17 Januari 2018

Cara Belajar dengan Cepat Ilmu Komputer Dasar Bagi Pemula

Belajar Ilmu Komputer dasar merupakan hal utama yang harus Anda kuasai sebelum memutuskan untuk menguasai materi lain dalam tingkat yang lebih lanjut. Akan tetapi sering sekali Anda dibuat bingung jika ingin belajar komputer dasar karena banyaknya blog yang ada di internet mengharuskan Anda untuk membayar Ilmu Komputer dasar tersebut dengan patokan harga yang sudah disediakan.

Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir lagi karena pada postingan ini akan dibahas tentang belajar cepat Ilmu Komputer dasar bagi pemula yang bisa Anda ketahui. tujuan dari pembuatan artikel ini yaitu untuk memudahkan dalam mengaplikasikan komputer. Karena di sini akan dipandu secara detail untuk pengguna komputer bagi pemula.

Namun sebelum Anda belajar ke tingkat lanjut untuk belajar komputer seperti belajar hardware komputer, software komputer, cara merakit komputer dan lain-lain, sebaiknya terlebih dahulu Anda belajar komputer dasar dengan cara yang menyenangkan agar bisa lebih cepat dan mudah saat ingin menguasai ilmu tentang komputer.

Cara Belajar dengan Cepat Ilmu Komputer Dasar Bagi Pemula

Cara Belajar dengan Cepat Ilmu Komputer Dasar Bagi Pemula


Gunakan Komputer Milik Sendiri 

Jika Anda ingin belajar komputer dasar, maka sebaiknya gunakan komputer milik sendiri. Karena Anda akan melakukan pembelajaran secara berulang-ulang sampai benar-benar paham dan bisa dilakukan kapan saja menggunakan komputer milik Anda sendiri. Selain itu jika Anda belajar menggunakan komputer milik sendiri maka Anda akan merasa nyaman dan senang.

Konsentrasi belajar yang Anda rasakan juga akan lebih meningkat ketika menggunakan komputer milik sendiri karena tidak di kejar-kejar oleh waktu. Berbeda jika Anda belajar menggunakan komputer milik orang lain, rasa nyaman serta konsentrasi yang akan Anda rasakan tentu berbeda dengan belajar menggunakan komputer milik sendiri.

Menggunakan komputer milik Anda sendiri juga akan membuat Anda bebas untuk menentukan jadwal belajar Ilmu Komputer dasar. Berbeda jika Anda belajar menggunakan komputer milik orang lain, Anda tidak bisa menentukan jadwal sesuka hati untuk belajar karena perasaan takut rusak dan lamanya waktu belajar pasti akan terus menghantui pikiran Anda.

Mengetahui Dasar dari Komputer

Pastinya Anda sudah tahu bahwa komputer merupakan suatu benda yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Komputer bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai alat komunikasi dengan komputer lainnya seperti dalam bidang kedokteran, bidang pendidikan ataupun dalam bidang lainnya.

Untuk memahami suatu ilmu maka harus memiliki dasar ataupun pondasi untuk membangun ilmu tersebut hingga berkembang begitu juga dengan ilmu yang akan Anda kuasai saat belajar komputer. Dasar atau pondasi pada sebuah komputer ada tiga diantaranya yaitu Hardware, Software, dan Brain ware.

Hardware atau perangkat keras pada komputer merupakan bagian pada komputer yang bisa Anda lihat dan bisa disentuh secara fisik seperti Monitor, Mouse, Keyboard, CPU, Printer dan perangkat keras lainnya.

Sedangkan Software atau perangkat lunak pada komputer merupakan semua sistem operasi serta aplikasi program yang ada pada komputer dan tidak bisa disentuh secara fisik seperti Sistem Operasi Windows, Linux, Microsoft Office, Anti Virus, Winamp dan aplikasi lainnya. Dan yang terakhir yaitu Brain ware, artinya user yang menggunakan komputer tersebut.

Ketekunan dan Kesabaran 

Ketekunan dalam belajar memiliki peranan yang cukup besar saat memahami dan mempelajari bagaimana kinerja Anda saat ingin menguasai Ilmu Komputer. Dengan ketekunan yang Anda miliki akan membuat Anda semakin ahli dalam beberapa bidang.

Selain ketekunan, kesabaran juga sangat diperlukan dalam belajar menguasai komputer dasar. Karena dalam tahap awal proses pembelajaran komputer, tingkat frustrasi bisa saja muncul karena disebabkan Anda mengalami kesulitan saat mencari dan menggunakan sesuatu pada sistem yang ada di komputer.

Mulai Belajar Shortcut Komputer

Shortcut atau pintasan pada komputer merupakan jalan pintas yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan suatu perintah pada komputer. Jika di desktop, shortcut biasanya berupa keyboard shortcut. Pintasan ini berguna untuk mempercepat pelaksanaan perintah pada komputer Anda secara otomatis sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukannya secara manual.

Berikut ini beberapa contoh dari shortcut yang bisa Anda ketahui untuk mempermudah menjalankan perintah komputer :
  • Untuk meng-copy atau menyalin item tekan tombol CTRL + C.
  • Untuk meng-cut atau memotong item tekan tombol CTRL + X.
  • Untuk mem-paste item tekan tombol CTRL + V .
  • Untuk membatalkan suatu proses terakhir atau sering disebut dengan undo tekan tombol CTRL + Z.
  • Untuk menghapus suatu item tekan tombol DELETE .
  • Untuk menghapus item yang dipilih secara permanen , item terhapus tidak dibuang ke dalam Recycle Bin tekan tombol SHIFT + DELETE.
  • Untuk membuat cara pintas item yang dipilih tekan tombol CTRL + SHIFT sambil menyeret item.
  • Untuk memilih semua tekan tombol CTRL + A


Mulai Membuat Dokumen

Belajar untuk membuat dokumen baru adalah langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mulai berkenalan dengan komputer. Dari proses belajar mengetik dan belajar menyimpan dokumen maka seiring berjalannya waktu Anda akan memiliki tambahan tentang Ilmu Komputer dari apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.