29 Agustus 2017

Pilih Hard Disk atau SSD?

Pilih Hard Disk atau SSD
Hard Disk Drive atau yang lebih sering disebut HDD memiliki fungsi yang sama dengan Solid State Drive (SSD). Kedua hardware ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer. Meskipun memiliki fungsi yang sama, ternyata kedua hardware ini memiliki banyak perbedaan loh guys. Perbedaan yang paling terlihat adalah dari cara kerja dan performanya. SSD lebih unggul segalanya dibandingkan hard disk. Kalo SSD lebih unggul segalanya, kenapa kita tidak menggunakan SSD saja? Nah untuk menjawab pertanyaan ini mari kita bahas lebih lengkap pada artikel ini.

Solid State Drive (SSD) merupakan inovasi terbaru dari penyimpanan data. Teknologi ini dapat meningkatkan kinerja, menghemat konsumsi energi dan dapat diandalkan. Namun sangat disayangkan SSD memiliki harga yang lebih tinggi.

Sedangkan Hard Disk Drive (HDD) merupakan media penyimpanan data yang populer saat ini. Dapat memberikan performa yang baik, dapat diandalkan dan memiliki harga yang murah.

Apakah Anda tahu apa itu disket? Disket merupakan tempat penyimpanan data juga. Namun sudah tidak digunakan lagi karena memiliki kapasitas yang sangat kecil. Hilangnya disket kemudian digantikan oleh hard disk yang memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Apakah dengan munculnya SSD dapat membenamkan penggunaan HDD? Untuk saat ini kepopuleran hard disk belum bisa digeser. Tapi mungkin saja hard disk bisa hilang kalau harga SSD lebih murah. Menurut kami, kendala penggunaan SSD itu hanya dari harga saja. Kalau harga SSD kebih murah bukan tidak mungkin orang akan berpindah menggunakan SSD dan akibatnya HDD bisa tertinggal bahkan bisa tidak akan digunakan lagi seperti yang dialami oleh disket.

Dari segi kapasitas penyimpanan mungkin SSD masih kecil dibandingkan HDD. Namun hal ini tidak menjadi masalah karena saya rasa kapasitas penyimpanan ini akan terus berkembang dan bertambah.

Perbandingan Antara HDD dan SSD


Kecepatan 

SSD memberikan performa yang terbaik ketika komputer melakukan kegiatan yang berat, misalnya mengedit dan bermain game. Selain itu dengan menggunakan SSD proses booting akan menjadi lebih cepat dan begitu juga dengan kinerja baca/tulis akan menjadi sangat cepat.

Jika Anda ingin mendapatkan performa yang tidak ngelag ketika mengedit, bermain game dan rendering maka gunakan SSD. SSD akan membuat aktivitas Anda menjadi lebih cepat dibanding menggunakan HDD. Dengan menggunakan SSD akan mengurangi kegiatan menunggu yang biasanya terjadi pada saat rendering video.

Jika Anda menggunakan komputer hanya untuk aktivitas yang ringan, misalnya mengetik, menonton, memutar musik dan bermain game ringan maka cukup menggunakan HDD saja. Karena dengan menggunakan HDD sudah cukup untuk mendukung aktivitas Anda yang terbilang lebih ringan.

Kapasitas

Pada umumnya HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dibandingkan SSD. Namun suatu saat bisa saja SSD memiliki kapasitas yang lebih besar. Karena kapasitas penyimpanan ini selalu terus dikembangkan oleh brand pembuat SSD.

Apabila Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar tentunya dianjurkan menggunakan HDD saja. Pertimbangan yang lain adalah Anda bisa mendapatkan HDD kapasitas besar dengan harga yang lebih murah.


Harga

Anda bisa mendapatkan HDD 1TB dengan harga di bawah satu juta. Akan tetapi Anda tidak bisa mendapatkan SSD 1TB dengan harga di bawah 1 juta. Untuk SSD harga 1 juta hanya bisa mendapatkan kapasitas 120GB saja. Kebayang kan berapa harga SSD 1TB? Sangat mahal lah pokoknya. Inilah yang kami katakan tadi bahwa penggunaan HDD akan tetap populer jika harga SSD masih setinggi ini.

Apabila Anda sangat ingin memiliki SSD maka mulailah untuk menabung. Jika Anda sudah punya uang tetapi masih bingung mau menggunakan SSD yang kapasitas yang berapa, maka coba dulu menggunakan kapasitas yang lebih kecil misalnya 120GB atau 256GB. Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada teman yang sudah menggunakan SSD. Tapi percayalah dibalik harga yang tinggi akan ada kualitas yang terbaik pastinya.

Ketahanan

SSD akan lebih awet dibandingkan HDD karena desain solid state nya. SSD tidak memiliki komponen yang bergerak. Beda halnya dengan HDD yang masih memiliki komponen yang bergerak. SSD akan lebih kuat terhadap benturan tapi tidak dengan HDD karena memiliki komponen yang sensitif terhadap benturan.

SSD akan tahan terhadap benturan dan ini bisa menjadi alasan Anda harus menggunakan SSD. Jika HDD sekali terbanting saja bisa sangat berbahaya, maka sudah saatnya Anda untuk menggunakan SSD. SSD tahan terhadap benturan bukan berarti SSD gak akan rusak bila dibanting. Setidaknya kemungkinan SSD rusak jika terbanting sangat kecil.

Garansi

Saya rasa ini juga perlu untuk diperhatikan. Saya sudah sering membeli HDD dan hanya mendapatkan masa garansi selama 1 tahun. Namun SSD merk Intel memberikan masa garansi selama 5 tahun loh guys.
Pilih Hard Disk atau SSD
Saya beranggapan jika mereka berani memberi masa garansi yang lama, maka mereka sangat percaya akan kualitas dan ketahanan produknya tersebut. Semakin lama masa garansi yang didapatkan, maka itu akan lebih baik.

Selain perbandingan di atas, masih ada beberapa perbandingan lain yang kami rasa penting untuk diketahui. SSD menghabiskan daya yang lebih kecil dibanding HDD sehingga bisa sedikit menghemat daya. SSD juga memiliki daya yang lebih efisien dibandingkan HDD.

Menurut kami untuk dapat memilih apakah akan menggunakan HDD atau SSD itu semua tergantung dari banyak faktor. Misalnya kebutuhan dan budget yang dimiliki. Jika kebutuhan Anda untuk bermain game berat, editing dan rendering maka menggunakan SSD akan lebih baik.

Jadi pilih HDD atau SSD? Ya pasti pilih SSD lah. Tapi membutuhkan banyak pertimbangan. Jika Anda orang kaya dan mempunyai banyak uang, lebih baik beli dan gunakan SSD saja. Menggunakan HDD juga masih bisa membuat performa menjadi lebih gesit. Menggunakan HDD bukan berarti jelek sama sekali. Hanya saja dengan adanya teknologi penyimpanan baru yang lebih bagus, maka ini perlu menjadi pertimbangan.

Sebenarnya performa komputer tidak dipengaruhi oleh media penyimpanan saja. Masih ada processor, RAM dan motherboard yang dapat mempengaruhi performa komputer. Namun peran media penyimpanan termasuk yang paling penting juga, karena itulah media penyimpanan perlu juga untuk diperhatikan.

Sekian pembahasan kita kali ini semoga dapat menjawab. Jika ada tambahan silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah ini. Apabila dirasa artikel ini bagus dan bermanfaat silahkan di share. Terimakasih dan sampai jumpa pada pembahasan menarik selanjutnya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.