16 Januari 2018

Pengertian Ilmu Komputer dan Cabangnya

Secara umum ilmu komputer diartikan sebagai ilmu yang membahas segala hal tentang komputasi, perangkat keras ataupun perangkat lunaknya. Ada banyak sekali topik dalam bidang ilmu yang satu ini seperti perangkat lunak, perangkat keras ataupun bahasa pemrograman. Akar dari ilmu komputer adalah matematika, linguistik dan elektronika sehingga ketiganya tidak bisa dipisahkan.

Semua hal yang berkenaan dengan bidang komputer saat ini sangat diminati oleh hampir semua jenis perusahaan baik swasta ataupun badan usaha milik negara. Dalam ilmu komputer terdiri atas beberapa cabang dan masing-masing cabang memiliki fungsinya tersendiri namun saling berhubungan antara satu dengan lainnya.

Pengertian Ilmu Komputer dan Cabangnya

Cabang dalam Ilmu komputer


Sistem Informasi

Cabang pertama ilmu komputer yang akan kita bahas adalah Sistem Informasi. Kegiatan dalam bidang sistem informasi adalah menganalisa, mengimplementasikan, merancang, membuat ataupun mengembangkan sebuah website, aplikasi ataupun software dari sisi sistemnya.

Dalam sistem informasi ini masih terbagi lagi menjadi beberapa bidang seperti Multimedia System Design, Database Programing, Business Intelligence, Sistem Informasi Enterprise, IT Governance dan lain sebagainya. Biasanya para lulusan program Sistem Informasi akan bekerja di bidang Database Administrator, System Analyst, Programmer dan lain-lain.

Adapun komponen dalam sebuah sistem informasi meliputi komponen input, komponen model yang berisi sekumpulan prosedur untuk mengolah data, komponen output yang merupakan hasil keluaran dari seluruh informasi, komponen teknologi yang merupakan alat dasar dalam menyusun sistem informasi, komponen basis data merupakan kumpulan data  yang saling terhubung serta komponen kontrol atau pengendali dari sistem informasi yang ada.

Teknik Komputer

Teknik komputer adalah perpaduan antara teknik elektro dengan ilmu komputer. Tidak seperti sistem informasi yang menekankan pada data, teknik komputer lebih menitik beratkan pada komponen-komponen perangkat kerasnya seperti robot, laptop, komputer itu sendiri. Walaupun yang dipelajari dalam disiplin ilmu ini merupakan perangkat kerasnya namun Anda wajib mengetahui bahasa pemrograman dan bahasa mesin ketika mengambil kuliah jurusan teknik komputer.

Ketika mengambil kuliah program Teknik Komputer maka akan lebih banyak praktik dibandingkan dengan teori. Percobaan yang akan Anda lakukan seperti merakit komputer ataupun laptop, instalasi jaringan, merakit robot ataupun membuat pemrograman menggunakan komponen hardware.


Manajemen Informatika

Manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mendapatkan sasaran sedangkan informatika merupakan ilmu komputer yang mempelajari tentang sifat, struktur serta interaksi dalam beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses dan akhirnya menyimpannya ke dalam bentuk informasi.

Dalam manajemen informatika ada sebuah pemrograman yang memiliki makna menulis, menguji, memelihara,  memperbaiki kode yang membangun suatu program komputer. Biasanya kode ini ditulis dalam beberapa bahasa pemrograman. Tentu saja program yang dibuat agar bisa melakukan sebuah perhitungan sesuai keinginan Anda.
Jadi dapat disimpulkan bahwa cabang ilmu yang berfokus pada pengaturan pemrograman untuk keperluan aplikasi, web, desain 2D, desain 3D, edit video, edit suara, ataupun membuat sebuah data base.

Sistem Komputer

Sistem komputer merupakan cabang ilmu komputer yang memiliki cakupan lebih luas karena meliputi perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan komputer. Hal yang dipelajari dalam cabang ilmu yang satu ini adalah input data, proses data, output data hingga penyimpanan di dalam komputer dalam bentuk informasi. Istilah lain untuk sistem komputer adalah Computer Engineering.

Sistem komputer memang hampir mirip dengan  teknik komputer namun dalam cabang ilmu sistem komputer lebih banyak membahas tentang perancangan, analisis, implementasi komputer dan sistem komputer berbasis software sampai dengan jaringan komputer. Biasanya orang yang kuliah di jurusan Sistem Komputer akan bekerja sebagai programmer, administrator officer, operator, IT Support, digital system ataupun computer networking.

Teknik Informatika

Teknik informatika biasa disingkat dengan istilah IT.  Disiplin ilmu yang satu ini membahas teknik secara lebih mendalam untuk mengatasi masalah transformasi ataupun pengolahan data dengan semaksimal mungkin melalui proses-proses logika. Dalam teknik informatika bidang ilmu yang memiliki porsi besar dalam kajiannya adalah pemrograman dan komputasi, teknologi jaringan komputer serta rekayasa perangkat lunak untuk berbagai bidang aplikasi dalam sebuah usaha.

Di samping mahir di bidang coding, lulusan teknik informasi juga mampu mendesain dan mempunyai pemahaman mendalam mengenai logika matematika, matematika diskret, aljabar, serta logaritma.

Teknik informatika sangat erat kaitannya dengan mengimplementasikan, merancang, mengembangkan software, website ataupun aplikasi dari segi teknik yang diungkapkan dalam bentuk bahasa pemrograman seperti JavaScript, c++, Python, PHP, Visual Basic dan lain sebagainya. Biasanya pekerjaan yang membutuhkan keahlian ini adalah Mobile Developer, Software Engineer, Front End Developer, Android Developer, Switching, Game Developer IT Support dan lainnya.

Demikian informasi mengenai pengertian ilmu komputer dan cabangnya. Memang antar disiplin ilmu komputer yang ada saling memiliki keterkaitan namun jika dilihat secara lebih mendalam antara satu dengan lainnya tidak bisa disamakan begitu saja. Semoga informasi di atas bisa memberi pemahaman pada Anda mengenai cabang ilmu komputer yang ada.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.