10 Agustus 2017

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Sudah banyak kejadian mengenai akun dicuri orang. Misalkan akun Instagram, Facebook, Gmail, Yahoo dan lain-lain. Akun dibajak oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab, kemudian akun digunakan untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan online. Kok orang itu bisa mencuri akun? Mungkin saja dia memang heacker yang hebat sehingga bisa mengetahui email dan sandi sebuah akun dengan mudah. Mungkin juga karena akun tersebut tidak dilindungi dengan sandi atau password yang kuat. Inilah yang dibahas pada artikel ini, tentang bagaimana cara membuat sandi yang kuat.

Membuat kata sandi yang kuat merupakan sebuah kewajiban bagi seseorang. Apalagi jika Anda menghasilkan uang dari bekerja online. Misalkan blog atau buka toko online. Niat buruk bisa datang kapan saja dan kita tidak akan pernah tahu mengenai hal itu. Kehilangan akun tentunya akan menjadi malapetaka besar.

Cara membuat sandi atau password yang kuat itu harus bervariasi mulai dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan jika perlu tambahkan simbol. Minimal terdiri dari 8 karakter dan alangkah lebih baik jika kata sandi terdiri dari banyak karakter bervariasi. Karena semakin panjang dan semakin bervariasi karakter sandi tersebut, maka akan semakin kuat perlindungan terhadap akun Anda. Namun ada hal yang ditakutkan jika membuat sandi yang panjang. Takutnya jika membuat sandi yang panjang, malah lupa. Hal ini bisa diatasi dengan membuat catatan kecil di kertas, notepad, atau word. Ini menjadi backup jika suatu saat Anda lupa mengingat email dan sandi.

Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Cara Membuat Kata Sandi



1. Gunakan Gabungan Huruf, Angka dan Simbol
Dengan menggunakan penggabungan antara huruf, angka dan simbol, maka sandi Anda akan sulit ditebak. Gunakan juga penggabungan antara huruf besar dan huruf kecil agar sandi menjadi semakin rumit. Jika sandi Anda hanya terdiri dari huruf kecil saja, kemungkinan ditebaknya menjadi lebih besar.

2. Jangan Gunakan Informasi Pribadi atau Sandi yang Sudah Umum
Inilah yang sering membuat sandi seseorang gampang ditebak karena menjadikan informasi pribadi sebagai sandi. Yang paling banyak terjadi adalah menggunakan tanggal lahir sebagai sandi. Hindari menjadikan tanggal lahir sebagai sandi karena ini gampang ditebak orang lain.

Sandi akan menjadi mudah ditebak jika menggunakan kata yang sudah umum. Misalkan 123456789, hallo1234, password dan lain-lain. Hindari menggunakan sandi yang sudah umum demi keamanan akun Anda.

3. Buatlah Sandi yang Panjang
Semakin panjang sandi yang Anda buat, maka akan semakin aman akun Anda. Semakin panjang kata sandi, semakin banyak waktu yang dibutuhkan peretas untuk memecahkannya. Untuk itu, sangat disarankan sekali membuat sandi yang panjang dan bervariasi.

4. Jaga Keamanan Sandi
Jangan tinggalkan catatan berisi sandi di berbagai situs pada komputer atau meja. Dengan begitu orang akan mudah mencurinya dan menggunakannya untuk menyusupi akun Anda. Jika Anda akan menyimpan sandi dalam file komputer atau laptop, buat nama file yang tidak begitu mencolok. Atau bisa menggunakan tips zaman sekarang, yaitu folder di dalam folder. Tetapi tetap membuat nama folder yang tidak mencolok.

5. Tambahkan Lapisan Kemanan Ekstra
Ini adalah fitur yang wajib Anda gunakan yaitu verifikasi 2 langkah. Verifikasi 2 langkah akan terhubung langsung dengan ponsel Anda. Ini berarti jika ada penyusup yang masuk ke akun Anda, maka tidak akan berhasil karena tidak memiliki ponsel Anda. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai verifikasi 2 langkah dan bagaimana cara mengaktifkannya silahkan akses link di bawah ini.
Baca : Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Akun Google

Itulah hal yang harus Anda lakukan untuk membuat sandi yang kuat. Amankan akun Anda dengan membuat sandi serumit mungkin, sehingga orang lain tidak mudah menebaknya.

Jika ada tambahan tentang bagaimana cara membuat sandi yang kuat, silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa share ke Facebook, LINE, Twitter, WhatsApp dan ke media sosial yang lain.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post