30 Juli 2017

Tips Menjadi Seorang yang Ahli Ilmu Komputer

Untuk menjadi seorang yang ahli dalam bidang ilmu komputer tentu bukanlah hal yang sangat mudah. Sebab begitu banyak hal yang memang harus Anda pelajari dan praktekkan. Tentu saja, manusia sekarang tidak bisa lepas dengan berbagai komputer. Hal ini dikarenakan komputer sendiri sudah menjadi salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi setiap manusia. Walaupun komputer sendiri telah banyak digunakan, tapi mereka hanya mengetahui cara pengoperasiannya saja. Terlebih lagi banyak teknologi komputer unik saat ini yang terus dikembangkan. Sebenarnya pengetahuan dasar akan komputer tersebut sangat perlu diajarkan. Hal ini dilakukan agar penggunanya tidak asal-asalan dan lebih waspada terhadap penyakit yang bisa ditimbulkan, apabila terlalu lama di depan komputer. Namun bagi Anda yang benar-benar ingin ahli dalam komputer, berikut ini ada beberapa tips singkat yang bisa membantu Anda.

Tips Menjadi Seorang yang Ahli Ilmu Komputer

Tips Menjadi Seorang Ahli Ilmu Komputer


Kenali potensi diri Anda
Hal inilah yang sangat sulit untuk dilakukan, jika Anda benar-benar ingin menjadi seorang ahli komputer itu sendiri. Anda tentu harus tahu bidang apa yang cocok dengan Anda. bakat yang Anda miliki tentu akan menuntun Anda dalam meraih berbagai keinginan Anda. walaupun misalnya Anda hanya memiliki bakat 1%  dalam komputer. Tentu itu sudah menjadi modal Anda nantinya.

Memahami hardware dan software
Untuk bisa menjadi seorang yang ahli dalam komputer tentu harus tahu seluk beluk dari hardware dan sofware itu sendiri. Ada banyak sekali jenis hardware yang digunakan. Tentu saja Anda harus mengetahui cara kerja dari hardware tersebut. Di samping itu, software yang digunakan pada komputer menunjang kebutuhan dan kinerja penggunanya. Namun Anda tidak perlu mengetahui semua jenis software. Tetapi setidaknya, Anda bisa membedakan fungsinya.

Mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman
Tidak hanya manusia saja yang menggunakan bahasa, bahkan teknologi saat ini juga memiliki bahasanya sendiri. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer, mempelajari bahasa pemrograman adalah hal yang wajib Anda lakukan. untuk bisa menguasai bahasa yang satu ini tidak semudah seperti membalikkan tangan. Sangat diperlukan sebuah kesabaran dan ketekunan. Namun Anda tidak perlu khawatir sebab banyak sekali E-book yang bisa Anda gunakan. Di samping itu, ada banyak sekali bahasa pemrograman, tapi Anda abisa mencarinya yang paling mudah untuk dipelajari.

Mempelajari perintah dasar dari CMD
Bukan hanya manusia yang menggunakan ketua untuk bisa menjalankan suatu perintah. Di dalam komputer pun juga sama. Untuk bisa menjalankan suatu perintah program dari komputer sendiri dibutuhkan adanya sistem. Maka dari itu, jika Anda ingin menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer sangat disarankan untuk bisa menguasai penggunaan bahasa sederhana seperti Command Promt pada windows. Pengetahuan ini sangat penting untuk Anda, sebab bisa mengembangkan kemampuan Anda dalam menguasi berbagai strategi komputer. Bahkan seorang hacker pun biasanya menggunakan CMD untuk melakukannya.

Mempelajari cara kerja dari virus atau malware
Untuk bisa menjadi seorang ahli komputer berikutnya, sangat diperlukan pemahaman akan virus dan malware. Mulai dari cara mencegahnya hingga bagaimana mengatasinya. Sebagai dasar pengamanan pada komputer Anda, maka Anda bisa menginstal beberapa anti virus dan lebih berhati-hati dalam penggunaan aplikasi tertentu. Selain itu, untuk bisa menjadi seorang ahli dalam komputer tentu harus memahami bagaimana virus tersebut bisa menyusup, apakah melalui media USB, bluetooth, ataupun Wifi?

Belajar untuk memperbaiki komputer sendiri
Walaupun Anda sudah menguasi program dalam komputer, tapi jika komputer rusak tentu skill Anda yang satu ini sangat sulit untuk digunakan. Agar bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer, tentu Anda harus mengetahui tentang permasalahan yang terjadi pada komputer Anda. Jika Anda sudah mengetahui permasalahan yang terjadi pada komputer Anda, tentu saja memperbaikinya adalah cara yang tepat maka dari itu, pengetahuan akan hardware Anda sangat diperlukan di sini untuk bisa memperbaiki komputer Anda sendiri. Di samping itu, Anda tentu tahu software yang harus Anda gunakan untuk memaksimalkan kerja komputer Anda nantinya.

Mengetahui dasar-dasar jaringan dan cara kerjanya
Tidak bisa dipungkiri jika komputer sangat erat hubungannya dengan yang namanya jaringan. Jaringan lah yang digunakan untuk mengoperasikan komputer. Apabila ada beberapa komputer yang terhubung, maka ada jaringan di dalamnya. Pengetahuan akan jaringan akan membantu Anda dalam mengetahui bagaimana komputer-komputer tersebut terhubung. Dengan begitu, Anda akan mengetahui dasar-dasar dari komputer tersebut. Bagi Anda yang ingin ahli komputer dalam hal pemrograman tentu pengetahuan akan jaringan sangat diperlukan.

Itulah beberapa tips untuk bisa menjadi seorang yang ahli dalam bidang komputer. Namun sebenarnya, seorang yang ahli komputer sendiri memiliki beberapa tips komputer yang hanya diketahui oleh dirinya sendiri.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post