era globalisasi seperti sekarang ini, dimana masyarakat pada umumnya dituntut untuk ikut maju dan berkembang. Tujuan utamanya adalah agar tidak ketinggalan dengan segala sesuatu yang serba modern. Hampir semua sektor kehidupan dan pekerjaan, menggunakan benda-benda yang berteknologi modern, komputer dan smartphone misalnya.

Perkembangan teknologi kian hari kian pesat, membuat hampir semua kegiatan manusia menggunakan komputer. Termasuk dalam hal ini adalah pekerjaan. Hampir semua jenis pekerjaan menggunakan komputer sebagai alat penunjang utama untuk mengolah data, membuat file ketikan, membuat presentasi, mengirim email, pemrograman dan sebagainya.

Oleh sebab itu, belajar komputer wajib dilakukan sejak dini, bahkan  sebelum memasuki dunia kerja. Itulah mengapa sekarang Ilmu Komputer menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah. Cabang ilmu komputer yang beragam membuat waktu yang harus diluangkan guna belajar juga jadi semakin banyak. Ada banyak alasan mengapa mempelajari ilmu komputer menjadi sangat penting, terutama ketika hendak memasuki dunia kerja.

Pentingnya Belajar Komputer Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Pentingnya Belajar Komputer dan Tips Mudah Memahami Komputer


Memudahkan Mendapatkan Pekerjaan

Jika Anda melihat lowongan pekerjaan beberapa waktu belakangan ini, kebanyakan perusahaan mensyaratkan para pelamar memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, setidaknya hanya untuk 2 program Microsoft Office saja yakni Microsoft Word dan Excel juga internet.

Biasanya pekerjaan yang membutuhkan kemampuan tersebut antara lain: Front Office (FO), staff administrasi, staff akuntansi, kasir, Customer Service (CS) dan masih banyak lagi pekerjaan yang membutuhkan penguasaan komputer.

Mempermudah Mengerjakan Tugas

Sekarang ini, hampir semua tugas di sekolah atau kampus harus dikerjakan dengan komputer. Oleh karena itu, jika Anda tidak belajar komputer maka Anda akan kesulitan dalam mengerjakan tugas, otomatis Anda harus menyerahkan pekerjaan pada rental komputer atau meminta bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

Padahal tidak jarang setelah menjadi karyawan pun, Anda masih diberikan tugas dari kantor yang harus dikerjakan di rumah dengan menggunakan komputer. Jika Anda menguasai komputer, tentu pekerjaan tersebut akan cepat selesai.

Menjadikan Diri Anda Jadi Lebih Kreatif

Dengan belajar komputer sedari dini, Anda bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali program dan aplikasi yang ada di dalam komputer. Jika dipelajari sejak masih duduk di bangku sekolah, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengoperasikan program/aplikasi yang ada dalam komputer.

Dengan komputer, Anda bisa berkreasi dengan aplikasi edit foto seperti Adobe Photoshop, menggambar dengan Corel Draw atau Microsoft Paint, serta membuat file multimedia lainnya seperti video, film, dan sebagainya.

Komputer Merupakan Sarana Komunikasi Utama di Dunia Kerja

Di perusahaan-perusahaan ternama, baik kecil maupun besar, komputer menjadi sarana komunikasi utama setelah telepon. Biasanya digunakan untuk mengirim e-mail. E-mail atau surat elektronik ini memiliki kelebihan lebih mudah penggunaannya, lebih cepat sampai dan lebih aman. Tidak seperti pengiriman dokumen dengan pos atau jasa pengiriman lainnya.

Tidak hanya e-mail saja, beberapa aplikasi chatting di komputer seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger dan sebagainya masih sering digunakan dalam perusahaan di bidang-bidang tertentu.

Meningkatkan Penjualan Perusahaan

Hampir semua perusahaan kecil maupun besar, menggunakan internet sebagai sarana penunjang kegiatan promosi atau meningkatkan penjualan perusahaan. Mulai dari situs web, media sosial, hingga situs jual beli (marketplace dan e-commerce). Jika Anda tidak belajar komputer dari awal, maka Anda akan kesulitan untuk meng-handle pekerjaan ini.


Menjaga Data-Data yang Sifatnya Rahasia

Semua perusahaan tentu memiliki dokumen ataupun data-data yang bersifat rahasia. Dengan adanya jaringan komputer dan orang yang mahir dalam mengolah dan menyimpannya, maka data-data rahasia tersebut akan lebih terjamin keamanannya, terhindar dari kebocoran rahasia dan peretasan data.


Mempermudah Mendapatkan Informasi

Untuk mempermudah pekerjaan Anda, Anda terkadang harus mencari referensi dari berbagai sumber. Referensi-referensi tersebut akan lebih mudah didapatkan melalui internet dengan komputer sebagai salah satu fasilitas utamanya, dibanding jika Anda harus pergi ke perpustakaan atau membeli buku.

Sarana Menghasilkan Uang

Saat ini, bukan hanya karyawan atau staff saja yang dituntut bisa mengoperasikan komputer. Bagi Anda yang ingin berwirausaha, belajar komputer sedari dini akan sangat membantu Anda untuk memperoleh penghasilan.

Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan dengan komputer dan pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dilakukan di rumah. Sebut saja rental pengetikan komputer, jasa desain grafis, jasa editing foto dan video, penulisan artikel, online shop dan masih banyak lagi. Jadi, meski tidak bekerja di perusahaan, Anda masih bisa menghasilkan uang dari komputer.


Update Perkembangan Berita Terbaru

Manfaat lain dari komputer, terutama internet adalah sebagai sarana untuk meng-update perkembangan berita dan informasi terbaru yang terjadi di berbagai belahan dunia. Anda bisa langsung membuka situs atau portal berita terpercaya dan akurat, sehingga dapat menambah wawasan.

Bisa Menggunakan Komputer Sendiri

Jika sedari awal Anda sudah belajar komputer dan perangkat-perangkat yang terhubung dengannya seperti printer, scanner dan sebagainya, maka Anda jadi bisa menangani kendala yang terjadi pada komputer dan perangkat-perangkat tersebut saat Anda bekerja, tanpa harus menunggu orang lain. Hal ini tentu akan lebih menghemat waktu dan biaya,

Awali Dengan Niat

Setelah mengetahui keuntungan mempelajari komputer, maka sekarang saatnya mengetahui tips agar bisa lebih cepat paham tentang komputer. Tips pertama yang harus Anda perhatikana dalah mengenai niat.

Niati sungguh-sungguh untuk belajar komputer adalah sebuah hal yang harus Anda tanamkan terlebih dahhulu, sebab tanpa ada niat dan tekad yang kuat maka akan sia-sia saja. Untuk bisa mahir mengoperasikan komputer membutuhkan semangat, ketekunan dan ketelatenan, terlebih bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk belajar karena kesibukan.

Membaca buku ilmu komputer

Tips yang kedua adalah membeli atau meminjam buku yang berisi tentang ilmu komputer dasar yang sesuai dengan bidang komputer yang ingin Anda pelajari. Misalkan jika Anda ingin mahir editing foto, maka Anda bisa membeli buku panduan belajar Corel Draw, atau jika Anda ingin menjadi staff perkantoran, maka buku yang harus Anda beli adalah buku panduan belajar Microsoft Office dan seterusnya.


Membeli Komputer atau Laptop Sendiri

Tanpa adanya komputer, Anda sendiri akan mengalami kesulitan dalam mempelajari komputer. Mempelajari komputer tidak bisa hanya dengan teori saja, harus dengan praktek. Itulah sebabnya memiliki laptop atau komputer sendiri adalah wajib. Anda tentu tidak mungkin harus pergi ke warnet atau rental komputer setiap hari bukan?

Diulang-Ulang Terus, Jangan Bosan

Sama seperti pelajaran lainnya, komputer harus dipelajari dan dipraktekkan secara berulang-ulang hingga Anda benar-benar mahir. Awal-awal mengulang, bisa dengan melihat buku panduan, setelahnya coba praktekkan sendiri tanpa buku panduan.

Karena banyaknya manfaat dari komputer dalam berbagai sektor pekerjaan, maka memang sebaiknya belajar komputer sedari dini, sejak sebelum memasuki dunia kerja. Dengan demikian, peluang memperoleh pekerjaan bagus atau usaha yang potensial juga semakin terbuka lebar.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.