30 Desember 2017

Cara Mudah Dapatkan Laptop yang Tepat Untuk Gaming

Laptop yang digunakan untuk bermain game kini telah mulai digunakan oleh banyak orang. Terdapat berbagai macam jenis dan merek yang tepat bagi Anda pencinta game yang akan dijumpai  di berbagai toko komputer. Harga yang ditawarkan untuk gaming juga relatif lebih mahal sebab memiliki spesifikasi yang memang sesuai untuk bermain game.

Kebanyakan orang menganggap bahwa urusan gaming jauh lebih baik menggunakan PC dari pada bentuk komputer lainnya. Namun asumsi tersebut bukan berarti salah sebab PC memang memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Salah satu kelebihan yang dipunya adalah kemudahan dalam upgrade perangkat keras komputer.

Baca juga : Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Namun yang tidak kalah dengan PC, ada yang memiliki nilai tambah tersendiri dalam urusan gaming, diantaranya adalah lepih simpel, efisien dan sangat mudah untuk di bawa bepergian. Bagi Anda yang kecanduan gaming dimana-mana maka jenis ini adalah yang paling tepat sebab Anda memang bisa memainkan game kesayangan dimana saja ketika ada waktu luang.

Cara Mudah Dapatkan Laptop yang Tepat Untuk Gaming

Tips Mudah Dapatkan Laptop Tepat Untuk Gaming


Fokus Bagian Seri Chipset VGA Bukan Memori VGA

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang pada saat memilihnya adalah lebih fokus perhatiannya pada besar memori yang ada pada VGA maupun VRAM dari pada chipset yang ada di VGA tersebut. Justru hal yang wajib diperhatikan adalah pada seri chipset yang ada bukan malah pada memorinya. Hal ini memang bereda dengan pemilihan di desain grafis, sebab VRAM pada desain grafis memang hal yang penting namun dalam gaming hal ini tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk lebih mudahnya dalam memilih VGA yang sesuai bagi gaming maka Anda perlu memperhatikan seri chipsetnya. Sebagai contoh NVIDIA GeForce GT 720M, yang dapat dibaca sebagai berikut:

  • Digit yang pertama merupakan bagian yang menunjukkan generasinya, dalam artian bahwa pada contoh di atas laptop ini adalah generasi ke 7.
  • Pada digit kedua serta ketiga dapat menunjukkan mengenai tingkatan kelas maupun performa yang dimiliki, semakin tinggi angka yang ada maka semakin bagus performa yang ada pada VGA.
  • Hal paling utamakan adalah digit kedua serta ketiga, contohnya Nvidia GeForce GT 720M memiliki performa di bawah Nvidia GeForce GT 635M namun GT 635M dari segi teknologi lebih canggih sebab generasi yang lebih baru. Seri chipset VGA yang ada adalah seri chipset VGA versi mobile, dan bukan versi desktop.

Bagian Prosesor Tidak Boleh Diabaikan

Beberapa orang memang lebih prioritas pada VGA jika dibandingkan dengan prosesornya namun pada saat ingin memiliki laptop untuk gaming. Kebanyakan mereka memilih yang memiliki VGA terbaik dengan performa yang ada tidak diimbangi dengan adanya prosesor yang terbaik juga.

Memang bukan suatu hal yang salah namun harus lebih diperhatikan bahwa peran prosesor tidak dapat dianggap sebelah mata, sebab semakin banyaknya game yang saat ini memang mengharuskan Anda untuk melakukan berbagai perhitungan yang lebih kompleks pada prosesor yang ada. Selain hal ini banyak sekali inti atau core pada VGA dan pilihlah prosesor non ULV sebab prosesor ULV kurang sesuai untuk gaming.


Perhatikan Besarnya RAM 

Laptop yang memiliki kapasitas RAM yang besar maka akan semakin lancar pada proses  multitasking. Jangan sampai Anda terlalu disibukkan dengan adanya clock speed RAM sebab pada dasarnya rata-rata game yang ada saat ini sering mengutamakan kapasitas dari RAM jika dibandingkan dengan clock speed RAM.

Perhatikan Kapasitas yang Ada pada Hard Disk

Hal yang tidak kalah penting adalah Anda harus selalu memperhatikan kapasitas yang ada pada Hard disk, kapasitas yang harus dipilih minimal 500 GB. Apabila Anda memang memiliki dana yang lebih untuk membelinya maka tidak ada salahnya untuk meng-upgradenya hard disk yang memiliki kapasitas lebih besar lagi. Bahkan yang perlu diperhatikan juga, dalam mengupgrade hard disk tidak hanya agar memperbesar kapasitas dari penyimpanan, namun juga akan meningkat kinerja dari laptop.

Pilih Jenis Yang Bisa Upgrade Komponen yang Ada di Dalamnya

Walaupun tidak seluruh komponen yang ada pada laptop bisa di lakukan upgrade, namun Anda juga harus tetap mengusahakan untuk memilih laptop yang memang mendukung untuk dilakukan upgrade pada setiap bagian komponennya seperti hanya komponen RAM dan juga hard disk. Sebab dengan melakukan upgrade komponen maka akan semakin meningkatkan kinerja yang ada di dalamnya. Komponen yang lebih utama di upgrade adalah RAM kemudian Hard disk

Perhatikan Layar 

Ukuran layar adalah salah satu indikator dari kenyaman pada saat bermain game. Pilihlah yang memiliki ukuran layar disesuaikan kebutuhan, ukuran layar 14″ telah lebih dari cukup. Apabila Anda memiliki keinginan pengalaman gaming yang lebih menarik, maka tidak ada salahnya apabila memilih ukuran layar 15″ hingga 17″.

Saat ini memang banyak sekali penawaran jenis laptop untuk gaming dengan berbagai harga dan spesifikasi yang sangat beragam. Oleh sebab itu jika tidak ingin kenyamanan bemain game berkurang maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.