06 Januari 2018

Pengertian dan Fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai pengertian dan perbedaan CD ROM, CD-R, dan CD-RW. Seperti yang telah dijanjikan pada artikel sebelumnya, maka kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW.

DVD ROM atau DVD ROM Drive adalah singkatan dari Digital Versatile Disc Read Only Memory. DVD ROM memiliki bentuk fisik yang sama persis seperti CD ROM, hanya saja memiliki kemampuan yang berbeda. CD ROM hanya bisa membaca data-data dari CD saja, sedangkan DVD ROM mampu membaca data-data yang ada pada DVD dan CD sekalipun. Gampangnya, DVD ROM itu adalah tempat untuk memutar DVD.

Pengertian DVD ROM

DVD ROM atau DVD ROM drive itu adalah alat yang digunakan untuk memutar DVD. Tidak hanya DVD saja, CD pun bisa diputar pada DVD ROM ini. Bentuknya yang sama seperti CD ROM membuat seseorang terkadang susah untuk membedakannya. Namun, Anda bisa melihat pada bagian depan yang biasanya ada tulisan CD ROM atau DVD ROM.

Sampai disini paham mengenai DVD ROM?

Pengertian dan Fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW

Kita lanjutkan untuk membahas mengenai DVD-R danDVD-RW. Pernah gak ketika Anda ingin membeli DVD kosong gitu, kemudian si penjual bertanya, mau DVD-R atau DVD RW? Bingung? Jangan sampai salah beli loh karena keduanya ini berbeda, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu DVD-R?

Merupakan tempat penyimpanan data yang berkapasitas 4,7GB. Ketika Anda menyimpan data di DVD-R, maka data tersebut akan tersimpan permanen alias tidak bisa dihapus lagi. Dari segi kapasitas penyimpanan, tentu DVD lebih baik dibanding CD. DVD biasanya digunakan untuk menyimpan data-data besar dalam jumlah yang banyak, misalnya bisa digunakan untuk menyimpan file penginstalan Windows.

Apa itu DVD-RW?

Sama halnya dengan DVD-R, DVD-RW ini juga berkapasitas 4,7GB. Yang membedakannya adalah data yang tersimpan di DVD-RW bisa dihapus dan diisi lagi dengan data yang baru. Selain itu, untuk harganya, DVD-RW akan sedikit lebih mahal.

Sekian artikel singkat mengenai pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW. Semoga yang sedikit ini dapat memberikan banyak manfaat.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.