15 November 2017

Kelebihan Firefox Quantum

Ngomongin seputar browser yang paling banyak penggunanya tentunya ada Chrome dan Firefox. Kedua browser ini tidak hanya memiliki banyak pengguna di PC melainkan di perangkat mobile juga. Kedua browser ini memiliki perbedaan yang lumayan jauh, baik dari segi tampilan, performa dan fitur. Chrome memang berada paling atas saat ini. Namun, baru-baru ini Firefox mengeluarkan browser versi terbaru yang bernama Firefox Quantum yang digadang-gadang memiliki kecepatan 2x lipat dibandingkan Chrome.

Agar lebih meyakinkan, silahkan lihat video di bawah ini.

Firefox Quantum tampil sangat berbeda sekali dari versi sebelumnya. Perubahan terlihat pada logo, desain antarmuka dan performa. Semua hal tersebut berubah secara total dari versi sebelumnya, sehingga terlihat lebih fresh, simple dan yang terutama adalah performa yang memang benar-benar meningkat.

Kelebihan Firefox Quantum


1. Lebih Kencang

Problem pada browser Firefox selama ini adalah sering ngelag atau performa yang buruk. Bahkan terkadang browser tidak jalan sama sekali jika membuka tab menu dalam jumlah yang banyak. Saya sendiri pernah mengalami hal ini dan ini memang benar-benar terbukti. Dengan hadirnya Kelebihan Firefox Quantum, masalah performa akhirnya dapat diatasi. Video di atas telah membuktikan kalau performa Firefox Quantum memang benar-benar di atas Chrome saat ini.

2. Lebih Hemat RAM

Selain performa, Tab Firefox Quantum juga mengalami perubahan menjadi lebih cerdas dalam menentukan prioritas tab yang aktif. Kemudian Mozilla mengklaim bahwa Firefox Quantum 30% lebih hemat penggunaan RAM nya dibandingkan Chrome.

Kelebihan Firefox Quantum

3. Tampilan Baru yang Cerdas

Firefox Quantum menggunakan tampilan berbasis Project Photon, sehingga Anda bisa lebih fokus. Selain itu, browser ini sudah mendukung layar High DPI. Tampilan ini lebih modern dan terkesan lebih flat dan minimalis sehingga menjadi gaya desain yang diminati saat ini.

Terus apanya yang cerdas? Jadi, kecerdasan Firefox Quantum ini adalah ketika mendeteksi perangkat. Ketika Anda menggunakan perangkat touch screen, maka ukuran menu akan secara otomatis berubah dan menyesuaikan.


4. Built-in Pocket

Tahukah Anda jika layanan Pocket telah diakuisisi oleh Mozilla? Layanan Pocket ini memungkinkan Anda menyimpan artikel untuk dibaca di kemudian waktu. Pada Firefox Quantum, Pocket terintegrasi dengan lebih erat. Ketika Anda membuka tab baru, halaman yang sedang trending di Pocket bakal langsung tampil.

Firefox Quantum sudah bisa dinikmati saat ini. Anda bisa melakukan update Firefox secara manual ataupun otomatis. Melakukan update Firefox secara manual caranya klik Menu (Icon gear) >> Help >> About Firefox.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.