31 Desember 2017

Penyebab Terjadinya Error: Undetermined error while formatting dan Cara Mengatasinya

Ketika hendak menginstal sistem operasi dengan menggunakan flashdisk, pastinya Anda wajib untuk membuat bootable USB flashdisk terlebih dahulu.

Baca : Cara Membuat USB Bootable Flashdisk

Ketika hendak membuat bootable flashdisk, tiba-tiba muncul pesan error "error undetermined error while formatting", kok bisa error? Penyebabnya apa? Nah, kali ini kita akan membahasnya kenapa bisa error ketika sedang membuat bootable flashdisk serta bagaimana cara mengatasinya.

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah flashdisk yang digunakan sudah mendukung format NTFS atau masih FAT32. Caranya adalah :

  • Klik kanan pada My Computer atau This PC.
  • Kemudian pilih Manage.
  • Pilih Disk Management dan lihat pada bagian flashdik.
Penyebab Terjadinya Error: Undetermined error while formatting dan Cara Mengatasinya

Lihat yang ditunjuk panah pada gambar di atas. Itu menunjukkan bahwa flshdisk sudah mendukung format NTFS. Tidak semua flashdisk menggunakan format NTFS, masih ada sebagian flashdisk yang menggunakan format FAT32.

Disinilah letak permasalahannya. Jika flashdisk yang Anda gunakan hanya mendukung format FAT32, maka tidak bisa digunakan untuk membuat bootable flashdisk. Hal ini dikarenakan file ISO mengingingkan format NTFS.

Jadi, cara simple dan cepat untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti flashdisk. Gunakan flashdisk yang sudah mendukung format NTFS. Sehingga nantinya Anda bisa membuat bootable flashdisk dengan lancar tanpa muncul pesan error yang membuat jengkel.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. 

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.