22 Juli 2017

Tips Mengatasi Masalah Loading Komputer yang Lama

Teknologi komputer saat ini merupakan salah satu hal yang sangat populer. Teknologi ini populer karena memang memiliki banyak kemudahan. Apalagi untuk usaha ataupun untuk digunakan dalam kantor, keberadaan komputer akan memperkecil penggunaan tenaga dan juga sumber daya alam seperti kertas. Hal inilah yang menyebabkan komputer menjadi salah satu produk yang sangat populer. Selain itu, teknologi komputer semakin hari juga semakin canggih. Teknologi komputer canggih inilah yang membuat banyak pengguna komputer menjadi makin tergantung dengan komputer setiap harinya. Sayangnya penggunaan teknologi komputer yang makin canggih harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang mumpuni sehingga teknologi dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Salah satu masalah yang sering terjadi dalam penggunaan komputer adalah masalah password yang nyangkut. Penguncian komputer memang merupakan salah satu hal yang perlu untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena komputer, terutama yang digunakan dalam kantor, menyimpan banyak sekali berkas penting. Hal ini membuat komputer harus dikunci sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak berwenang. Sayangnya ketika digunakan password sering kali terjadi masalah password yang nyangkut atau hang. Jenis masalah inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Masalah password nyangkut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu jenis masalah yang akan anda temukan dalam penguncian komputer adalah password yang nyangkut. Password yang nyangkut ini ditandai dengan adanya jeda waktu ketika anda menginputkan password komputer anda dengan waktu loading yang dimiliki oleh komputer anda. Waktu jeda ini makin lama akan makin besar waktunya. Bahkan jeda waktu input password dengan loading bisa memakan waktu mulai dari 5 hingga 10 menit. Jika terjadi hanya dalam waktu beberapa detik mungkin masalah password ini bukan masalah yang besar. Akan tetapi jika waktu loading menjadi makin panjang pastinya akan menghambat kinerja bukan? Oleh karena itu hal ini perlu diatasi.

Tips Mengatasi Masalah Loading Komputer yang Lama

Penyebab masalah password nyangkut

Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan tips komputer pada anda mengenai masalah password yang nyangkut. Akan tetapi sebelum kita beranjak pada tips yang akan diberikan, mari kita bahas terlebih dahulu hal yang menyebabkan masalah password yang nyangkut. Salah satu hal yang menyebabkan password yang nyangkut adalah keberadaan driver dari device luar komputer yang tidak cocok dengan komputer anda. Hal lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya hang atau nyangkut password ini juga bisa disebabkan karena ada driver yang belum terinstal dengan benar pada komputer anda.

Masalah password yang nyangkut ini biasa terjadi pada komputer yang banyak digunakan untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya. Pemindahan data ini sering kali dilakukan dengan menggunakan flashdisk. Hal ini bisa menjadi penyebab dari password yang nyangkut. Flashdisk atau sering disebut dengan USB merupakan sebuah tempat penyimpanan yang memiliki drive sendiri ketika ditancapkan ke sebuah komputer. Sayangnya tidak semua drive USB cocok dengan komputer anda. Hal ini bisa menyebabkan komputer mengalami masalah jeda waktu untuk loading seperti yang telah disebukan sebelumnya. Selain itu, ketika anda menyambungkan USB, Windows membuat sebuah registry untuk pengenalan dari driver USB yang sudah sambungkan. Jika anda memiliki sebuah komputer yang memiliki lalu lintas pencolokan USB seperti komputer untuk rental, untuk percetakan dan lain-lainnya. Masalah ini mungkin tidak akan bisa anda hindari. Makin banyak registry yang dibuat oleh Windows untuk menyimpan pengenalan driver USB anda, maka makin lama loading yang akan anda dapatkan setelah penginputan password.

Mengatasi masalah password yang nyangkut

Setelah mengerti pokok permasalahan yang menyebabkan komputer memakan waktu loading yang lama, kini kita bisa mengetahui apa yang harus kita lakukan. Ketika masalah ini mengganggu, banyak dari pengguna komputer merasa kesulitan ketika akan menggunakan komputernya. Sayangnya mereka tidak mengetahui masalah yang dimiliki komputer sehingga solusi yang dilakukan adalah dengan meninstall ulang sistem operasi yang dimiliki oleh komputer. Hal ini sesungguhnya bukan merupakan satu-satunya cara yang bisa anda lakukan. Lalu bagaimana mengatasinya? Mari simak ulasan berikut ini.

Masalah driver yang tidak cocok
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu hal yang menyebabkan masalah ini adalah adanya driver yang tidak cocok. Untuk mengatasi masalah ini hal yang bisa anda lakukan adalah dengan menginstal aplikasi device manager yang akan membantu anda mempermudah pengenalan driver yang belum terinstal atau tidak cocok.

Registry USB terlalu banyak
Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara atau tips komputer yang bisa dengan mudah anda aplikasikan adalah dengan menginstall aplikasi USB Oblivion. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang akan membantu komputer anda untuk menghapus registry USB yang banyak tersebut yang akan membuat loading komputer setelah password memakan waktu yang lama.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.