05 Desember 2017

Cabang-Cabang Ilmu Komputer dan Fokus Pembelajaran Nya

Ilmu komputer secara awam dapat diartikan sebagai sebuah ilmu babon yang mempelajari tentang beberapa hal terkait komputasi, seperti hardware, software, dan juga lainnya. Perkembangan teknologi pada akhir-akhir ini juga didukung oleh perkembangan ilmu ini yang menyajikan beragam jalan untuk menemukan teknologi terbaru demi kemudahan dalam kehidupan manusia.

Dalam bahasannya, ilmu ini dibagi menjadi cabang-cabang yang berbeda namun saling berkaitan. Cabang-cabang bahasa memiliki fokus tersendiri yang apabila digabungkan nanti akan menjadi satu kumpulan keilmuan yang besar. Tentu, bagi Anda yang tertarik dengan dunia komputer, mempelajari ilmu tentang komputer dan mengetahui cabang-cabangnya adalah hal yang utama untuk dilakukan. Berikut kita akan membahas beberapa cabang dari keilmuan ini guna tambahan pengetahuan yang penting.

Baca juga : Dasar-Dasar Bahasan dalam Ilmu Komputer yang Harus Dipahami

Cabang-Cabang Ilmu Komputer dan Fokus Pembelajaran Nya

Beberapa Cabang Bahasan Ilmu Komputer


Matematika Komputasi

Salah satu cabang dari ilmu tentang komputer adalah matematika komputasi. Bahasan ini merupakan salah satu cabang ilmu yang menyelesaikan berbagai macam masalah matematika dengan cara komputasi. Sebagaimana kita tahu, dunia matematika senantiasa berkembang dari waktu ke waktu dan semakin lama, matematika terlihat semakin rumit untuk bisa dipecahkan dengan menggunakan cara manual.

Oleh karena itu, diciptakan sebuah keilmuan matematika komputasi sebagai salah satu jalan penyelesaian yang lebih cepat dan tepat. Dengan menggunakan ilmu ini, Anda bisa menyelesaikan masalah numerik dan sains dengan lebih cepat. Tidak hanya itu, ilmu ini juga secara khusus merupakan gerbang dari penerapan teori matematika pada aplikasi komputer.

Keamanan Internet

Cabang keilmuan ini secara khusus membahas terkait keamanan dan pemeliharaan sumber-sumber data dan informasi pribadi yang tercantum dalam internet. Sebagaimana kita tahu, beberapa waktu yang lalu terdapat serangan virus Wanna Cry yang begitu menggemparkan khalayak. Nah, salah satu tugas dari seseorang yang belajar mengenai keilmuan ini adalah melakukan perlindungan terhadap virus yang ada.

Namun, keamanan dari internet tentu tidak hanya berdasar pada serangan virus saja. Ada beberapa bahasan yang harus dipahami terkait keamanan internet, meliputi perlindungan terhadap akun pengguna, perlindungan file internet, dan lain sebagainya.

Data Warehouse

Pada dasarnya, salah satu cabang dari ilmu komputer ini merupakan aspek keilmuan berupa sebuah metode dalam sebuah perancangan database. Perancangan ini bertujuan untuk menunjang DSS atau Decision Support System dan EIS atau Executive Information System.

Lantas, apa fungsi utama dari data warehouse ini? Secara garis besar, database yang dirancang melalui sumber keilmuan ini dapat digunakan untuk keperluan query dan juga analisis. Adapun turunan fungsinya adalah sebagai penunjang orientasi subjek, time-variant dan perkembangan dalam pengambilan keputusan.

Mobile Computing

Cabang keilmuan yang lain adalah mobile computing. Ini merupakan cabang keilmuan komputer yang secara khusus mengacu pada paradigma komputasi, terutama untuk para pekerja yang sedang bertugas di luar kantor. Ada beberapa contoh dari mobile computing ini yang dapat kita temukan di kehidupan sehari-hari. Adapun contoh tersebut diantaranya adalah laptop, personal digital assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, micro-browser, dan lainnya.

Jika dilihat sekilas, mobile computing adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan kemudahan bertukar informasi dan berbagai macam kondisi. Kondisi ini bisa dicapai dengan melakukan sinkronisasi antar perangkat yang telah diciptakan.

Dari beberapa pembahasan di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya ilmu komputer memiliki beberapa cabang yang sebaiknya kita ketahui. Dengan mengetahui beberapa cabang keilmuan tersebut, Anda pasti akan memiliki pertimbangan yang benar sebelum memilih untuk mempelajari ilmu ini secara lebih mendalam

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.