08 Desember 2017

5 Peran Ilmu Komputer dalam Bidang Kesehatan

Ilmu komputer memiliki peran yang sangat penting dalam bidang kesehatan. Penggunaannya pada bidang kesehatan akan sangat dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak baik tenaga medis, pasien dan juga masyarakat. Dalam ruang lingkup sebuah organisasi kesehatan seperti puskesmas, klinik kesehatan dan juga rumah sakit penggunaan ilmu ini secara tidak langsung bisa menolong jiwa dari seseorang.

Biasanya ilmu ini akan diaplikasikan pada penyimpanan serta pengolahan data administrasi pada sebuah rumah sakit atau klinik. Bahkan pada saat melakukan riset dalam bidang kedokteran yang mungkin jarang diketahui oleh banyak pihak dan hanya pihak yang mengerti saja yang mungkin mengetahuinya.

Baca juga : Ilmu Komputer dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-Hari

5 Peran Ilmu Komputer dalam Bidang Kesehatan

Peran Ilmu Komputer dalam Bidang Kesehatan


1. Peran Dalam Bidang Administrasi

Dengan adanya komputer dan juga ilmunya akan sangat membantu pada bidang administrasi terutama dalam membantu melakukan penyimpanan, pengolahan data serta pengelompokan data. Tanpa adanya komputer tentunya hal administrasi akan sangat sulit untuk dilakukan pada pemeriksaan data pasien, stok obat-obatan, serta data yang dimiliki  pasien.

Namun berkat adanya komputer beserta ilmunya, pihak medis lebih mudah dalam memeriksa data-data yang dimiliki pasien dan stok obat-obatan. Bahkan data keuangan yang dipunyai rumah sakit juga lebih mudah dan praktis untuk dilakukan. Peran ini sangat membantu untuk mempermudah kelancaran aktivitas pada suatu sistem yang ada di dunia kesehatan.

2. Peran dalam Bidang Farmasi

Ilmu komputer tentunya sangat diperlukan dapat bidang farmasi atau obat-obatan, sebagai contoh pada saat apoteker sedang merecord resep dan dosis untuk berbagai pasien serta pada saat menyimpan data mengenai harga dari obat-obatan tersebut. Selain itu, berkat peran adanya komputer di dalam bidang farmasi tetunya akan sangat membantu dalam mengelompokkan berbagai macam obat sesuai dengan kegunaannya yang ada.

3. Peran dalam Mendiagnosis Penyakit

Dengan adanya komputer maka DNA yang telah di rancang secara khusus pada bidang kesehatan untuk diagnosa suatu penyakit akan menjadi hal yang mudah. Sebab dengan pengaplikasian komputer serta ilmunya maka tim medis akan lebih cepat, mudah dan juga akurat dalam mengetahui nama serta jenis dari penyakit.


4. Peran Dalam Monitoring Status Dari Pasien

Selanjutnya ilmu komputer juga akan berperan pada status pasien sebab data dari personal pasien dapat dengan mudah dilihat dan dilacak. Selain itu, dokter dan juga tenaga medis lainnya juga bisa melihat rekaman hasil pemeriksaan, keluhan serta riwayat penyakit yang pernah diderita oleh pasien sebelumnya. Tanggal kedatangan dari pasien pada saat terakhir kali berobat berserta record resep yang sudah diberikan pun bisa dilihat.

5. Peran dalam Analisis dan Melihat Organ Tubuh Bagian yang Ada Pada Manusia

Agar Anda dapat dengan mudah melihat organ tubuh bagian yang ada pada diri manusia, saat ini sudah ditemukan berbagi macam alat canggih untuk membantunya. Tapi hampir semua alat yang digunakan tersebut masih sangat bergantung dan membutuhkan adanya perangkat komputer dan ilmu yang ada sebagai sarana dalam penyaluran data maupun gambarnya.

Oleh sebab itu, komputer mempunyai peran sangat vital untuk tim medis melihat serta menganalisis mengenai organ-organ bagian tubuh pada  manusia tersebut.

Di atas adalah beberapa contoh peran ilmu komputer dalam bidang kesehatan yang secara tidak langsung jarang yang mengetahuinya. Namun, pada dasanya peran ini tidak hanya ada pada dunia kesehatan saja, tetapi juga pada berbagai bidang lainnya. Tanpa adanya komputer dan ilmu yang ada di dalamnya mungkin banyak pihak akan merasa kerepotan dalam melakukan segala aktivitas terutama ketika bekerja.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.