25 Juli 2017

Virtual Keyboard, Bibit Teknologi Masa Depan

Ilmu komputer makin hari makin berkembang. Hal ini didorong karena kebutuhan pasar yang makin hari makin haus dengan teknologi dan juga karena banyaknya ilmuan yang makin penasaran untuk membuat produk teknologi baru setiap harinya. Satu lagi yang mendorong perkembangan teknologi yang mutakhir yaitu dengan adanya gambaran masa depan yang serba mudah, cepat dan juga serba keren. Untuk menciptakan dunia yang keren ini, maka banyak orang atau peneliti yang makin hari makin bersemangat menciptakan teknologi-teknologi yang baru. Hingga saat ini kita bisa menemukan banyak teknologi baru untuk memudahkan kehidupan kita, salah satunya adalah teknologi virtual keyboard.

Apa itu teknologi virtual keyboard?

Seperti namanya, virtual keyboard merupakan sebuah keyboard yang tidak memiliki bentuk fisik. Tidak seperti keyboard lainnya. Virtual keyboard ini bisa muncul dan menghilang sesuai dengan keinginan penggunaanya. Hal ini disebabkan karena virtual keyboard merupakan sebuah keyboard yang hanya digambarkan dengan menggunakan sinar. Teknologinya mungkin bisa disejajarkan dengan hologram. Keberadaan virtual keyboard ini memberikan akses yang sangat mudah bagi mereka yang memiliki space yang kecil.

Meskipun hanya dibentuk dari sinar, keberadaan virtual keyboard ini bertujuan dan memiliki fungsi yang sama dengan keboard sunguhan. Keyboard sungguhan bertugas untuk memudahkan anda memasukkan input pada komputer anda bukan? Hal ini juga merupakan hal yang bisa anda lakukan dengan menggunakan virtual keyboard. Bedanya, ketika anda mengetik menggunakan virtual keyboard anda hanya akan mengetik pada bidang datar biasa tanpa tombol-tombol ketikan seperti tombol keyboard.

Keberadaan virtual keyboard ini merupakan salah satu bentuk pengembangan teknologi yang menjurus ke tujuan teknologi yang makin mudah, simple dan hemat space. Dengan adanya virtual keyboard ini anda tidak lagi harus menyiapkan space khusus ketika akan mengetik pada perangkat digital anda.

Virtual Keyboard, Bibit Teknologi Masa Depan

Penemuan virtual keyboard

Sesungguhnya keberadaan virtual keyboard ini bukan merupakan teknologi baru. Teknologi komputer ini sesungguhnya sudah ditemukan pada tahun 1992 bahkan sudah dipatenkan oleh penemunya. Lalu siapa yang menemukan virtual keyboard ini? Penemu dari teknologi yang sangat bermanfaat ini adalah para pakar teknologi yang dimiliki oleh IBM, meskipun sudah ditemukan dalam waktu yang cukup lama tapi keberadaan virtual keyboard ini beberapa waktu lalu memang sangat mengangumkan terutama bagi generasi Indonesia saat ini yang memang belum mengenal teknologi komputer secara luas pada masa penemuannya. Saat ini teknologi komputer unik ini sudah cukup banyak diaplikasikan. Tapi penggunaannya memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang. Hal ini disebabkan karena adanya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh teknologi ini.

Kekurangan penggunakan virtual keyboard

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, teknologi virtual keyboard ini merupakan sebuah teknologi yang memudahkan anda untuk melakukan penginputan ke perangkat digital anda. Sebenarnya ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh teknologi ini jika ketika diaplikasikan. Akan tetapi selain memiliki kelebihan ada juga kekurangan yang dimiliki oleh teknologi yang baru booming ini. Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh virtual keyboard ini bisa kita lihat dari harganya. Virtual keyboard ini merupakan sebuah perangkat digital yang memiliki harga yang cukup mahal. Hal inilah yang menyebabkan penggunaan virtual keyboard ini menjadi luas. Mereka yang memiliki banyak dana atau anggaran teknologi bisa menggunakan teknologi ini dengan mudah, tapi jika tidak memiliki anggaran, maka anda akan sulit untuk mendapatkan teknologi ini untuk device anda. Selain harganya yang mahal, teknologi ini juga memiliki kekurangan yang lain. Karena bekerja dengan menggunakan sinar, teknologi yang satu ini hanya akan bisa anda gunakan pada ruangan atau kondisi yang gelap. Padahal penggunaan komputer atau perangkat digital yang terang lain akan bersifat merusak kesehatan mata ketika digunakan pada tempat gelap.

Kelebihan virtual keyboard

Disamping kelebihan yang telah disebutkan sebelumya, virtual keyboard ini juga memiliki kelebihan yang lain. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh virtual keyboard adalah karena keamanan yang dimilikinya. Ketika anda menggunakan virtual keyboard untuk bekerja, maka anda bisa mengurangi masalah keamanan digital yang mangancam anda seperti pembobolah password digital dan masih banyak yang lainnya.


Cara kerja virtual keyboard

Ketika melihat fungsinya, setiap orang pasti merasa penasaran dengan cara kerja dari perangkat ini. Perangkat digital ini bekerja dengan menggunakan sinar infra merah. Dari perangkat proyeksi akan diproyeksikan sinar yang membentuk keyboard yang mirip dengan keyboard sungguhan. Di situ juga diproyeksikan sinar infra yang akan bertugas untuk membaca pergerakan tangan dan juga tekanan yang kita lakukan pada virtual keyboard. Hal ini menyebabkan perangkat dapat membaca apa yang kita ketik di virtual keyboard tanpa menggunakan perantara fisik. Bagaimana ilmu komputer yang sangat mengagumkan bukan?

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.