13 November 2017

Cara Menginstal Ulang Laptop

Menginstal ulang adalah sebuah proses untuk membuat sistem operasi pada laptop menjadi default atau menjadi seperti semula. Dengan melakukan instal ulang, maka laptop akan menjadi lebih fresh baik tampilan maupun performanya. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang memutuskan untuk menginstal ulang laptopnya, misalnya laptop terserang virus, sistem operasi mengalami error atau ingin mencoba Windows versi terbaru. Alasan yang sering saya temui kenapa seseorang menginstal ulang laptopnya adalah karena adanya virus yang sangat mengganggu pada sistem laptop. Kalau laptop sudah diserang virus yang membahayakan, solusinya emang harus menginstal ulang. Kalaupun melakukan scanning menggunakan antivirus, tidak akan menghapus virus sepenuhnya.

Menginstal ulang laptop sendiri lebih dianjurkan dibandingkan harus membayar orang lain untuk melakukan instal laptop. Dengan melakukan instal ulang sendiri, maka Anda akan mendapat dan menghemat banyak hal. Jika melakukan instal ulang sendiri tentunya Anda akan lebih dapat memahami tahap demi tahapnya. Selanjutnya Anda bisa menghemat uang jika melakukan instal ulang sendiri. Biaya instal ulang laptop saat ini mungkin sekitar 50 -100 ribu. Jika Anda menyerahkan proses instal ulang pada orang lain, nantinya mereka akan menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak Anda butuhkan dan itu akan memperlambat kerja sistem laptop Anda.

Sebenarnya menginstal ulang laptop itu sangat mudah kok asal mau belajar aja. Anda hanya membutuhkan CD/DVD atau flashdisk dan file ISO sistem operasi yang ingin diinstal ulang. Untuk saat ini orang lebih memilih menggunakan flashdisk ketimbang menggunakan CD/DVD sebagai media instalasi nya. Menggunakan flashdisk akan lebih simple dan prosesnya lebih cepat.

Cara Menginstal Ulang Laptop

Persiapan Sebelum Menginstal Ulang


1. Siapkan CD/DVD kosong atau flashdisk.
2. File ISO sistem operasi yang akan di instal.
3. Aplikasi burning CD/DVD. Ada banyak aplikasi untuk melakukan burning ini, misalnya Nero atau UltraISO.
4. Aplikasi untuk membuat bootable USB. Aplikasi yang biasa digunakan adalah Rufus.

Setelah semua persiapan di atas sudah lengkap, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.

1. Jika Anda akan menginstal ulang menggunakan CD/DVD, maka lakukan burning file ISO sistem operasi dengan menggunakan aplikasi Nero atau Ultra ISO.

2. Jika Anda menginstal ulang menggunakan flashdisk, maka Anda terlebih dahulu harus membuat bootable USB menggunakan aplikasi Rufus.

Baca : Cara Membuat Bootable USB Windows.
Baca : Cara Membuat Bootable USB Ubuntu.

Setelah Anda selesai melakukan burning atau membuat bootable USB, maka langkah selanjutnya adalah mengatur Boot pada BIOS.

1. Masuklah terlebih dahulu ke BIOS laptop Anda dengan menekan tombol tertentu sesuai dengan merk atau tipe laptop.

2. Jika Anda menginstal ulang menggunakan CD/DVD, maka letakkan ATAPI CD/DVD pada posisi pertama.

3. Jika Anda menggunakan flashdisk, maka letakkan USB HDD pada posisi pertama.

Jika telah selesai maka proses instal ulang sudah siap dimulai. Selanjutnya Anda akan melakukan proses instal ulang.

Cara Menginstal Ulang


Untuk tutorial instal ulang, kami hanya memberikan cara instal sistem operasi Windows dan Ubuntu saja. Karena kedua sistem operasi ini paling banyak digunakan untuk saat ini.


Silahkan akses link tutorial di atas. Kami telah menyediakan tutorial yang lengkap disertai dengan gambar.

Sekian untuk artikel kali ini. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.