23 Agustus 2017

Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor

Tips Mengatasi Komputer yang Nyala tapi Tidak Tampil di Monitor
Gambar : Freepik.com

Komputer telah menjadi kebutuhan pokok di zaman milenial ini. Banyak aktivitas yang mengharuskan seseorang menggunakan komputer. Mulai dari mengetik, mengedit, menonton dan bahkan komputer digunakan juga untuk bermain game. Semua aktivitas manusia sehari-hari seakan-akan bergantung dengan komputer. Hal ini benar saja, saya merasakan sendiri bagaimana jika sehari itu tanpa komputer. Yah mungkin masih ada smartphone, tetapi tetap saja tidak seenak ketika menggunakan komputer. Komputer memiliki kelebihan, salah satunya adalah mampu bekerja selama 24 jam nonstop. Makanya para gamers banyak menggunakan komputer untuk bermain game, karena memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan laptop biasa.

Pernahkah Anda mendapati komputer mengalami error atau bahkan rusak? Kalau saya sendiri sih sudah sering sekali. Saya mengenal komputer sejak SMK dan mulai mendalami sejak SMK juga. Saya memilih mendalami dunia komputer karena perkembangan teknologi saat ini yang mengharuskan seseorang memahami tentang komputer. Prediksi saya, kedepannya perkembangan teknologi akan sangat pesat dan apa-apa akan dikerjakan dengan komputer. Disitulah peluang bagi seseorang yang ahli dibidang komputer. Nantinya banyak perusahaan yang membutuhkan orang ahli komputer. Tidak hanya satu perusahaan, tapi banyak perusahaan.

Problem yag sering saya alami adalah sistem error, tombol keyboard ada yang tidak berfungsi, tombol keyboard lengket, komputer restart sendiri dan komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor. Salah satu permasalahan tersebut akan kita bahas tuntas pada artikel ini. Kok bisa terjadi sih? Penyebabnya apa? Terus cara mengatasinya gimana? Berikut penjelasannya.

Penyebab Komputer tidak Tampil di Monitor

Ada beberapa penyebab mengenai masalah ini. Menurut pengalaman saya penyebabnya adalah karena kabel VGA yang tidak tidak terpasang dengan pas dan RAM yang tidak terpasang dengan benar atau longgar. Kedua hal ini yang biasanya menyebabkan komputer tidak tampil di monitor. Untuk penyebab lainnya dan cara mengatasinya ada pada penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Komputer tidak Tampil di Monitor

Laptop saya kok nyala, tapi anehnya tidak tampil di monitor. Pertanyaan seperti inilah yang sering saya dapatkan. Intinya tetap tenang dan jangan panik. Jangan terburu-buru untuk membawanya ke tempat servis komputer. Cobalah untuk memperbaikinya sendiri. Cobalah lakukan hal-hal berikut ini supaya komputer tampil lagi di monitor.

Cek Kabel Monitor

Mungkin Anda lupa untuk mencolokkan kabel power monitor ke tegangan listrik. Mungkin Anda buru-buru, makanya lupa mencolokkan kabel power monitor. Jika kabel power monitor telah dicolokkan ke tegangangan listrik tetapi tampilan layar masih gelap, cobalah lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Lepaskan Kabel Power Hard Disk

Bisa jadi karena tegangan listik dari power supply ke hard disk tidak stabil. Makanya kabel power harus dilepas dulu. Namun menurut pengalaman saya, mencabut kabel power hard disk tidak ada hubungannya dengan permasalahan ini.
Kabel power hard disk biarkan saja dalam keadaan di lepas. Hal ini dilakukan agar hard disk tidak mengalami kerusakan karena Anda akan menghidupkan dan mematikan komputer dengan suka-suka.


Cek RAM

Coba lepaskan RAM terlebih dahulu, kemudian pasang lagi. Jika belum bisa juga, silahkan cabut RAM dan pasang pada slot yang lain. Atau Anda juga bisa mencoba memasang RAM komputer lain yang sejenis kalau ada. Bisa jadi RAM mengalami kerusakan.

Cek VGA

Coba lepaskan kabel VGA onboard dan kemudian pasang lagi. Jika komputer Anda menggunakan VGA card, coba lepaskan dan pasang lagi. Jika tetap tidak mau. Berarti VGA mengalami kerusakan baik onboard maupun VGA card. Pilihannya ada 2 benerin VGA onboard satu paket dengan motherboard atau ganti VGA card saja.

Kembalikan Pengaturan Bios ke Default

Bisa jadi karena settingan BIOS yang salah menyebabkan monitor tidak menampilkan apa-apa alias gelap. Untuk mengembalikan pengaturan BIOS ke default caranya adalah cabut CMOS dan pasang kembali.

Cek Processor

Processor adalah otak dari komputer. Jika processor mengalami masalah, maka kinerja sistem komputer akan terganggu dan bisa jadi inilah yang menyebabkan tidak ada tampilan apapun di monitor. Ada baiknya juga untuk mengecek pasta pada processor. Apabila sudah kering, oleskan lagi agar suhu pada processor tetap terjaga. Jangan lupa juga untuk membersihkan kipas pendingin processor agar performa processor tetap terjaga.

Semoga dengan melakukan salah satu cara di atas permasalahan pada komputer Anda dapat teratasi.

Penyebab umum permasalahan ini adalah RAM yang longgar dan kabel VGA yang longgar. Namun ada kemungkinan juga VGA onboard rusak. Untuk masalah ini biasa di atasi dengan menggunakan VGA card. Namun jika VGA onboard dan VGA card sudah rusak, mau tidak mau harus memperbaiki VGA onboard yang sepaket dengan motherboard atau mengganti VGA card.

RAM yang longgar juga menjadi faktor penyebab masalah ini. Biasanya karena komputer terbanting atau mengalami guncangan. Perangkat komputer sangat sensitif terhadap guncangan. Maka dari itu sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Sekian artikel mengenai tips mengatasi komputer yang nyala tapi tidak tampil di monitor. Semoga artikelnya bermanfaat dan dapat menyelesaikan permasalahan pada komputer teman-teman. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post