07 Agustus 2017

Buat Akun Gmail dengan Mudah

Membahas tentang Gmail, apakah teman-teman sudah tahu apa itu Gmail? Gmail merupakan singkatan dari Google Mail. Gmail adalah layanan email berbasis web yang disediakan oleh google secara gratis. Gmail adalah salah satu produk dari Google yang sangat populer saat ini. Beberapa keunggulan Gmail adalah kapasitas penyimpanan yang besar dan cara penggunaanya yang lumayan simple. Google selalu mempunyai cara untuk membuat pelanggannya merasa nyaman, salah satunya adalah dengan membuat produknya bisa digunakan pada smartphone. Para pengguna tidak harus repot-repot lagi mengakses Gmail pada perangkat komputer, cukup dengan menginstal aplikasi Gmail pada perangkat smartphone masing-masing. Tentu hal ini akan lebih efektif ketimbang harus mengaksesnya melalui komputer. seperti yang kita ketahui bahwa saat ini banyak orang yang tidak bisa terlepas dari smartphone dan rata-rata orang saat ini sudah menggunakan smartphone baik itu Android atau iOS.

Untuk dapat menikmati fitur-fitur Gmail, sebelumnya Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Anda harus mendaftarkan data diri ke dalam sistem Google dan Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data yang dibutuhkan Google. Sebenarnya Anda cukup dengan membuat satu akun Google saja, setelah itu Anda bisa mengakses semua produk Google secara gratis. Produk yang bisa dinikmati seperti YouTube, Maps, Google Drive, Play Store, Chrome dan lain-lain. Jika Anda ingin menggunakan Gmail maka terlebih dahulu harus memiliki sebuah akun Google. Setelah selesai membuat akun Google maka nanti Anda bisa mengakses Gmail. Nah, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai tutorial kali ini.

Buat Akun Gmail dengan Mudah

Buat Akun Gmail


1. Kunjungi link pembuatan Akun Google.

2. Akan muncul laman pembuatan Akun Google seperti pada gambar di bawah ini. Petunjuk pengisian ada pada penjelasan di bawah gambar ini.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

Terdapat 2 kolom pada bagian Nama. Jika nama Anda hanya 1 kalimat, maka pada kolom Nama Belakang Anda bebas mau mengisikan apa saja, Intinya tidak boleh ada kolom yang kosong.

Selanjutnya Anda harus membuat alamat email pada kolom "Pilih nama pengguna Anda". Ketikkan alamat email sesuai dengan keinginan Anda dan jika alamat email tersebut sudah ada yang menggunakannya, maka akan ada pemberitahuannya. Biasanya akan muncul teks berwarna merah dan garis kolom berwarna merah jika email yang Anda masukkan sudah ada yang menggunakannya. Jika Anda sudah berulang kali memasukkan alamat email tetapi tidak tersedia semua, maka tenang saja jangan panik. Nanti akan ada beberapa rekomendasi alamat email. Tips membuat email ini bisa dengan menambahkan angka atau simbol. Misalnya : rivanaditia123@gmail.com atau rivan.aditia@gmail.com.

Beralih ke tahap selanjutnya. Membuat sandi atau password sesuai dengan keinginan. Dianjurkan membuat kata sandi yang rumit yaitu berupa penggabungan antara huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol.
Baca : Cara Membuat Kata Sandi yang Kuat

Kemudian konfirmasi sandi yang telah dibuat dengan cara mengetikkan ulang sandi pada kolom yang tersedia.

Masukkan Tanggal, Bulan dan Tahun lahir Anda yang sebenarnya.

Masukkan nomor telepon Anda yang aktif. Data ini diperlukan untuk mengirimkan kode verifikasi nantinya kepada Anda.

Pada kolom "Alamat email Anda saat ini" boleh dikosongkan atau Anda bisa memasukkan alamat email jika telah punya.

Untuk lokasi pilih Indonesia saja dan biasanya sudah defaultnya sih.

Jika telah selesai mengisi semua kolom, maka cek kembali data-data yang telah dimasukkan tadi dan jangan sampai terjadi kesalahan memasukkan data.

Jika telah yakin dengan data yang Anda masukkan, kemudian klik tombol Langkah Berikutnya.

3. Akan muncul laman Privasi dan Persyaratan. Sebaiknya Anda membaca Privasi dan persyaratan dari Google ini terlebih dahulu.

Setelah selesai dan setuju dengan semuanya, langsung klik tombol Saya Setuju.

Buat Akun Gmail dengan Mudah

4. Selanjutnya melakukan Verifikasi akun. Proses verifikasi akun ini akan menggunakan nomor telepon yang sudah dimasukkan tadi. Selanjutnya pihak Google akan mengirimkan sebuah kode verifikasi.

Kemudian ada 2 pilihan mengenai bagaimana cara Anda mendapatkan kode verifikasi. Bisa melalui Pesan Teks (SMS) atau melalui panggilan suara. Kami memilih melalui SMS karena dianggap paling simple.

Cek kembali nomor telepon yang tertera dan jika sudah benar, klik tombol Lanjutkan.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

5. Cek kotak masuk SMS Anda. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan Google melalui SMS.

Klik Lanjutkan untuk beralih ke tahap selanjutnya.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

6. Sampai disini proses membuat akun Google telah selesai.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

7. Buka laman Gmail dan lakukan Sign In terlebih dahulu dengan memasukkan alamat email dan password yang sudah didaftarkan tadi.

8. Kemudian akan ada tampilan mengenai penggunaan Gmail. Anda bisa membaca mengenai Gmail ini agar bisa lebih memahami cara kerja dan penggunaan Gmail.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

9. Selesai deh buat akun Gmail nya.
Buat Akun Gmail dengan Mudah

Gimana teman-teman? Gampang kan? Tutorial di atas juga dilengkapi dengan gambar biar teman-teman bisa lebih jelas memahami setiap tahapannya.

Nah jika teman-teman ingin membuat akun Gmail ini menjadi lebih aman, maka bisa mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah. Untuk caranya ada di artikel membuat akun Google menjadi lebih aman dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan di share kepada teman-teman yang lainnya. Membagikan artikel ini mudah kok, pada bagian akhir artikel sudah kami sediakan tombol share. Teman-teman bisa share ke Facebook, WhatsApp, LINE dan Twitter.

Jika ada pertanyaan atau masih bingung, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah. Kalau masih kebingungan, nanti akan kami bantu prosesnya.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.