20 Januari 2018

Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Berbicara mengenai pengertian komputer dalam bahasa inggris tentu saja sudah tidak asing lagi disebut sebagai to compute yang memiliki arti sedang menghitung. Berbeda lagi jika dalam bahasa latin yang seringkali disebut dengan computare yang artinya tetap menghitung. Komputer  sudah tidak asing lagi bagi Anda bukan?

Pengertian, Fungsi, dan Manfaat Komputer untuk Manusia


Definisi Menurut Bahasa Indonesia

Pada dasarnya komputer adalah salah satu alat elektronik yang memiliki banyak fungsi dan dapat melakukan berbagai tugas yang sangat banyak. Sebelum terjadi masa perang dunia ke-2 komputer adalah salah satu mesin mekanis yang memiliki fungsi sebagai  alat  perhitungan operasi aritmatika.

Tidak hanya itu saja, komputer juga dapat didefinisikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling terkoordinasi satu sama lain sehingga bisa menerima berbagai data. Setelah menerima data maka komputer dapat mengolah data, dan menghasilkan sebuah data sehingga bisa dibilang proses komputer bekerja adalah input > process > output.

Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Pengertian Menurut Para Ahli


Menurut Elias M. Awad
Pengertian komputer menurutnya adalah sebagai salah satu alat hitung yang sangat canggih dan bisa memproses data untuk disajikan dalam bentuk digital atau data analog. Selain itu bisa bermanfaat untuk seluruh manusia.

Komputer Menurut V.C. Hamacher et al
Komputer merupakan mesin penghitung yang sudah sangat cepat, tepat, dan jelas menerima informasi input digital, lalu bisa memprosesnya sesuai dengan program yang sudah tersimpan di dalam memori komputer. Setelah itu bisa dihasilkan sebuah output berupa informasi penting bagi Anda. Itulah pengertian komputer menurutnya.

Menurut Larry Long & Nancy Long
Komputer menurut Larry adalah alat hitung elektronik yang memiliki banyak alat yang saling bekerjasama dan mampu menginterpresentasikan  serta melaksanakan berbagai perintah berbagai data input, output, perhitungan, dan berbagai operasi logic.

Menurut Sanders (1985)
Komputer adalah sistem elektronik yang berfungsi untuk mengolah dan memanipulasi data dengan cepat dan tepat. Selain itu komputer juga dapat dirancang dan diorganisasikan dengan baik secara otomatis menerima, menyimpan data, memproses, dan menghasilkan output berdasarnya instruksi yang sudah tersimpan di memori.

Komputer Menurut Robert H. Blissmer
Pengertian komputer menurutnya adalah serangkaian alat elektronik yang bisa melakukan berbagai tugas seperti dapat menerima data, dapat memproses data, dan dapat menyimpan sebuah perintah serta dapat menyediakan output dalam bentuk sebuah informasi yang Anda perlukan.

Komputer menurut Williams, Sawyer
Pengertian komputer menurutnya adalah mesin yang serbaguna dan dapat diprogram. Selain itu komputer juga dapat menerima berbagai data baik berupa gambar ataupun fakta-fakta berupa informasi serta dapat memprosesnya atau memanipulasinya ke dalam sebuah informasi yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut VC hamacher dalam Buku  (Computer Organization)
Pengertian Komputer menurutnya adalah sebuah alat elektronik yang dapat dijadikan sebagai sebuah mesin hitung yang cepat menerima berbagai informasi input digital lalu dapat diproses sesuai dengan data yang ada di memori serta dapat menghasilkan sebuah data atau pun informasi tertentu.

Apa Fungsi dan Manfaat Komputer?

Komputer sekarang ini sudah merupakan sebuah kebutuhan yang sangat penting  dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga komputer seringkali dijadikan sebagai alat untuk memudahkan setiap pekerjaan manusia dalam berbagai aktivitas. Komputer tidak hanya digunakan bagi orang yang sudah dewasa saja, akan tetapi bagi anak-anak pun bisa menggunakannya sambil belajar dan bermain.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari komputer yang wajib Anda ketahui. Karena sejatinya komputer tidak terlepas dalam kehidupan manusia. Apalagi sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang.

Komputer Sebagai Sarana Pengontrolan
Komputer  juga dapat berguna sekali sebagai alat control bagi pemantauan CCTV. Selain itu dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk mengontrol jarak dekat ataupun jarak jauh. Berbagai kegiatan seperti tata lampu traffic light juga tentu saja sangat membutuhkan adanya kinerja dari sebuah komputer.

Fungsi Komputer di Bidang  Keamanan
Dalam bidang pertahanan dan keamanan negara tentu saja komputer memiliki pengaruh yang sangat penting karena dengan adanya komputer maka suatu negara dapat memperkuat sistem pertahanannya dari berbagai serangan luar yang berbahaya. Dengan adanya alat-alat yang canggih tentu saja sebuah negara dapat bertahan bahkan menyerang dengan menggunakan komputer saja.

Komputer sebagai Sarana Komunikasi
Dengan adanya komputer sekarang ini, maka Anda dapat saling mengirim gambar, video, dan audio melalui email serta dapat melakukan berbagai chat satu sama lain serta dapat berkomunikasi melalui webcam. Jika Anda sudah mengetahui apa pengertian komputer maka hal itu akan memudahkan Anda dalam mencari lapangan pekerjaan karena sekarang ini sudah banyak sekali yang ahli di bidang komputer.

Komputer memang penting adanya karena dengan kehadirannya maka dapat memudahkan berbagai aktivitas dengan cepat. Jika Anda seorang pelajar dan disuruh membuat sebuah tugas sekolah seperti makalah tentu saja Anda akan pergi mencari warnet bukan? Selain itu Anda akan mencari berbagai informasi mengenai tugas yang Anda cari dan jika sudah dapat Anda bisa dengan langsung mengumpulkan tugasnya. Sangat mudah bukan?

Komputer Sebagai Sarana Usaha
Dengan adanya komputer, tentu saja Anda dapat secara langsung dan mudah membuka sebuah usaha misalkan usaha percetakan dan sablon, usaha warnet, usaha video editing, usaha jasa pengetikan, dan usaha desain arsitektur.

Komputer sebagai Sarana Informasi
Dengan banyaknya komputer tentu saja jika dihubungkan dengan internet maka akan memudahkan Anda untuk bisa mencari informasi yang dibutuhkan mulai dari berita perdagangan, berita politik, referensi bagi para pelajar, travel, dan sebagainya.

Komputer untuk Bidang Kesehatan
Di jaman yang sudah serba canggih ini tentu saja berbagai bidang sangat membutuhkan adanya komputer untuk bisa meningkatkan kinerja termasuk bidang kesehatan. Alasannya bidang kesehatan menggunakan komputer adalah agar bisa mengembangkan dan meningkatkan pelayanan secara efesiensi, selain itu dapat membantu berjalannya sebuah alat kedokteran yang menggunakan alat seperti komputer seperti USG atau Ultra Sonografi.

Komputer dapat Mempercepat Pekerjaan
Komputer juga sudah bisa Anda gunakan dalam berbagai aktivitas kerja Anda. Karena pada dasarnya dunia kerja tidak akan terlepas dari komputer. Sekarang ini komputer adalah kebutuhan pokok bagi setiap perusahaan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan kantor. Sehingga kebutuhannya akan terus digunakan sampai kapanpun. Dengan adanya komputer tentu akan memudahkan setiap aktivitas Anda baik di sekolah ataupu di dunia kerja.

Untuk itu banyak sekali manfaat dari komputer yang bisa Anda nikmati selagi masih ada di dalam jaman yang sudah canggih ini. Komputer juga dapat menghubungkan Anda dengan teman-teman Anda sehingga Anda tidak akan merasa jenuh karena Anda bisa langsung chat dengan teman Anda atau keluarga Anda. Hanya komputer yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi jarak jauh. Pastikan untuk tetap menggunakan komputer dengan baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Jika sudah mengetahui pengertian komputer, jangan sampai memanfaatkan komputer untuk hal-hal yang dapat merugikan orang lain. Untuk itu lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan komputer dan harus bisa lebih bijak lagi dalam menggunakannya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.