06 Desember 2017

Dasar-Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer yang Harus Dipahami

Ilmu komputer merupakan salah satu keilmuan yang semakin tidak bisa dilepaskan dari perkembangan zaman. Bisa kita lihat bahwa dunia sekarang ini terus mengalami perkembangan komputasi dalam berbagai aspek. Salah satu contoh yang paling nyata adalah kemunculan smartphone, bergesernya pasar pada perdagangan online, dan lainnya. Memang, perkembangan yang ada membuat manusia semakin merasakan kemudahan dalam menjalani kehidupannya.

Baca juga : Ilmu Komputer dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan perannya yang besar pada perkembangan peradaban dan teknologi, ilmu ini menjadi salah satu jenis keilmuan yang sangat diminati untuk dipelajari. Namun, guna mendapatkan sebuah pengajaran yang utuh, kita harus mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar dari bahasan keilmuan ini. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa dasar dari ilmu yang secara spesifik membahas tentang komputer ini. Simak penjelasan berikut dan semoga Anda terinspirasi.

Dasar-Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer yang Harus Dipahami

Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer


Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah salah satu komponen wajib dalam komputer untuk diketahui. Seperti sebutannya, komponen ini merupakan sebuah perangkat yang bersifat material atau bisa dilihat dengan kasat mata, bisa disentuh dan dirasakan. Tanpa adanya hardware, maka tentu saja komputer tidak akan pernah ada.

Semua komponen komputer berupa hardware sangat berkaitan satu sama lain. Beberapa contoh hardware dalam komputer yang harus Anda pahami dengan baik, misalnya adalah motherboard, CPU, RAM (Random Access Memory), VGA (Video Graphic Adapter, dan lainnya.

Software

Seperti namanya, software merupakan bagian dari komputer yang bersifat soft atau lunak. Maknanya adalah perangkat ini merupakan perangkat dari komputer yang tidak memiliki bentuk, tidak dapat dirasakan dan juga tidak dapat disentuh. Tugas utama dari perangkat ini adalah sebagai penghubung antar muka dengan hardware.

Secara umum, software merupakan aplikasi yang ditanamkan dalam perangkat komputer. Jika Anda belajar mengenai ilmu komputer, maka Anda akan menemukan bagaimana cara untuk membuat sebuah software yang bisa dipasang pada perangkat komputer.

Baca juga : Cabang-Cabang Ilmu Komputer dan Fokus Pembelajaran Nya

Network 

Sebagaimana kita tahu, komputer tidak bisa dipisahkan dengan jaringan. Perkembangan komputer yang semakin cepat kini juga diimbangi dengan perkembangan jaringan yang cukup cepat pula. Ilmu mengenai jaringan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk diketahui ketika Anda nanti belajar mengenai ilmu tentang komputer. Setidaknya, ada tiga jenis jaringan yang tercipta dan dibedakan menurut range dari jaringan tersebut.

Adapun beberapa jenis jaringan tersebut adalah LAN dengan akses lokal, MAN dengan akses metropolitan atau satu daerah, dan WAN dengan akses yang lebih luas hingga antar benua. Perkembangan jaringan ini sangat membantu khususnya untuk keperluan komunikasi. Dengan jaringan yang ada, anda bisa bertatap muka dengan banyak orang dari tempat yang berbeda dengan lebih mudah.

Perawatan Komputer

Dasar dari ilmu komputer lainnya yang harus dipelajari sebagai bahasan keilmuan adalah perawatan komputer. Komputer tentu memerlukan perawatan agar kinerja komputer tetap terjaga dengan baik dan berfungsi dengan lancar. Perawatan komputer mencakup beragam jenis hal yang lengkap, seperti perawatan pada perangkat keras, perangkat lunak, hingga jaringan. Perawatan masing-masing bahasan juga difokuskan lagi pada beberapa bahasan yang lebih terperinci. Misalnya, untuk jaringan, Anda akan belajar mengenai bagaimana meningkatkan keamanan jaringan, menjaga jaringan agar stabil, dan lainnya.

Dari beberapa poin di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa ilmu komputer memiliki beberapa dasar bahasan yang harus diketahui. Dengan memiliki pengetahuan yang tepat mengenai dasar keilmuan, maka tentu saja Anda akan lebih bisa mengerti mengenai apa yang akan Anda dapatkan saat mempelajarinya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.