26 Desember 2017

Rekomendasi Spesifikasi Komputer Kantor Paling Ideal

Meskipun keberadaan laptop, notebook dan iPad kerap kita jumpai di kantor-kantor lantaran penempatannya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Bukan berarti keberadaan komputer saat ini tidak dibutuhkan di kantoran. Buktinya, tidak sedikit perkantoran yang masih memanfaatkan keberadaan PC untuk menunjang kebutuhan pekerjaan kantor. Sehingga, pemilihan spesifikasi PC yang tepat tetap harus kita perhatikan agar keberadaannya dapat berfungsi secara maksimal.

PC Kantor merupakan perangkat PC yang digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan kantor mulai dari menulis laporan, kebutuhan desain, multimedia dan presentasi rapat, menulis surat, input data, rekapitulasi data, menghitung pembukuan dan lainnya. Oleh karena itu pemillihan spesifikasi PC kantor yang ideal sangatlah penting untuk dilakukan.

Pada umumnya, kebutuhan PC kantor tidak memerlukan tenaga processor yang besar. Mengingat, hampir seluruh pekerjaan dilakukan tergolong ringan, kecuali kantor bergerak dibidang percetakan, pembuat game, advertising, editing video dan desain grafis lainnya.

Lantas, sebenarnya spesifikasi PC yang seperti apakah yang dapat dikatakan ideal? Berapa budget yang dibutuhkan? Informasi lengkapnya terkait pertanyaan Anda maka kami ulas lengkap dibawah ini.

Rekomendasi Spesifikasi Komputer Kantor Paling Ideal
Sumber : Freepik.com


Spesifikasi Komputer Kantor Paling Ideal


Perhatikan Processor PC yang Akan Dipilih

Sudah kami singgung diatas, bahwasanya pemilihan processor untuk kebutuhan kantor memang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini lantaran processor yang dipilih harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan bidang perusahaan tersebut. Dalam artian, jika memang perusahaan Anda bergerak dibidang advertising maka akan memerlukan processor yang besar mengingat pekerjaannya selalu berkaitan dengan percetakan, editing atau pembuatan video dan lainnya.

Berbeda, jika perusahaan Anda adalah bergerak dibidang perindustrian otomatis processor yang dibutuhkan tidaklah sebesar perusahaan yang berak dibidang jasa. Namun, tetap saja apapun bentuk perusahaan yang dijalankan processor yang dipilih harus mempunyai control Power Consuption yang baik supaya dapat menghemat listrik.

Perhatikan Kebutuhan Akan Memori

Seperti halnya dengan processor komputer kantor yang akan dipilih, semakin besar spesifikasi processor yang dipilih maka akan semakin besar pula kebutuhan memori yang ada pada processor. Kendati demikian, dalam pemilihan kebutuhan memori juga harus diperlukan dengan bidang perusahaan tersebut. Namun, sebaiknya pilih memori yang tidak terlalu besar akan tetapi memori yang cukup dalam menjalankan aplikasi perkantoran. 

Baca juga : Tips Upgrade RAM Laptop

Tidak Perlu Tambahan Kartu Grafis

Kartu grafis merupakan kartu ekspandi yang berguna untuk menciptakan serta menampilan berbagai tampilan di layar PC. Kartu grafis terdiri dari berbagai rangkaian komponen elektronik, umumnya sudah tertancap di slot papan utama pada CPU komputer. Selain itu, keberadaan kartu grafis ini juga kerap dimanfaatkan sebagai adaptor, menangkap tv dan lainnya. oleh karena itu, sebaiknya jika PC digunakan untuk kebutuhan kantor maka tambahan kartu grafis tidaklah begitu dibutuhkan.

Pilih Motherboard yang Bagus

Motherboard merupakan papan utama komponen elektronik saling berkaitan pada PC. Motherboard nantinya akan bertugas untuk menghubungkan segala peralatan PC serta membuatnya bekerja sama sehingga PC dapat berjalan secara lancar. Oleh karena itu, dalam memilih PC kantor sebaiknya pilih motherboard yang benar-benar berkualitas sehingga dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Dengan begitu PC kantor masih dapat diupgrade tanpa perlu mengganti Motherboard.

Pemilihan Hard Disk Secara Tepat

Hard disk merupakan kerangkat keras komputer yang bekerja dengan sistematis yang berperan sebagai media penyimpanan data. Kebutuhan hard disk sama halnya dengan processor tadi yang telah kita bahas di atas. Apabila perusahan bergerak dibidang advertising otomatis memerlukan harddisk yang berukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan kebutuhan perusahaan yang bergerak dibidang industri.

Oleh karena itu, pemilihan hard disk tetap harus disesuaikan dengan pekerjaan kantor. Apabila tidak terlalu banyak pekerjaan atau melakukan penyimpanan maka pilih hard disk yang berkapasitas tidak begitu besar.

Konektivitas Jaringan pada Komputer

Meskipun pada saat ini konektivitas jaringan di sebuah PC sangatlah penting namun bukan berarti semua PC harus mengkoneksikan kepada jaringan. Untuk itu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Apakah Anda harus mengkoneksikan jaringan di PC atau tidak.

Pilih PC Kantor yang Hemat

Pemilihan PC kantor yang hemat adalah komputer yang mempunyai harga ekonomis. Dalam artian, PC dapat menekan harga sampai harga jualnya sebanding dengan anggaran konsumen. Tidak perlu cemas, meskipun harganya yang hemat namun spesifikasi PC ini tetap bisa digunakan untuk menjalankan fungsi dasar pekerjaan kantor secara baik.

Pilih PC Kantor yang Handal

PC yang handal tentu mempunyai performa yang paling baik, dalam artian spesifikasinya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan PC yang pada umumnya digunakan. Apakah perlu menggunakan PC yang paling handal? Tetap sesuaikan dengan jenis perusahan Anda jika memungkinkan dan membutuhkan maka tidak ada masalah menggunakan jenis PC yang terbaik.

Itulah beberapa cara dalam memilih spesifikasi komputer kantor yang ideal. Pada dasarnya spesifikasi PC yang dibutuhkan tetap disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis pekerjaan kantor. Selain itu, tetap sesuaikan dengan budget yang ada.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.