20 Juli 2017

Teknologi Biometrik : Pengertian, Jenis dan Kekurangan serta Kelebihannya

Makin hari teknologi merupakan salah satu hal yang makin murah. Hal ini disebabkan karena banyak hal salah satunya adalah persaingan pasar. Persaingan pasar yang makin ketat menyebabkan orang berlomba-lomba menciptakan teknologi baru yang akan mempermudah hidup menjadi cepat berganti. Hal ini menyebabkan tren teknologi yang sudah pernah diciptakan menjadi cepat berganti dan menyebabkannya menjadi makin murah. Untuk salah satu teknologi komputer terkini yang sangat populer dan banyak diidam-idamkan adalah teknologi sensor biometrik. Apa itu? Bagaimana fungsinya? Apa kelebihan dan kekurangannya? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa itu teknologi biometrik sensor?

Teknologi biometrik sensor merupakan teknologi yang sangat populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena teknologi ini membuat hidup menjadi lebih mudah. Selain menjadi lebih mudah, hidup dan proses digital menjadi semakin aman dengan penggunaan sensor ini. Sensor biometrik merupakan sensor yang akan digunakan untuk mengenali bagian-bagian tubuh manusia tertentu. Biasanya bagian tubuh yang digunakan adalah bagian tubuh yang tidak sama antara satu orang dengan orang yang lainnya. Manusia memang memiliki banyak bagian yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga bisa digunakan sebagai identitas. Mulai dari tampilan wajah, mata dan juga sidik jari bisa di anggap sebagai identitas yang dimiliki oleh setiap manusia. Identitas inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai pengenalan digital sehingga otorisasi menjadi semakin aman.

Ada cukup banyak perusahaan dan juga produk yang saat ini menggunakan teknologi biometrik untuk sensor ini. Hal ini merupakan salah satu kemajuan yang sangat pesat. Salah satu benda yang lekat pada hidup kita dan menggunakan sensor berteknologi tinggi ini adalah smartphone. Smartphone merupakan sebuah benda yang sangat pribadi. Oleh karena itu kini ada banyak produk smartphone yang menggunakan teknologi ini sehingga lebih aman. Lebih aman dalam artian bebas dibajak, dimainkan orang lain yang tidak diinginkan atau bahkan aman dari kehilangan. Jika anda menggunakan ponsel yang memiliki sensor biometrik dan hilang, maka orang yang menemukannya tidak akan bisa mengubah settingan yang ada di ponsel anda dengan mudah. Hal ini memudahkan bagi anda yang ingin melacak keberadaan ponsel tersebut. Ketika ponsel tidak bisa dimatikan dan juga dioperasikan dengan cara yang lain, maka akan lebih mudah bagi anda untuk melakukan pelacakan terhadap ponsel anda. Hal ini akan sangat memudahkan bagi anda untuk bisa menemukan ponsel anda kembali.

Teknologi Biometrik : Pengertian, Jenis dan Kekurangan serta Kelebihannya

Jenis sensor biometrik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis sensor biometrik yang bisa kita gunakan. Hal ini disebabkan karena tubuh manusia dibuat memang tidak sama satu dengan yang lainnya. Hal ini menyebabkan ada banyak jenis sensor biometrik yang bisa ditemukan atau dimanfaatkan untuk pengenalan atau otorisasi. Apa saja jenis sensor biometrik tersebut? Mari simak ulasan berikut ini.

Sensor pengenalan wajah
Salah satu sensor yang sangat populer digunakan untuk seonsor biometrik adalah sensor pengenalan wajah. Sensor pengenalan wajah merupakan sebuah sensor yang memanfaatkan penampilan wajah anda sebagai alat untuk otorisasi. Wajah satu orang dengan orang lain mungkin saja mirip. Apalagi ketika anda memiliki kembaran. Akan tetapi meskipun ada kemiripan pasti akan ada yang membedakan antara satu individu dengan yang lainnya. Contohnya adalah jarak antara alis satu dengan alis yang lain dan masih banyak lagi lainnya. Ya untuk rekognisi wajah yang akan di gunakan adalah ukuran-ukuran dan juga titik pasti pada wajah anda. Sayangnya untuk pengenalan wajah ini merupakan salah satu jenis sensor biometrik yang sulit untuk di gunakan. Mengapa? Karena wajah memiliki banyak ekspresi. Ketika pola pengenalan yang kita buat memiliki ekspresi yang berbeda dengan ekspresi kita saat ini, maka perangkat yang dikunci dengan menggunakan sensor pengenalan wajah akan sulit untuk dibuka.

Sensor pengenalan iris
Salah satu identitas yang kita miliki sebagai seorang manusa adalah iris. Meskipun tampak sama, iris satu orang dengan orang yang lainnya berbeda. Hal inilah yang menyebabkan iris bisa digunakan sebagai salah satu alat untuk pengenalan atau otorisasi. Kelebihan yang dimiliki oleh pengenalan dengan menggunakan iris adalah posisi pastinya. Iris manusia tidak akan berubah ketika kita berubah posisi. Hal ini menyebabkan pengenalan dengan menggunakan iris memiliki resiko kesalahan yang lebih kecil. Sayangnya iris manusia merupakan salah satu bagian dari tubuh yang hidup. Ketika seseorang meninggal iris yang dimilikinya akan berubah dan tidak sama dengan irisnya ketika hidup. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu kakurangan dari jenis sensor biometrik ini.

Sensor pengenalan sidik jari
Yang terkahir dan yang paling banyak digunakan sebagai biometrik sensor adalah sidik jari. Sidik jari merupakan salah satu identitas yang kita miliki. Pengenalan sidik jari merupakan salah satu jenis sensor yang paling banyak digunakan karena murah, murah dan juga beresiko rendah. Hal ini membuat teknologi ini menjadi teknologi komputer unik terbaru yang paling populer.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Komentar Anda adalah tanggapan pribadi, kami berhak menghapus komentar yang mengandung kata-kata pelecehan, intimidasi, dan SARA.
EmoticonEmoticon

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post