8 September 2017

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Touchpad adalah salah satu bagian dari laptop yang digunakan sebagai penunjuk. Touchpad berbentuk khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad dapat dikatakan juga sebagai pengganti mouse karena memiliki fungsi yang sama sebagai penunjuk pada laptop. Pada touchpad juga terdapat tombol klik kiri dan klik kanan seperti pada mouse. Hanya saja jika Anda tidak terbiasa menggunakan touchpad maka akan terasa agak sulit dan membuat pekerjaan menjadi semakin lama.

Kalau saya sendiri sangat jarang sekali menggunakan touchpad dan lebih memilih menggunakan mouse. Saya rasa menggunakan mouse agak sedikit lebih mudah daripada harus menggunakan touchpad. Mungkin ini hanya karena faktor kebiasaan saja karena saya lebih sering menggunakan mouse. Bagaimana dengan Anda? Lebih suka menggunakan mouse atau touchpad? Bagikan pengalamannya pada kolom komentar di bawah.

Pernahkah Anda ketika pergi ke kantor untuk bekerja lupa membawa mouse? Padahal banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan pada waktu itu. Maka solusinya adalah dengan menggunakan touchpad. Touchpad melekat pada perangkat laptop sehingga tidak akan pernah ketinggalan. Jadi bisa dikatakan touchpad menjadi alternatif ketika Anda lupa membawa mouse. Lah kenapa tidak beli mouse baru saja? Tidak semua orang memiliki uang dan tidak semuanya bisa dibeli dengan uang.

Seperti layaknya perangkat elektronik lainnya, touchpad juga sering mengalami error. Misalnya touchpad yang tidak berfungsi. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi permasalahan touchpad yang tidak berfungsi.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi


1. Aktifkan Touchpad

Pada laptop biasanya terdapat tombol untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi dari touchpad. Coba perhatikan pada laptop Anda apakah ada tombol khusus yang ada icon berbentuk touchpadnya? Biasanya terletak dibagian paling atas keyboard atau coba deh perhatikan pada bagian tombol F1 sampai F12. Biasanya icon touchpad itu terdapat diantara tombol F1 sampai F12.

Jika telah menemukannya, coba deh tekan tombolnya. Apakah ada perubahan? Tidak ada perubahan kan. Jadi untuk mengaktifkan touchpad harus menggunakan kombinasi tombol, yaitu Fn + Tombol touchpad.

Misalkan pada laptop saya yaitu Acer 4755G yang menggunakan kombinasi tombol Fn + F7 untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi touchpad. Bisa jadi pada laptop teman-teman juga menekan tombol Fn + F7 dan bisa juga tidak tergantung tipe laptop Anda.

Saya sangat sering mendapati masalah touchpad yang tidak berfungsi ini. Pemasalahannya ternyata sangat simple yaitu karena touchpad yang tidak berfungsi. Mungkin saja Anda tidak sengaja menekan tombol dan ternyata itu membuat touchpad menjadi tidak aktif. Solusinya tinggal aktifkan lagi dengan menekan tombol kombinasi Fn + Tombol touchpad.

Jadi jika laptop Anda tiba-tiba touchpadnya tidak berfungsi maka coba lakukan cara ini. Tekan tombol Fn + Tombol yang ada icon touchpad.
Cara Mengatasi Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi
Sumber : ieple.com

2. Intsal Driver Touchpad

Driver adalah pihak yang mengenalkan sebuah hardware sehingga bisa dikenali oleh sistem operasi. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 maka tidak perlu khawatir lagi untuk menginstal driver ini. Karena pada sistem operasi versi ini beberapa driver akan terinstal dan terupdate secara otomatis.

Namun terkadang ada beberapa driver yang tidak terinstal. Maka solusinya adalah dengan cara menginstal driver secara manual. Jika Anda membiarkannya begitu saja, maka hardware yang drivernya tidak terinstal tidak akan bekerja karena sistem operasi tidak akan mengenalinya.

Bagi Anda pengguna Windows 7 maka harus melakukan instal driver secara manual menggunakan DVD driver bawaan laptop atau bisa juga mendownload driver pada situs resmi merk laptop Anda.

Jika Anda mendapati touchpad laptop yang tidak berfungsi, coba instal driver touchpad terlebih dahulu.

3. Cek Kabel Konektor Touchpad

Cara ini mungkin harus dilakukan oleh kalangan profesional karena laptop harus dibongkar terlebih dahulu. Kabel konektor touchpad terdapat pada bagian dalam laptop, sehingga jika ingin mengeceknya laptop harus dibongkar. Jika Anda ingin melakukannya sendiri akan lebih bagus, hitung-hitung belajar juga.

Setelah laptop dibongkar, lakukan pengecekan terhadap konektor touchpad. Bisa jadi konektor longgar dan bahkan mungkin saja putus makanya lakukan pengecekan dulu.

4. Scanning Keseluruhan Laptop

Mungkin saja laptop Anda terserang virus dan menyebabkan touchpad tidak berfungsi. Solusinya adalah dengan melakukan scan data secara keseluruhan menggunakan antivirus yang bagus, misalnya kaspersky, avura, avast dan lain-lain.

4. Instal Ulang Laptop

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah melakukan instal ulang sistem operasi. Loh kok harus di instal ulang? Jika dengan scanning data tidak juga berhasil maka solusi terakhir adalah dengan melakukan instal ulang. Dengan menginstal ulang maka akan membuat laptop menjadi fresh kembali.

Itulah yang harus Anda lakukan jika touchpad laptop tidak berfungsi. Jika ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Semoga artikelnya bermanfaat dan jangan lupa untuk di share agar bermanfaat juga buat orang banyak.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post