07 Desember 2017

Ilmu Komputer dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ilmu komputer merupakan salah satu jenis keilmuan yang memang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak di pungkiri memang bahwa perkembangan teknologi pada zaman sekarang dipengaruhi oleh perkembangan komputer. Oleh karena itu, banyak diantara masyarakat, khususnya pelajar, hendak mempelajari ilmu ini saat melanjutkan studi mereka. Apakah Anda adalah salah satunya?

Jika dilihat sekilas, ilmu tentang komputer ini mejadi salah satu cabang ilmu yang sangat penting bagi perkembangan dunia. Tidak hanya itu, ada pula beberapa manfaat mempelajari ilmu ini dalam kehidupan sehari-hari yang bisa dirasakan secara langsung. Manfaat langsung ini tentu saja akan memberikan banyak pertimbangan kenapa ilmu ini begitu penting. Nah, mari kita simak beberapa manfaat dari ilmu terkait komputer ini dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga : Cabang-Cabang Ilmu Komputer dan Fokus Pembelajaran Nya

Ilmu Komputer dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Ilmu Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari


Prospek yang Menjanjikan

Disadari atau tidak, ilmu pengetahuan yang kita pelajari merupakan investasi di masa depan. Dengan ilmu pengetahuan yang kita miliki, tentu kita akan beroleh kehidupan yang lebih baik sebagaimana yang kita inginkan. Nah, ilmu terkait komputer ini adalah salah satu keilmuan yang memberikan prospek kehidupan yang menjanjikan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Telah disinggung sebelumnya bahwa perkembangan zaman dan teknologi dewasa ini tidak bisa dilepaskan dari perkembangan komputer. Komputer yang semakin lama semakin dianggap penting tentu akan membutuhkan orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Peluang ini tentu akan sangat terbuka lebar untuk Anda yang memang memiliki kemampuan dalam bidang komputasi.

Memudahkan Pekerjaan yang Rumit

Salah satu manfaat nyata dari ilmu komputer pada kehidupan sehari-hari adalah kemudahan yang didapatkan. Dengan ilmu ini, maka Anda akan bisa menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya rumit dengan lebih mudah. Salah satu contohnya adalah pekerjaan perhitungan keuangan. Tanpa komputer, mungkin Anda akan menggunakan cara manual yang lama dan rawan terjadi kesalahan.

Namun, dengan adanya komputer, maka Anda bisa menggunakan Microsoft Excel dimana Anda bisa memasukkan beberapa rumus terkait dan menyelesaikan perhitungan dengan mudah. Selain mudah, kesalahan yang terjadi juga bisa dilacak dengan mudah. Tentu, Anda tidak bisa melakukan hal ini tanpa bekal ilmu terkait komputer yang mencukupi, bukan?

Penunjang Karier

Dalam beberapa pengumuman lowongan pekerjaan, kemampuan untuk mengoperasikan komputer menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan. Dengan hal ini, kita bisa sampai pada kesimpulan bahwa ilmu terkait komputer dapat digunakan sebagai penunjang karier. Dengan kemampuan komputer yang cukup, maka karier Anda bisa dipastikan akan mendapatkan posisi yang lebih baik.

Peluang Usaha yang Lebar

Hal yang seringkali luput dalam pembahasan mengenai ilmu komputer adalah bahwa keilmuan ini dapat menjadi peluang usaha yang lebar dan besar. Ya, dengan keilmuan yang Anda miliki, Anda akan berpeluang untuk bisa membuka usaha yang cukup menghasilkan uang guna penunjang kehidupan. Adapun beberapa contoh dari peluang usaha yang terkait dengan keilmuan ini adalah jasa rental komputer, warung internet, jasa edit video, jasa pembuatan animasi, jasa pembuatan situs, dan lainnya. Peluang ini tentu akan membuka wawasan Anda untuk bisa memiliki usaha sendiri yang terlepas dari orang lain.

Dari beberapa poin di atas, kita dapat melihat beberapa manfaat dari ilmu komputer yang kebanyakan dilihat dari perspektif antar pribadi. Namun, di samping beberapa manfaat di atas, ilmu ini juga memiliki manfaat lain yang juga tidak kalah penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti memudahkan komunikasi jarak jauh, kemudahan pencarian informasi, dan lainnya. Dengan beragam manfaat tersebut, tidak salah rasanya jika anda tergerak untuk mempelajarinya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.