21 Januari 2018

Jenis-Jenis Komputer dan Fungsinya

Komputer saat ini menjadi satu jenis perangkat atau peralatan yang semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Mulai dari penggunaan berdasarkan fungsinya karena kebutuhan tugas, kerjaan ataupun hanya sebagai hiburan saja. Komputer juga semakin banyak jenisnya yang bisa dibedakan berdasarkan kriteria tertentu.

Komputer sendiri merupakan bahasa yang berasal dari bahasa latin “computare” yang memiliki arti menghitung, kemudian untuk bahasa inggrisnya sendiri memiliki nama to compute yang memiliki arti menghitung.

Baca juga: Pengertian Komputer, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Manusia

Komputer adalah alat elektronik yang memiliki kemampuan kerja secara terpadu. Komputer banyak digunakan untuk menerima data atau disebut input dan untuk mengolah data dan menghasilkan data keluar dengan sebutan output.

Komputer dengan beragam jenis dan berbagai latar belakang dan fungsinya kemudian bisa menjadi satu alat yang semakin mempermudah pekerjaan manusia. Berikut ini berbagai jenis komputer untuk bisa Anda gunakan sebagai komputer untuk membantu segala pekerjaan Anda.

Beberapa Macam Jenis-Jenis Komputer dan Penjelasannya


Komputer Analog

Jenis komputer pertama adalah komputer Analog. Jenis komputer analog, berfungsi untuk melangsungkan pengecekan data bukan dalam bentuk angka, sebab data yang di peroleh adalah data yang bersifat gelombang.

Jenis komputer yang satu ini sering di fungsikan untuk menggambarkan suatu keadaan tertentu. Contoh dari penggunaan untuk jenis komputer ini adalah untuk melakukan pengecekan suhu, penghitungan pada aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya dan berbagai fungsi lainnya. Komputer ini lebih banyak digunakan sebagai komputer pada kegiatan ilmiah.

Komputer analog memiliki ciri-ciri tertentu. Ciri-cirinya adalah data merupakan data kualitatif, bekerja dengan continue dan paralel, tidak menggunakan bahasa perantara, dan pengolahan data hanya dalam bentuk fisik saja.

Komputer analog juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya seperti, selalu akurat dan cocok dalam pengukuran, pengolahan data yang sangat cepat. Sedangkan untuk kekurangannya adalah terkadang data yang di proses tidak tepat dan kurang terstruktur.

Komputer Digital

Jenis-jenis Komputer berikutnya adalah Komputer Digital. Anda pasti sudah tidak lagi asing dengan istilah komputer digital yang satu ini sebab jenis komputer yang satu ini sudah bisa disamakan dengan penggunaan jenis-jenis perangkat komputer yang memang sudah sering Anda gunakan dan operasikan saat ini.

Jenis komputer digital ini juga memiliki karakteristik yang dirancang untuk dapat beroperasi dan digunakan pada dua state. Dua state itu yaitu bit 0 data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s.

Tujuan umum pembuatan komputer digital ini merupakan komputer dengan sistem yang lebih modern. Sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai fungsi seperti pengolahan data tertentu sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Komputer Hybrid

Komputer ini digunakan untuk menerima dan mengolah data baik itu kuantitatif ataupun kualitatif. Komputer hybrid bisa juga dikatakan gabungan dari komputer analog dan digital. Komputer ini merupakan komputer yang digunakan di rumah sakit dan berfungsi sebagai komputer untuk memeriksa keadaan tubuh pasien yang menghasilkan analisa dalam waktu singkat.

Workstation Computer/Komputer Kantoran

Workstation computer merupakan jenis komputer yang menggunakan jaringan dalam menghubungkan komputer tersebut satu dengan yang komputer lain atau komputer tersebut dengan server. Komputer berada pada suatu ruangan ini juga sering disebut sebagai komputer public atau biasanya kerja atau suatu perkantoran.

Workstation computer mempunyai ciri yaitu terhubung dengan komputer lainnya dan digunakan secara bersama-sama. Komputer ini sering digunakan pada perusahaan untuk menjaring informasi se efektif mungkin. Selanjutnya ditambahkan dengan tenaga karyawan yang andal untuk dalam melakukan olah informasi pada komputer.

Computer Portable (Laptop/Netbook)

Portabel komputer merupakan komputer dengan ukuran kecil sehingga mudah dibawa atau dipindahkan dengan kemampuan yang lebih canggih dan pawerfull. Teknologi pada komputer portable adalah pemadatan komponen-komponen komputer sehingga berukuran sangat kecil.

Server

Komputer ini dirancang sebagai penyedia layanan untuk mesin klien dalam jaringan komputer. Komputer ini juga dibekali dengan kapasitas untuk penyimpanan dengan ukuran besar dan processor yang kuat. Komputer server adalah komputer yang digunakan untuk pengolahan sumber daya seperti memori dan waktu untuk mesin klien.

Special Purpose Computer

Special Purpose Computer biasanya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ataupun aplikasi khusus. Jenis komputer ini adalah general-purpose yang menggunakan secara khusus dan menyesuaikan dalam konfigurasi ataupun peralatan yang menggunakan sistem khusus.


General Purpose Computer

Komputer yang sering digunakan dengan kehidupan sehari-hari dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas. Komputer ini bisa digunakan berbagai software melalui beberapa langkah untuk saling menyempurnakan berbagai tugas.

Jenis-Jenis Komputer dan Fungsinya

Jenis Komputer Berdasarkan Kapasitas

Ukuran komputer ini dibagi berdasarkan dari kemampuannya dalam mengolah data. Contohnya adalah kapasitas main memory, konfigurasi dari operand register dan juga kecepatan dalam pengolahan data.

Mainframe Computer

Jenis komputer ini digunakan sebagai processor berukuran besar dan dibekali kemampuan yang sangat besar sehingga ditujukan untuk multi user. Dengan menjalankan teknologi sehingga menampilkan efek tidak begitu dirasakan oleh user.

Komputer Mini (Mini Computer)

Komputer mini adalah jenis komputer yang bisa digunakan oleh lebih dari satu pengguna atau yang biasa disebut dengan multi-user. Di dalam Spektrum komputasi, komputer ini berada di posisi menengah di bawah kelas computer mainframe dan system computer single-user

Super Komputer

Berdasarkan namanya super komputer yang dibekali dengan berbagai kriteria dan ciri-ciri. Kecepatan proses yang tinggi dibekali  dengan ketersediaan dalam menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Untuk masalah harga, tentunya Anda bisa menebak. Untuk ukuran komputer super tentunya dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

Personal Computer (PC)

Jenis processor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Jenis komputer ini sering digunakan sebagai komputer perseorangan. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau personal

Komputer Desktop

Ukuran dari komputer ini memiliki ukuran yang lumayan kecil, sehingga sangat cocok jika diletakkan di atas meja. Saat ini dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk komputer ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.

Tower (menara)

Jenis komputer ini merupakan jenis komputer yang bisa digunakan di samping atau di atas meja, karena ukurannya besar sehingga memenuhi meja. Jenis jenis Komputer ini, di dalamnya, umumnya mempunyai banyak ruang dan banyak mempunyai expansion slot (tempat card tambahan).


Komputer Laptop/Notebook

Jenis komputer ini adalah sebuah komputer dengan tampilan fisik yang kecil sehingga dapat digunakan dengan cara dipangku. Ukuran dari jenis komputer ini lebih kecil dari jenis komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibuat menyatu.


Komputer Palmtop

Jenis Komputer ini kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai sehingga penggunaan harus selalu dilengkapi dengan baterai supaya berfungsi maksimal.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.