26 Juli 2017

Li-FI, Kemudahan Berselancar dengan Menggunakan Cahaya

Teknologi saat ini sangat banyak dan akan terus berkembang untuk meraih pasar yang lebih luas. Saat ini ada banyak sekali jenis teknologi komputer canggih maupun teknologi komunikasi yang bisa ditemukan di sekitar kita. Salah satunya adalah Wi-Fi. Wi-Fi atau merupakan singatan dari Wireless Fidelity merupakan sebuah teknologi penghantaran sinyal komunikasi yang sangat populer. Hal ini disebabkan karena keberadaannya dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang akan melakukan akses internet. Tanpa kabel dan anda bisa terhubung dengan jaringan internet yang ada di sekitar anda. Teknologi ini merupakan sebuah teknologi yang sangat menarik dan membuat banyak orang kagum. Hal ini disebabkan karena dahulu internet disebarkan dengan menggunakan kabel tapi kini hanya dengan menggunakan pemancar dan penerima anda bisa menggunakan internet sesuai dengan kebutuhan anda. Teknologi ini memanfaatkan frekuensi yang ada di sekitar kita sebagai salah satu penghantar sinyal. Teknologi yang memang sangat mengagumkan ini ternyata belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan teknologi komunikasi baru yang dikemukakan oleh Harald Haas dalam bukunya yang diterbitkan pada tahun 2011. Teknologi komunikasi yang baru ini adalah teknologi komunikasi Li-Fi. Jika Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, maka Li-Fi merupakan singkatan dari Light Fidelity.

Li-FI, Kemudahan Berselancar dengan Menggunakan Cahaya

Mengenal Li-Fi

Apa itu Li-Fi? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Li-Fi merupakan singkatan dari Light Fidelity. Sesuai dengan namanya, Li-Fi merupakan sebuah teknologi baru yang digunakan untuk menghantar sinyal dengan menggunakan perantara cahaya. Frekuensi dan juga cahaya merupakan salah satu hal yang sangat penting dan lekat dengan kehidupan manusia hal ini membuat pengaplikasian teknologi ini akan sangat mudah dan pastinya lebih murah. Bukan hanya itu selain kemudahan yang bisa dilakukan untuk mengakses internet, Li-Fi juga memberikan tawaran yang lebih menarik. Apa itu? Salah satu kelebihan lain yang dimiliki oleh Li-Fi adalah kemampuannya dalam menghantar sinyal intenet berkecepatan tinggi. Pemanfaatan cahaya sebagai media untuk menghantarkan sinyal komputer ini di klaim bisa memuat sinyal internet yang memiliki kekuatan hingga 100 Gbps. Besarnya daya hantar yang dimiliki oleh Li-Fi ini jika diperkirakan sekitar 100 kali lebih besar jika dibandingkan dengan kekuatan hantar yang dimiliki oleh frekuensi. Hal ini merupakan salah satu kelebihan utama yang ditawarkan oleh penghantar jaringan internet dengan menggunkan cahaya ini.

Kelebihan dari Li-Fi

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sinyal yang menggunakan cahaya ini adalah kecepatan hantarnya. Selain itu masih ada kelebihan yang dimiliki oleh Li-Fi ini. Apa saja? Kemudahan sudah pasti menjadi nilai plus yang dimiliki oleh teknologi ini. Sinar atau cahaya merupakan hal yang sangat mudah ditemukan di seluruh dunia, bahkan di tempat-tempat terpencil yang ada di Indonesia. Hal ini menyebabkan akses internet dengan kecepatan tinggi akan bisa di rasakan oleh banyak orang di seluruh dunia bahkan mereka yang ada di seluruh pelosok negri. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh media penghantar yang dimiliki oleh Li-Fi, hal ini merupakan salah satu hal yang membuat keberadaannya menjadi sangat menguntungkan.

Kekurangan dari teknologi Li-Fi

Meskipun memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan bagi para pecinta komputer dan internet berkecepatan tinggi. Keberadaan Li-Fi juga masih memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang dimilikinya juga mirip dengan penggunaan penerimaan sinyal yang lain seperti gelombang dan juga frekuensi pada Wi-Fi ketika kita menggunakan teknologi Li-Fi, keberadaan cahaya merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu ketika keberadaan cahaya tidak begitu besar, maka penerimaan sinyal internet dari Li-Fi juga akan terganggu. Hal ini merupakan salah satu kekurangannya. Meski ada, tapi kekurangan yang dimiliki oleh teknologi Li-Fi ini tidak menyebabkan kerugian yang fatal jadi masih ada lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya.

Satu lagi kekurangan yang dimiliki oleh teknologi ini. Teknologi yang dapat digunakan dengan menggunakan cahaya ini hanya dapat beroperasi dengan menggunakan cahaya buatan. Cahaya matahari secara langsung merupakan salah satu gangguan yang dimiliki oleh teknologi ini. Hal ini membuat penggunaan dari teknologi Li-Fi ini hanya bisa dilakukan di dalam ruangan yang gelap dengan penerangan cahaya lampu yang sangat terang. Selain itu penggunaan Li-Fi ini juga tidak bisa menembus bangunan karena gangguan dari sinar matahari seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Bayangkan jika teknologi ini sudah diapalikasikan, hal ini pasti dapat memberikan banyak bantuan bagi mereka yang kesulitan melakukan akses internet bukan? Oleh karena itu, keberadaan Li-Fi ini memang dianggap sebagai sebuah teknologi yang super canggih. Sebuah teknologi dapat disebut canggih jika tujuan dari teknologi tersebut dapat dengan mudah diterapkan dan banyak membantu menghadapi kesulitan. Dengan adanya teknologi komputer terkini berupa Li-Fi ini, ada banyak kekurangan dari teknologi sebelumnya yang bisa di cover sehingga bisa dibilang bahwa Li-Fi merupakan salah satu produk teknologi yang mutakhir.

Postingan ini memiliki 0 komentar

Kami telah menyediakan kolom komentar di bawah ini. Silahkan berkomentar dengan sopan dan dengan kata-kata yang mudah dipahami. Mohon maaf jika balas komentarnya agak lama karena kami tidak online 24 jam. Kemudian kami juga meminta maaf karena semua komen tidak bisa dibalas satu-persatu.

Artikel Berikutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post